Cara Transfer ShopeePay ke DANA 2024 : Minimal & Biaya Admin

Fian Dalbota

Cara Transfer ShopeePay ke DANA Minimal & Biaya Admin

Cara Transfer ShopeePay ke DANA – Sebagai pelanggan Shopee, pasti kalian sudah tidak asing dengan layanan bernama ShopeePay. Layanan ini berguna untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian barang maupun pembayaran tagihan di Shopee.

Selain itu, ShopeePay juga memiliki fitur transfer ke nomor ShopeePay teman, transfer saldo ke rekening Bank hingga transfer antar Dompet Digital, salah satunya ke akun DANA. Cara transfer ShopeePay ke DANA tentu perlu diketahui ketika kalian mau melakukan transaksi lewat DANA, tapi saldo tidak mencukupi.

Meskipun bisa isi saldo DANA lewat Mobile Banking, ATM dan berbagai metode lainnya, tapi cara transfer ShopeePay ke DANA sering di pilih karena menawarkan beberapa keuntungan bagi pengguna.

Lalu, bagaimana dengan ketentuan biaya admin yang diterapkan pada transaksi tersebut? Apakah ada syarat dan ketentuan untuk isi saldo DANA melalui ShopeePay? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa kalian simak di bawah ini bersama dengan tata cara transfer ShopeePay ke DANA.

Kenapa ShopeePay Tidak Bisa Transfer ke DANA?

Selain menyediakan fitur Shopee Pinjam untuk pinjam uang di Shopee, aplikasi belanja Online yang satu ini juga menyediakan banyak layanan lain, salah satunya adalah ShopeePay.

ShopeePay kerap di pilih pelanggan Shopee sebagai metode transfer Koin Shopee, pembayaran ketika belanja atau bayar tagihan apapun di Shopee. Kenapa demikian? Penggunaan metode pembayaran ini seringkali menawarkan keuntungan berupa voucher gratis ongkir, koin Shopee hingga Cashback.

Terlepas dari keuntungan yang ditawarkan oleh ShopeePay, diatas juga telah kami singgung bahwa layanan ini menawarkan fitur transfer. Saldo ShopeePay yang kalian punya bisa di transfer ke sesama ShopeePay dan rekening Bank.

Sementara itu, beberapa pengguna juga bertanya kenapa ShopeePay tidak bisa transfer ke DANA maupun akun Dompet Digital lainnya? Pertanyaan ini muncul karena pada daftar menu ShopeePay memang tidak tersedia pilihan transfer antar rekening eWallet.

Perlu kami beritahukan bahwa cara transfer ShopeePay ke DANA itu sebenarnya bisa dilakukan. Hanya saja tata cara atau langkah-langkahnya sedikit berbeda dengan transaksi kirim saldo ShopeePay ke sesama maupun transfer ke Bank.

Jadi, untuk mengirim saldo ShopeePay ke rekening DANA kalian membutuhkan kode Bank 8528. Penjelasan selengkapnya mengenai langkah-langkah kirim saldo ShopeePay ke DANA bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Transfer ShopeePay ke DANA

Cara Transfer ShopeePay ke DANA

8528 Kode Bank apa? Kode tersebut disediakan oleh Bank Permata selaku penyedia layanan DANA. Artinya, fitur transfer ShopeePay ke DANA ini bisa dilakukan melalui fitur transfer Bank. Lalu, bagaimana cara mendapatkan nomor rekening Bank Permata jika bukan nasabah dari Bank tersebut?

Tenang, nomor rekening Bank Permata disini hanya berperan sebagai perantara (rekening Virtual Account), jadi kalian tidak perlu sampai membuka rekening Bank Permata. Sementara itu, untuk mendapatkan kode transfer atau nomor rekening Virtual Account Permata bisa dilakukan lewat aplikasi DANA.

Sebelum kami jelaskan seperti apa cara TF ShopeePay ke DANA, terlebih dahulu pastikan smartphone kalian sudah terhubung ke internet. Selain itu, pastikan juga saldo ShopeePay melebihi batas minimal pengiriman ke DANA. Jika semuanya sudah siap, sekarang lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi DANA

Buka Aplikasi DANA

Langkah pertama silahkan buka aplikasi DANA di smartphone

2. Ketuk Menu Isi Saldo

Ketuk Menu Isi Saldo

Pada tampilan Dashboard langsung saja ketuk menu Isi Saldo

3. Pilih Metode Top Up

Pilih Metode Top Up

Selanjutnya kalian akan diminta memilih cara untuk Top Up. Silahkan pilih cara isi saldo lewat Transfer Bank Permata

4. Salin Kode Bayar

Salin Kode Bayar

Setelah itu akan muncul tampilan Nomor Rekening Permata yang terdiri dari Kode Bank 8528 diikuti nomor HP yang terdaftar di akun DANA. Silahkan klik tombol Salin Kode untuk menyalin nomor rekening Permata.

