10 Cara Menabung Untuk Beli Rumah Dengan Gaji 1 Juta!

Basyar

CARA MENABUNG UNTUK BELI RUMAH

Cara Menabung Untuk Beli Rumah – Menjadi bukan hal umum lagi jika bagi sebagian orang menabung merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Terlebih bagi orang-orang dengan gaya hidup konsumtif atau tidak ingin ketinggalan tren saat ini. Hal inilah yang menjadikan setiap orang menunda untuk menabung.

Perlu diketahui menabung memang memiliki manfaat penting bagi kehidupan, selain melatih gaya hidup hemat, menabung juga membantu kita ketika memiliki sebuah impian seperti halnya membangun atau beli rumah impian. Dimana untuk membeli rumah tentu harus membutuhkan dana yang besar, sehingga kalau tidak menabung maka akan sulit mewujudkan impian tersebut.

Sebenarnya ada banyak cara menabung untuk beli rumah yang bisa kalian lakukan, misalnya saja melalui koperasi sekolah, celengan hingga bank. Semua dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan. Namun, apabila tujuan utama kalian menabung adalah untuk beli rumah ada baiknya kalian menabung di bank yang lebih aman dan lebih terpercaya.

Namun cara menabung untuk beli rumah tentu harus di lakukan secara konsisten dan sungguh-sungguh, agar tujuan kalian bisa cepat tercapai. Selain itu, menabung dalam rangka beli rumah, kalian dapat mengikuti beberapa langkah yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Menabung untuk beli rumah 1

Setelah menikah, semua orang tentu memiliki keinginan untuk memiliki rumah sendiri entah itu membangun atau pun membelinya. Tapi sayang, anggaran yang terlalu besar untuk membangun atau pun beli rumah memang kerap menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang yang hanya memiliki gaji pas-pasan.

Maka dari itulah demi mewujudkan semua itu, banyak orang yang mengupulkan uang untuk beli rumah atau pun membangun rumah. Sebenarnya ada banyak cara menabung untuk beli rumah, mulai dari menabung di bank atau menginvestasikan dana di reksadana. Dengan ini bukan hanya menyimpan uang saja namun kalian juga akan mendapatkan keuntungan lebih dari investasi tersebut.

Nah, agar impian kalian cepat terwujud, memang ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan ketika ingin mengumpulkan uang buat beli rumah. Untuk itu, mari kita samak informasi terkait cara menabung untuk beli rumah berikut ini.

1. Rencanakan Keuangan Dengan Cermat

Supaya dapat menabung untuk beli rumah, tentunya kalian harus memiliki rencana keuangan yang tepat. Dimana, kalian harus bisa memperhitungkan waktu realisasi dan jumlah inflasi. Pasalnya setiap tahun harga rumah akan mengalami kenaikan dan mata uang pun dapat mengalami fluktuasi karena inflasi.

2. Maksimalkan Pemasukan

Selanjutnya kalian bisa memaksimalkan pemasukan. Dengan gaji seadanya, cobalah untuk memaksimalkan pemasukan dengan cara mencari penghasilan sampingan. Tidak usah bingung, pasalnya saat ini sudah banyak pekerjaan sampingan yang dapat dicoba seperti droshipeer, content creator dan juga affiliate produk.

Dimana hanya dengan bermodalkan smartphone dan internet, kalian sudah dapat melakukan bisnis dan mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak main-main jumlahnya. Maka dari itu, cobalah rencanakan dengan matang sebelum cara menabung untuk beli rumah dilakukan.

3. Alokasikan Gaji Dengan Efektif

Cara menabung untuk beli rumah selanjutnya adalah dengan mengalokasikan gaji dengan efektif. Hal ini dilakukan agar kalian dapat mengumpulkan uang untuk membayar DP. Biasanya jika ingin beli rumah KPR akan ada DP yang dibebankan oleh Bank dengan nominal 20% hingga 30% dari nilai penjualan.

