10 Manfaat Menabung Untuk Anak SD Untuk Wujudkan Mimpi

Basyar

MANFAAT MENABUNG UNTUK ANAK SD

Manfaat Menabung Untuk Anak SD – Menabung memang bagi sebagian orang masih sulit dilakukan. Alasannya adalah berbagai macam kebutuhan hidup serta gaya hidup konsumtif yang biasanya membuat terlena untuk menabung dan memikirkan cara berinvestasi yang mestinya dilakukan sejak kecil.

Manfaat menabung untuk anak SD memang secara langsung mengajarkan kepada mereka bahwa menabung harus menjadi kebiasaan yang wajib dan harus di lakukan setiap hari. Dengan menabung tentu kita telah mengajarkan pada mereka bahwa berinvestasi merupakan salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sejak kecil.

Sementara itu, kalian juga bisa mengajarkan kepada anak untuk menabung di celengan atau dapat juga di koperasi sekolah bagi anak SD, SMP atau pun SMA. Selain itu, kalian juga bisa membuat rekening untuk menyimpan uang dan melatih mereka untuk menabung. Hal seperti ini memang harus dilakukan sejak anak masih sekolah SD agar anak dapat mengerti manfaat menabung untuk anak SD atau pun seusianya.

Untuk mulai menabung kalian bisa mengajarkannya mulai dari nominal kecil seperti 2 ribu dan 5 ribu per hari tergantung dengan uang saku yang di bawanya. Namun, lebih efektifnya lagi kalian bisa mengajarkan anak-anak SD tersebut untuk menabung dengan uang jajan 2 ribu rupiah per hari, agar tidak terlalu memberatkan anak-anak. Lalu mau tahu lebih lanjut manfaat menabung untuk anak SD? Berikut informasinya.

Manfaat Menabung Untuk Anak SD

Menabung untuk anak sd

Sebagai orang tua, memang sangat penting untuk mengajarkan anak menabung sejak usia dini. Kalian bisa mulai mengajarkan anak menabung sejak duduk di sekolah dasar (SD). Dengan begitu mereka dapat mengetahui pentingnya menabung sejak kecil dan juga mengetahui manfaat dari menabung itu sendiri.

Sebenarnya menabung dapat dilakukan dengan mudah dan sudah memiliki target serta tujuan yang tepat. Namun terkadang seseorang masih merasa enggan melakukannya karena alasan tertentu. Namun, jika kesadaran menabung sudah tertanam sejak masih sekolah dasar tentu mereka akan mengetahui manfaat menabung untuk anak SD.

1. Melatih Kesabaran

Manfaat menabung untuk anak SD adalah melatih kesabaran. Ketika akan memulai tabungan anak, pastikan kalian untuk membimbing dana yang dimilikinya untuk tujuan tertentu. Misalnya saja untuk membeli peralatan sekolah dan juga sepatu baru. Dengan cara ini tentu saja akan akan dilatih untuk bersabar ketika berusaha untuk mencapai tujuannya untuk membeli sesuatu yang diinginkannya.

2. Membuat Anak Lebih Menghargai Uang

Manfaat menabung untuk anak SD berikutnya adalah mengajarkan kepada anak untuk lebih menghargai uang yang diperolehnya. Dengan menabung, tentu saja kita akan mengajarkan pada anak tentang cara menghargai uang dan menjauhkan nya dari sifat boros dan menghambur-hamburkan uang.

3. Mengajarkan Anak untuk Disiplin

Manfaat selanjutnya adalah mengajarkan anak agar lebih disiplin dalam menyisihkan uang jajan-nya guna untuk ditabungkan. Dalam hal ini kita jangan pernah menuntut jumlah tabungan tertentu yang diinginkan oleh anak-anak. Biarkan mereka menabung sesuka hati mereka asalkan menabung-nya bisa rutin setiap haris.

4. Mengajari Anak Mengumpulkan Emergency Fund

Emergency Fund atau dana darurat merupakan hal terpenting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari. Dimasa mendatang, kita tidak akan tahu akan ada hal apa yang dialami kita. Mestinya kita juga harus bersiap-siap dalam menyiapkan uang untuk hal-hal tidak terduga di masa akan datang. Dimana manfaat menabung untuk anak SD yang satu ini akan mengajarkan kepada mereka bagaimana cara menyisihkan uang sebagai dana darurat.

5. Mengajarkan Anak Membuat Keputusan Bijak

Manfaat selanjutnya adalah mengajarkan kepada anak-anak untuk bisa mengambil keputusan bijak. Dimana dari pelajaran ini akan ada baiknya ketika memberikan anak kesempatan dalam mengambil keputusan serta menentukan apakah uang tabungan tersebut akan digunakan atau tidak.

6. Cobalah Membuka Buku Tabungan Anak di Bank

Selanjutnya membuka buku tabungan anak tentu akan menjadi sebuah alternatif kita dlam memberikan reward setelah berusaha menabung untuk waktu yang lama. Dan buku tabungan anak juga bisa dijadikan hadiah spesial buat anak jika memang anak telah semangat untuk menabung.

7. Mengajarkan Membuat Rencana Keuangan

Manfaat menabung untuk anak SD bisa juga mengajarkan tentang rencana keuangan. Dimana mereka diharapkan mampu menghitung total pendapatan mereka tiap bulan. Dimana pendapatan tersebut nantinya bisa dibagi menjadi dua yakni sebagian di tabung dan sebagian lagi bisa menjadi uang keperluan bulanan mereka.

8. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Manfaat menabung berikutnya adalah investasi jangka panjang. Dimana menabung juga menjadi salah satu cara paling efektif dalam investasi jangka panjang. Dimana dengan menabung kita akan memiliki banyak uang yang bisa digunakan dimasa yang akan datang sebagai sumber dana darurat atau pun dana untuk keperluan lainnya.

9. Mengajarkan Hidup Hemat

Manfaat menabung untuk anak SD selanjutnya adalah mengajarkan hidup hemat. Ya, dengan menabung tentu saja keuangan mereka akan lebih terkontrol dan bisa menahan pengeluaran yang melebihi batas. Dengan menabung mereka tentu akan menjadi lebih hemat dalam kesehariannya.

10. Membuat Masa Depan Anak Lebih Cerah

Dengan menabung sejak masih sekolah dasar, tentu akan menjadi tambah banyak seiring berjalannya waktu. Meski menabung dengan nominal 2 ribu rupiah per hari maka jika dikalikan selama setahun akan mendapat hasil yang cukup lumayan. Apabila hal ini dilakukan secara rutin setiap hari bukan tidak mungkin mereka dalam memenuhi kebutuhan sekolah sendiri. Dan menjadikan masa depan mereka menjadi lebih cerah karena tidak bingung ketika membutuhkan uang meski dalam keadaan darurat.

Kesimpulan

Demikian informasi terkait dengan manfaat menabung untuk anak SD yang dapat investasiin sampaikan. Dengan mengajarkan anak-anak menabung tentu saja akan membuat mereka bisa lebih hemat serta menghargai uang yang telah diperolehnya. Dan dengan menabung tentu akan membuat masa depan mereka lebih cerah serta terhindar dari hutang. Sekian dari kami, semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi kalian semuanya.

Sumber Gambar:

  • Team Investasiin
  • urupekspress.disway.id

Bagikan:

Ads - After Post Image

Basyar

Mengerti soal dunia investasi menjadikan seseorang punya pandangan di masa depan dan masa tuanya.