Cara Cek Nomor Kontrak KPR BTN Online/Offline Mudah Banget

Indra Herlambang

Cara Cek Nomor Kontrak KPR BTN Online Offline Mudah Banget

Cara Cek Nomor Kontrak KPR BTN – Ketika kita mengajukan pinjaman atau kredit ke perbankan, tentunya kita akan mendapatkan nomor kontrak pinjaman. Nomor kontrak ini memiliki beberapa manfaat, salah satunya sebagai pembayaran tagihan.

Membahas mengenai nomor kontrak, ada beberapa nasabah yang mengajukan KPR BTN, namun mereka tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan nomor kontrak KPR BTN. Nah disini kami akan bagikan beberapa cara cek nomor kontrak KPR BTN.

Lupa memang menjadi hal yang manusiawi bagi semua orang, tak terkecuali ketika lupa berapa nomor kontrak KPR BTN. Padahal pembayaran angsuran KPR BTN ini membutuhkan nomor kontrak tersebut.

Jika kalian mengalami masalah seperti ini, kalian tidak perlu khawatir karena ada banyak cara cek nomor kontrak KPR BTN. Baiklah tanpa basa-basi lagi, mari kita simak pembahasan lengkap berikut ini.

Pengertian dan Fungsi Nomor Kontrak KPR

Pengertian dan Fungsi Nomor Kontrak KPR

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai cara cek nomor kontrak KPR BTN, disini kami akan bahas lebih dulu mengenai arti dari nomor kontrak. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah tahu apa itu nomor kontrak KPR atau nomor kontrak pembiayaan.

Nah bagi yang belum mengetahuinya, nomor kontrak adalah nomor yang digunakan untuk pembayaran angsuran. Nomor kontrak juga biasanya dikenal dengan nomor pelanggan. Secara mudah, nomor kontrak juga bisa diartikan sebagai nomor tujuan untuk membayar angsuran KPR atau kredit lainnya.

Semua hal yang bersifat pembiayaan akan membutuhkan nomor kontrak. Biasanya nomor kontrak akan diinformasikan langsung oleh petugas bank pada saat penandatanganan kontrak pembiayaan. Nomor tersebut juga terlampir pada surat perjanjian pembiayaan.

Menurut pihak BTN, nomor kontrak KPR ini tidaklah sama dengan nomor rekening tabungan. Apabila kalian memiliki perjanjian kredit di BTN, maka kalian memiliki nomor rekening kredit untuk membayar cicilan atau mengecek tagihan.

Berbicara mengenai fungsi, bukan hanya sebagai nomor pembayaran tagihan saja, ada beberapa fungsi nomor kontrak lainnya. Seperti untuk mengecek sisa angsuran KPR dan juga untuk mengetahui tanggal jatuh tempo angsuran.

Cara Cek Nomor Kontrak KPR BTN

Cara Cek Nomor Kontrak KPR BTN

Setelah mengetahui informasi diatas terkait pengertian dan fungsi nomor kontrak KPR BTN, berikutnya kita masuk ke pembahasan utama yaitu cara cek nomor kontrak KPR BTN.

Untuk mengetahui nomor kontrak KPR BTN ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Ada beberapa metode yang bisa dipilih, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Cek Nomor Kontrak di Kantor Cabang BTN

Cara cek nomor kontrak KPR BTN pertama adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang BTN setempat tempat kalian mengajukan KPR. Disini kalian bisa langsung menemui CS BTN dan sampaikan maksud untuk mengecek nomor kontrak.

Syarat diperlukan disini adalah kartu identitas dan buku rekening. Nantinya petugas akan mengecek nomor kontrak dengan bantuan kartu identitas tersebut. Prosesnya pun tidaklah lama, mungkin hanya sekitar 5-10 menit saja. Dan tidak ada pungutan biaya dalam hal ini.

2. WhatsApp BTN

Cara cek nomor kontrak KPR BTN berikutnya adalah melalui WhatsApp BTN. BTN juga memiliki layanan bantuan lain yang bisa dimanfaatkan oleh para nasabah untuk mengetahui nomor kontrak KPR BTN nasabah.

Dengan menghubungi nomor Chat WA BTN di 087771500286, kalian bisa menanyakan informasi nomor kontrak KPR kalian. Syarat diperlukan disini juga tidak berbeda dengan cara diatas, yaitu kartu identitas (KTP) dan juga buku rekening/tabungan.