5. Buka ShopeePay di Shopee

Buka ShopeePay di Shopee

Sampai disini kalian sudah berhasil mendapatkan nomor rekening DANA (Permata Virtual Account). Sekarang lanjut buka aplikasi Shopee kemudian masuk ke menu ShopeePay

6. Pilih Menu Transfer Bank

Pilih Menu Transfer Bank

Setelah itu ketuk Transfer Bank pada halaman daftar menu ShopeePay

7. Tambah Rekening Bank Baru

Tambah Rekening Bank Baru

Klik Tambah Rekening Bank Baru pada halaman Transfer Bank

8. Pilih Bank

Pilih Bank

Lalu pada halaman berikutnya silahkan klik kolom Nama Bank kemudian cari dan pilih Bank Permata (Virtual Account)

9. Masukkan Nomor Rekening

Masukkan Nomor Rekening

Pada kolom No.Rek / Virtual Account silahkan tempel Nomor Rekening Permata yang sudah di salin dari aplikasi DANA. Setelah itu ketuk tombol Lanjutkan

10. Masukkan Nominal Transfer

Masukkan Nominal Transfer

Sekarang masukkan jumlah saldo ShopeePay yang akan di transfer ke DANA

11. Klik Transfer Sekarang

Klik Transfer Sekarang

Pada halaman Konfirmasi Transaksi, pastikan data transaksi semua sudah sesuai, mulai dari tujuan transfer, nama Bank, nomor rekening Virtual dan jumlah transfer. Jika sudah, klik Transfer Sekarang dan masukkan PIN ShopeePay untuk menyelesaikan transaksi. Jika transaksi berhasil kalian akan menerima bukti transaksi lewat menu notifikasi Shopee dan di aplikasi DANA.

TF ShopeePay ke DANA Minimal Berapa

Diatas sempat disebutkan kalau cara transfer ShopeePay ke DANA hanya akan berhasil apabila saldo ShopeePay melebih batas minimal transfer. Memangnya, berapa sih minimal kirim saldo ShopeePay yang bisa di kirim ke DANA?

Berdasarkan ketentuan dari Shopee, minimal transfer ShopeePay ke DANA adalah Rp. 10.000 (Sepuluh Ribu Rupiah). Jadi, jika nominal transfer kurang dari 10.000, transaksi tidak akan diproses.

Sedangkan batas maksimal TF ShopeePay ke DANA adalah semua sisa saldo di ShopeePay. Tapi perlu diketahui bahwa dari pihak DANA juga punya ketentuan batas maksimal saldo maksimal, yaitu Rp. 20.000.000.

Biaya Kirim Saldo ShopeePay ke DANA

Biaya Kirim Saldo ShopeePay ke DANA

Baiklah, sampai disini kalian sudah tahu seperti apa cara transfer ShopeePay ke DANA hingga berapa minimal transfer yang bisa dilakukan. Selanjutnya kami ingin menjelaskan terkait ketentuan biaya admin dari transaksi TF saldo ShopeePay ke DANA.

Nominal Transfer < Rp. 50.000Rp. 2.500
Nominal Transfer > Rp. 50.000Gratis

Jadi, setiap pengguna ShopeePay akan dikenai biaya admin sebesar Rp. 2.500 ketika melakukan transfer ke DANA dengan nominal di bawah Rp. 50.000. Apabila nominal transfer lebih dari Rp. 50.000, biaya admin nya adalah Rp. 0 alias gratis.

KESIMPULAN

Demikianlah penjelasan dari Investasiin.com mengenai cara transfer ShopeePay ke DANA. Jadi, fitur transfer ShopeePay ke akun Dompet Digital lainnya sekarang sudah bisa dilakukan melalui cara diatas.

Sementara itu, pada transaksi kirim ShopeePay ke DANA juga berlaku ketentuan minimal transfer dan biaya admin. Jadi, pastikan saldo ShopeePay kalian cukup untuk memenuhi semua ketentuan yang berlaku.

sumber gambar :

  • Tim Investasiin.com
  • Channel Youtube Ariyan Masrur Tutorial
  • Youtube My Ano Channel

Bagikan:

Ads - After Post Image