Cara Mengajukan Keringanan Pembayaran Shopee Pinjam 1 Bulan

Fian Dalbota

Cara Mengajukan Keringanan Pembayaran Shopee Pinjam 1 Bulan

Cara Mengajukan Keringanan Pembayaran Shopee Pinjam – Sebagai pelanggan setia Shopee, pastinya kalian sudah tidak asing dengan layanan Shopee Pinjam. Layanan ini memungkinkan pelanggan mengajukan Pinjaman mulai dari 700 ribu sampai puluhan juta rupiah.

Tapi setiap pengguna Shopee Pinjam diwajibkan untuk melakukan pembayaran tagihan tepat waktu. Jika sudah memasuki waktu pembayaran tapi ternyata belum punya uang, maka pengguna bisa mengajukan keringanan pembayaran. Lalu, seperti apa cara mengajukan keringanan pembayaran Shopee Pinjam?

Melalui artikel berikut kami bakal menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengajukan keringanan pembayaran Shopee Pinjam. Apakah cara ini bisa digunakan oleh semua pemilik tagihan SPinjam yang bermasalah terkait pembayaran?

Dalam menyediakan fitur pengajuan keringanan pembayaran SPinjam, dari pihak Shopee punya beberapa syarat yang harus dipenuhi. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak informasi di bawah ini terkait syarat hingga cara mengajukan keringanan pembayaran Shopee Pinjam.

Denda Keterlambatan Bayar SPinjam Shopee

Sebelum adanya fitur pinjam uang di Bukalapak, Tokopedia dan BliBli dan aplikasi belanja Online lainnya, Shopee sudah lebih dulu dikenal sebagai aplikasi belanja yang bisa pinjam uang. Ya, Shopee punya layanan bernama SPinjam dengan penawaran limit mulai dari Rp. 750.000 sampai Rp. 12.000.000.

Ketika pinjam uang di Shopee, selain diminta memilih jumlah Pinjaman kalian tentu juga diminta menentukan tenor pengembalian. Dalam memilih tenor, kami sarankan untuk menyesuaikan kemampuan, jangan pilih tenor singkat dengan alasan ingin cepat selesai, tapi nyatanya pemasukan per bulan tidak mencukupi.

Perlu diingat juga bahwa Shopee punya ketentuan sanksi keterlambatan berupa Denda beberapa persen dari nominal pinjaman. Jika denda keterlambatan Shopee Pinjam menumpuk pastinya hal itu bisa mempengaruhi manajemen keuangan kalian.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari situs resmi Shopee, denda keterlambatan Shopee Pinjam adalah 5% dari nominal tagihan. Guna menghindari denda, tentu saja kalian wajib melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo.

Cara Mengajukan Keringanan Pembayaran Shopee Pinjam

Cara Mengajukan Keringanan Pembayaran Shopee Pinjam

Tapi, jika punya cicilan Shopee Pinjam dan ternyata ada satu dan lain hal yang membuat kalian tidak sanggup membayar cicilan, maka bisa gunakan cara mengajukan keringanan pembayaran Shopee Pinjam.

Pengajuan keringanan SPinjam bisa dilakukan oleh setiap pemilik tagihan, tapi perkara disetujui atau ditolak dari pihak Shopee punya beberapa kriteria. Lantas, bagaimana cara agar pengajuan keringanan pembayaran Shopee Pinjam disetujui?

Jika berhasil mengajukan keringanan pembayaran SPinjam, apakah nantinya pengguna hanya perlu bayar pokok Shopee Pinjam? Jawaban dari pertanyaan tersebut sudah kami siapkan, jadi simak terus artikel ini sampai akhir.

Pertama, syarat atau kriteria agar pengajuan keringanan pembayaran SPinjam diterima adalah punya riwayat kredit baik. Artinya, selama memiliki tagihan SPinjam kalian tidak pernah mengalami keterlambatan.

Selain itu, jika tidak sanggup bayar Shopee Pinjam, kalian perlu menyertakan alasan yang logis dan jelas, contoh :

  • PHK
  • Bisnis mengalami Pailit
  • Gaji belum turun
  • Budget pembayaran SPinjam dipakai buat biaya berobat
  • Dan lain sebagainya

Kemudian mengenai mekanisme pembayaran tagihan setelah pengajuan keringanan atau restrukturisasi disetujui, nantinya pengguna akan memperoleh tambahan batas waktu pembayaran alias tanggal jatuh tempo diperpanjang selama 1 bulan ke depan.