3. Cek Nomor Kontrak Lewat Call Center BTN

Selain menggunakan kedua cara diatas, kalian juga bisa menggunakan cara ketiga, yaitu dengan menghubungi Call Center BTN di nomor 1500286. Jangan lupa juga menyiapkan syarat berupa KTP dan buku tabungan BTN kalian.

Perlu diketahui juga bahwa disini kalian harus menyiapkan pulsa yang cukup agar tidak terputus sebelum mendapatkan informasi mengenai nomor kontrak KPR BTN. Prosesnya pun sebenarnya tidaklah lama, mungkin hanya kisaran 5-10 menit saja, dan nantinya kalian akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

4. Email CS BTN

Untuk cara cek nomor kontrak KPR BTN berikutnya adalah dengan mengirimkan pesan email ke BTN. Untuk langkahnya sangat mudah, yakni sebagai berikut:

  • Buka aplikasi email dan kemudian masukkan alamat email [email protected] di kolom Kepada atau To.
  • Kemudian pada bagian subjek, silahkan tulis bahwa kalian ingin mengetahui nomor kontrak KPR BTN.
  • Dan pada bagian badan email, tuliskan data diri lengkap untuk memudahkan admin melakukan verifikasi permintaan kalian.
  • Jika sudah, silahkan tap kirim dan tunggu jawaban dari pihak BTN terkait nomor kontrak KPR BTN.

Perlu diketahui bahwasanya untuk cara ini kadang memerlukan waktu yang lama. Maka dari itu, kami sendiri menyarankan untuk memilih metode lainnya yang lebih cepat dan efisien waktu.

5. Surat Perjanjian KPR BTN

Cara cek nomor KPR BTN berikutnya adalah dengan melihatnya di surat perjanjian kredit antara debitur dan pihak bank. Surat ini diserahkan pada debitur setelah akad dilakukan di kantor BTN setempat.

Dalam surat perjanjian ini, letak nomor kontak KPR biasanya ada di bagian ketentuan pokok perjanjian kredit. Untuk itu, kalian bisa simpan baik-baik surat perjanjian ini karena bisa saja sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengetahui nomor kontrak atau lainnya.

6. Aplikasi BTN Mobile

Kemudian untuk cara cek no kontrak selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi BTN Mobile. Bagi kalian yang belum memiliki aplikasi ini, alangkah baiknya segera mendaftar karena aplikasi ini memiliki banyak manfaat.

Bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk mengetahui nomor kontrak KPR, kalian juga bisa mengetahui informasi lain seperti nominal angsuran, denda sampai dengan suku bunga KPR BTN.

Cara mengeceknya pun cukup mudah, kalian hanya perlu masuk ke aplikasi BTN Mobile, kemudian pilih informasi rekening dan pilih menu Pinjaman. Disini biasanya akan langsung muncul informasi nomor kontrak di bagian atas.

7. Aplikasi Pembayaran Pihak Ketiga

Sedangkan untuk cara terakhir adalah dengan memanfaatkan aplikasi Twitter. Caranya sangatlah mudah, kalian hanya perlu sampaikan permohonan cek no kontrak BTN melalui fitur Direct Message ke @bankbtn dengan menyertakan identitas seperti KTP, nama debitur, alamat dan nama ibu kandung.

Setelah itu, silahkan tunggu balasan dari admin terkait informasi nomor kontrak KPR BTN kalian. Selain menggunakan Twitter, kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi sosial media lain seperti Instagram, Facebook atau lainnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas terkait cara cek nomor kontrak KPR BTN, disini dapat kami simpulkan bahwa ada banyak sekali metode yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui informasi pasti nomor KPR BTN kalian.

Namun dari beberapa cara diatas, kami menyarankan untuk melihat surat perjanjian kredit KPR, kemudian mendatangi kantor cabang BTN setempat atau menghubungi Call Center BTN. Mengapa demikian? Karena cara ini sangatlah efektif dan efisen waktu.

Dibandingkan dengan cara lainnya yang membutuhkan waktu lama, tentu ketiga cara yang kami rekomendasikan bisa jadi opsi utama kalian ketika membutuhkan informasi mengenai berapa nomor kontrak KPR BTN kalian.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tags

Tinggalkan komentar