Meski terlihat memiliki persentase yang kecil, namun jumlah DP yang harus dibayarkan tidaklah sedikit. Jika di asumsikan maka bila mana membeli rumah seharga Rp 400 juta, maka DP yang harus dibayarkan adalah 20% atau sekitar Rp 100 jutaan.

4. Ikuti Program KPR

Cara berikutnya adalah mengikuti program KPR. Dimana, pemerintah memang memberikan kesempatan bagi siapa saja yang berpenghasilan dibawah 8 juta untuk bisa mengikuti program KPR subsidi. Hal tersebut tentu sangat membantu kalian untuk bisa mewujudkan rumah impian.

Dalam program tersebut, pemerintah tidak hanya menawarkan DP murah, namun bunga serta tenor pun terbilang murah dan terjangkau, sehingga untuk cicilan per bulan tidak akan naik selama masa tenor.

5. Rutin Investasi

Bagi kalian yang hanya mengandalkan gaji UMR atau pun seadanya saja, kalian dapay menggunakan return investasi dalam salah satu cara menabung untuk beli rumah. Cara berinvestasi ini cukup mudah, pasalnya kalian hanya perlu menyisihkan uang sekitar 20% daru total penghasilan, baik dari pekerjaan sampingan atau pun gaji utama.

Selanjutnya cari produk invertasi dengan resiko minim, misalnya saja deposito, reksadana pasar uang dan Surat Berharga Negara. Selain itu, kalian juga dapat menabung dalam bentuk emas.

6. Biasakan Hidup Hemat

Cara selanjutnya adalah biasakan hidup hemat, sehingga dapat menyisihkan sebagian penghasilan untuk tabungan beli rumah. Dan cobalah untuk berlatih dalam membedakan antara kebutuhan dan kepentingan. Sehingga keuangan dapat terkontrol secara baik dan kalian pun dapat memaksimalkan tabungan untuk beli rumah.

7. Kosisten

Cara menabung untuk beli rumah selanjutnya adalah konsisten. Dimana hal ini perlu dilakukan agar tujuan membeli rumah bisa cepat tercapai. Dengan gaji seadanya tentu kalian bisa mengumpulkan uang secara rutin setiap hari agar impian beli rumah bisa cepat terwujud.

8. Lunasi Semua Hutang

Cara menabung agar dapat beli rumah selanjutnya adalah melunasi semua hutang. Jika tidak lagi memiliki beban hutang, maka bukan tidak mungkin proses menabung akan jauh lebih mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan kalian hanya akan berfokus pada satu tujuan yakni beli rumah.

9. Kelola Keuangan dengan Ketat

Mengelola keuangan seketat mungkin akan menjadi salah satu cara menabung untuk beli rumah secara efektif. Hal ini tentu sangat bagus untuk bisa mengontrol keuangan, dimana dengan pengelolaan yang tepat, kita menjadi tahu kemana saja arah dana yang dikeluarkan.

10. Kumpulkan Nominal Tertentu

Cara selanjutnya adalah kumpulkan nominal tertentu. kalian bisa menabung lebih mudah dengan cara mengumpulkan uang pecahan dalam nominal tertentu seperti 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu hingga 50 ribu untuk ditabungkan. Meski sedikit jika menabung 50 ribu setahun tentu saja akan mendapatkan hasil yang cukup besar.

Kesimpulan

Demikian informasi mengenai cara menabung untuk beli rumah dengan gaji 1 juta per bulan. Meski memiliki gaji kecil dan terlihat sulit, namun dengan kerja keras serta konsistesi, impian membeli rumah tentu bisa diraih dengan mudah. Untuk itu, mulailah menabung sejak dini dengan nominal tabungan yang sedikit.

Selain itu belajar hidup hemat agar kalian bisa menyisihkan penghasilan tiap bulan supaya dapat menabung. Demikian informasi dari investasiin, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan menjadi bahan referensi kalian ketika ingin mulai menabung.

Sumber Gambar:

  • Team Investasiin
  • rumah.gardencenter.co.id

Bagikan:

Ads - After Post Image

Basyar

Mengerti soal dunia investasi menjadikan seseorang punya pandangan di masa depan dan masa tuanya.