Sampai disini sudah paham manfaat dari restrukturisasi tagihan Shopee Pinjam? Selanjutnya mari kita simak tata cara mengajukan keringanan pembayaran Shopee Pinjam :

1. Buka Aplikasi Shopee

Pertama-tama silahkan buka aplikasi Shopee di HP

2. Masuk Menu Notifikasi

Kemudian masuk ke menu Notifikasi / Pemberitahuan. Buka kotak masuk Info Shopee lalu cari pesan berisi penawaran Restrukturisasi tagihan.

3. Klik Link Restrukturisasi Tagihan

Di dalam pesan tersebut nantinya terdapat link Restrukturisasi, silahkan kunjungi tautan tersebut.

4. Lengkapi Formulir Pengajuan Keringanan SPinjam

Selanjutnya lengkapi formulir pengajian keringanan pembayaran Shopee Pinjam. Disini kalian diminta mencantumkan nama pengguna, nomor HP dan Email.

5. Tentukan Jadwal Panggilan CS Shopee

Jika sudah, tentukan jadwal panggilan dari CS Shopee. Selanjutnya petugas CS Shopee akan menghubungi kalian sesuai jadwal yang telah ditentukan. Pada panggilan ini saatnya kalian menjelaskan alasan tidak sanggup bayar cicilan Shopee Pinjam dan bermaksud meminta keringanan pembayaran.

Selanjutnya petugas akan mengecek data kalian sebagai debitur Shopee Pinjam, apakah selama ini sering mengalami keterlambatan atau tidak. Selain itu, ada juga pengecekkan BI Checking untuk mencari tahu status riwayat kredit.

6. Hasil Pengajuan Keringanan Bayar SPinjam

Jika dari hasil pengecekkan ternyata riwayat kredit kalian membayar tagihan SPinjam maupun cicilan lainnya bagus, maka besar kemungkinan keringanan pembayaran bakal disetujui. Kemudian dari pihak Shopee akan mengirim keterangan lebih lanjut terkait durasi keringanan pembayaran SPinjam dan lain sebagainya.

Cara Mencicil Tunggakan Shopee Pinjam

Sementara itu, jika pengguna SPinjam sering telat bayar cicilan dan riwayat kredit buruk, kecil kemungkinan pengajuan Restrukturisasi disetujui. Kendati demikian, apakah tidak ada cara lain untuk memperoleh keringanan pembayaran Shopee Pinjam?

Jika pengajuan keringanan pembayaran ditolak, kalian masih bisa mencicil tunggakan Shopee Pinjam. Jadi, tunggakan SPinjam bulan tersebut dibayarkan 2 atau 3 kali dalam sebulan.

Contoh, tagihan dan tunggakan SPinjam bulan ini totalnya Rp. 1.500.000. Agar tidak terlalu berat jika dibayarkan sekaligus, maka di cicil setiap minggu Rp. 500.000 sampai minggu awal di bulan berikutnya (sebelum tanggal 5).

Berikut adalah tata cara mencicil tunggakan Shopee Pinjam setelah tidak disetujui mengajukan keringanan pembayaran :

1. Buka Shopee Pinjam

Buka Shopee Pinjam

Pertama-tama buka aplikasi Shopee lalu masuk ke menu Saya -> Shopee Pinjam

2. Klik Bayar

Klik Bayar

Setelah itu ketuk tombol Bayar di sebelah kanan informasi tunggakan tagihan Shopee Pinjam

3. Masukkan Jumlah Pembayaran

Masukkan Jumlah Pembayaran

Kemudian masukkan nominal cicilan pembayaran Shopee Pinjam

4. Pilih Metode Pembayaran

Pilih Metode Pembayaran

Sebelum lanjut, pilih metode pembayaran terlebih dahulu. Jika sudah, klik Konfirmasi

5. Selesaikan Pembayaran Shopee Pinjam

Selesaikan Pembayaran Shopee Pinjam

Terakhir, selesaikan pembayaran Shopee Pinjam dengan cara salin kode bayar kemudian ikuti instruksi pembayaran sesuai metode yang di pilih.

KESIMPULAN

Jadi seperti itulah penjelasan dari Investasiin.com mengenai cara mengajukan keringanan pembayaran Shopee Pinjam. Diatas juga kami jelaskan bahwa mengajukan keringanan pembayaran Shopee Pinjam tidak 100% disetujui. Semua tergantung dari riwayat kredit serta alasan tidak sanggup bayar Shopee Pinjam.

Apabila setelah mengajukan keringanan atau Restrukturisasi cicilan Shopee Pinjam dan hasilnya ditolak, maka bisa mencicil tunggakan Shopee Pinjam. Cara ini cukup membantu meringankan beban pembayaran tagihan Shopee Pinjam.

sumber gambar :

  • Tim Investasiin.com
  • Mediakonsumen.com
  • Medcom.id

Bagikan: