13 Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan, Yang Wajib Dicoba!

Basyar

CARA MENABUNG 10 JUTA DALAM 3 BULAN

Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan – Memang bukan lagi menjadi hal sulit untuk dilakukan. Pasalnya kamu juga bisa mencapai target tersebut dalam waktu singkat. Namun, sebelumnya harus mengenali kondisi finansialmu serta menentukan strategi khusus agar dapat mencapai tujuan tersebut.

Sebelum mulai menabung, tentu saja harus memiliki tujuan menabung sehingga bisa lebih bersemangat dalam menyisihkan sebagian penghasilan-mu. Di samping itu, cara menabung 10 juta dalam 3 bulan memang lebih baik apabila kamu juga mengoptimalkan pekerjaan sampingan sehingga target menabung akan cepat tercapai.

Dalam prosesnya, memang masih banyak orang tidak mampu menabung secara rutin karena tergoda hal lain yang mengakibatkan tabungan terpakai. Akan tetapi, dengan manajemen keuangan yang baik, cara menabung 10 juta dalam 3 bulan mungkin bisa cepat tercapai sesuai harapanmu.

Nah bagi kamu yang memiliki komitmen dalam menabung 10 juta dalam 3 bulan, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah konsisten. Meski terasa sulit, tapi lama kelamaan akan bisa berubah menjadi sebuah kebiasaan. Dan berikut adalah beberapa cara menabung 10 juta dalam 3 bulan yang perlu kamu perhatikan.

Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan

cara menabung

Bagi yang masih merasa sulit menabung, bisa mencoba cara yang akan kami sampaikan dibawah ini. Dengan menerapkan beberapa cara dibawah, maka akan membentuk kebiasaan menabung sesuai target. Selain itu, cara tersebut juga akan berdampak baik dalam kehidupan kamu kedepannya.

1. Tentukan Alokasi Penghasilan

Cara pertama adalah harus mengelola keuangan bulanan secara baik. Hal ini perlu dilakukan mengingat kebutuhan sehari-hari yang akan semakin meningkat. Jika tidak dikelola dengan baik tentu kamu akan merasa sulit dan bahkan tidak bisa menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan.

Agar bisa menabung lebih baik setelah menerima gaji bulanan, kamu harus membagi penghasilan tersebut 50% sebagai kebutuhan sehari-hari, 30% pengeluaran pribadi dan 20% sebagai dana tabungan. Dengan ini tentu kamu bisa memaksimalkan tabungan agar dapat mencapai 10 juta dalam waktu 3 bulan.

2. Konsisten dan Belajar Hemat

Seperti halnya menabung uang jajan 5000, cara menabung 10 juta dalam 3 bulan juga diharuskan untuk konsisten dan belajar berhemat. Ketika tidak menabung 1 hari saja, maka kamu akan merasa terbiasa untuk melewatkan kegiatan ini. Jadi supaya target cepat tercapai harus mengalokasikan uang tabungan setiap hari.

Belajar hidup hemat dan tidak mengeluarkan uang demi belanja barang yang tidak penting, akan membuat tabunganmu cepat banyak. Namun ada beberapa cara lain jika ingin melakukan belanja. Dimana kamu dapat memanfaatkan berbagai promo dan potongan harga untuk membeli berbagai macam kebutuhan pokok.

3. Cara Menabung sesuai Tabel Rencana

Menabung dengan jumlah kecil memang lebih efektif dibandingkan dengan menabung dengan nominal besar. Pasalnya jika belum terbiasa menabung dalam jumlah besar dalam satu waktu, tentu akan sangat sulit untuk melakukannya.

Maka dari itu mulailah menabung dengan jumlah kecil setiap hari agar dapat membentuk kepribadian serta kebiasaan untuk menabung dengan rutin. Dan untuk cara menabung 10 juta dalam 3 bulan kamu juga bisa membuat rencana tabel tabungan dalam 3 bulan.

4. Pilih Investasi yang Tepat

Berikutnya agar tabungan bisa lebih optimal, maka kamu dapat menggunakan uang tabungan ke instrument investasi dengan resiko rendah. Saat ini banyak tempat serta pilihan untuk melakukan investasi seperti reksadana.

Dengan ini, kamu tidak hanya menyimpan uang tabungan saja, akan tetapi dengan investasi di reksadana juga akan memperoleh imbalan dari hasil investasi. Dengan ini, tentu akan lebih mudah dalam mencapai target 10 juta dalam 3 bulan, bahkan sebelum 90 hari tabungan sudah bisa terkumpul berkat keuntungan dari investasi.

5. Siapkan Rekening Khusus

Tidak dipungkiri lagi, jika memiliki uang banyak pasti akan sangat mudah tergoda memakai uang tabungan. Hal inilah yang menjadikan kamu tidak konsisten dalam menabung dan hasilnya pun dalam waktu 3 bulan kamu tidak bisa mengumpulkan uang sebesar 10 juta.

Maka dari itu, lebih baik pisahkan tempat penyimpanan uang tersebut ke rekening khusus. Namun pastikan untuk tidak menarik uang dalam rekening tersebut sehingga target 10 juta dalam 3 bulan bisa cepat tercapai.

6. Buat Catatan Pengeluaran

Selanjutnya buat catatan pengeluaran, hal ini dilakukan agar tidak mengeluarkan uang secara berlebihan. Dengan ini, tentunya jumlah pengeluaran dapat terkendali. Selain itu, untuk membantu membuat catatan pengeluaran, bisa memanfaatkan fitur catatan pengeluaran di aplikasi atau bisa membuat catatan tertulis pada buku khusus.

7. Cari Penghasilan Tambahan

Selain itu, agar keinginanmu cepat tercapai kamu bisa mencari penghasilan tambahan seperti bisnis online atau pun lainnya. Namun kami sarankan untuk mencari penghasilan tambahan yang tidak  mengganggu pekerjaan utamamu.  

8. Optimalkan Alokasi Uang Jajan Bulanan

Agar terbiasa hidup hemat, kamu tentu bisa mengoptimalkan alokasi uang bulanan. Apabila uang jajan bulananmu mulai menipis, maka hal yang paling penting adalah bagaimana cara agar dapat mengurangi biaya jajan tersebut. Dan usahakan jangan sampai tergoda dengan membeli barang yang konsumtif, karena hal tersebut dapat mengganggu keuanganmu.

9. Hindari Pakai Kartu Kredit atau Paylater

Nah, salah satu kepribadian dari kita adalah sering berbelanja online. Dimana belanja online sangatlah mudah dan banyak fitur yang menawarkan beli sekarang bayang bulan depan. Untuk bisa mencapai target 10 juta dalam 3 bulan, maka kami sarankan agar tidak menggunakan kartu kredit maupun paylater, sehingga pengeluaran-mu dapat dikendalikan.

Apalagi dengan kebiasaan mengunakan kartu kredit atau pun paylater, tentu saja tagihan bulanan akan membengkak. Sehingga untuk mencapai target tabungan-mu akan sangat sulit sekali. Karena akan ada biaya tidak terduga ketika menggunakan kartu kredit dan juga paylater.

10. Kenali Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Selain menghindari kebiasaan menggunakan kartu kredit atau paylater, kamu juga harus memahami antara kebutuhan dan keinginan. Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, lebih baik menggunakan metode 30 Day Rule.

11. Bisnis Affiliate

Agar dapat mencapai target menabung 10 juta dalam 3 bulan, tentu dapat menggunakan cara lain yakni bisnis affiliate. Dimana ada beberapa perusahaan besar di Indonesia telah membuka kemitraan bisnis affiliate. Hal tersebut adalah kesempatan emas yang harus diikuti. Apalagi bisnis ini sangat mudah dijalankan dan membutuhkan sedikit waktu untuk menjalankannya.

12. Jalankan Preorder Business

Cara menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan berikutnya ialah dengan menjalankan business Preoder. Dalam bisnis ini pelanggan akan membayar terlebih dahulu jasa atau pun produk yang akan dibelinya. Hal ini tentu saja akan meminimalkan modal bisnis yang dilakukan.

13. Menjadi Pengajar Les Online

Bagi para mahasiswa menjadi pengajar les online adalah salah satu cara untuk memenuhi biaya kuliahnya. Namun Hal ini juga berlaku bagi kamu yang memiliki keinginan menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan. Dimana dalam menjadi pengajar kamu bisa memasang tarifnya sendiri dan menentukan waktu mengajarnya.

Kesimpulan

Ketika ingin menjalankan cara menabung 10 juta dalam 3 bulan, dapat mulai dengan beberapa cara mudah. Seperti menentukan alokasi pemasukan bulanan, konsisten menabung, membiasakan diri hidup hemat serta menyiapkan rekening khusus tabungan. Selain itu, kamu juga bisa membuat catatan pengeluaran bulanan secara rutin untuk mengetahui pemasukan dan pengeluaran. Demikian informasi dari investasiin, semoga informasi diatas bisa memberikan referensi serta bermanfaat bagi semuanya.

Bagikan:

Basyar

Mengerti soal dunia investasi menjadikan seseorang punya pandangan di masa depan dan masa tuanya.