Cara Pinjam Uang di Bukalapak 2024 : Syarat & Batas Pinjaman

Fian Dalbota

Cara Pinjam Uang di Bukalapak Syarat & Batas Pinjaman

Cara Pinjam Uang di Bukalapak – Selain Shopee dan Lazada, Bukalapak juga menjadi salah satu aplikasi belanja yang bisa pinjam uang tanpa jaminan. Bagi kalian yang sering belanja di Bukalapak, tentu bisa memanfaatkan layanan ini ketika membutuhkan dana mendesak.

Dalam menyediakan layanan Pinjaman Tunai, Bukalapak menggandeng beberapa penyedia jasa Pinjaman Online seperti Akulaku, Kredit Pintar dan Home Credit Indonesia. Lalu, bagaimana cara pinjam uang di Bukalapak? Berapa limit Pinjaman yang ditawarkan? Berapa lama proses pencairan nya?

Satu per satu dari pertanyaan tersebut bakal kami jawab melalui artikel berikut. Disamping itu, terkait cara pinjam uang di Bukalapak juga tidak berlaku untuk semua pelanggan Bukalapak, ada kriteria khusus yang harus dipenuhi agar dapat mengajukan Pinjaman.

Berdasarkan review pengalaman Pinjaman Bukalapak, jika dibandingkan dengan dengan aplikasi belanja yang bisa pinjam uang lainnya, limit pinjaman Bukalapak bisa dikatakan lebih bervariasi. Hanya saja jika dibandingkan dengan proses pinjam uang di Shopee, Tokopedia dan BliBli, cara pinjam uang di Bukalapak memang lebih banyak tahapan nya. Daripada penasaran, langsung saja simak info selengkapnya di bawah ini.

Produk Pinjaman Bukalapak

Produk Pinjaman Bukalapak

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini ada banyak aplikasi belanja yang bisa pinjam uang, dimana salah satunya adalah Bukalapak. Selain pinjam uang, Bukalapak juga menyediakan fitur PayLater yang memungkinkan pengguna bisa belanja di Bukalapak, bayar bulan depan maupun di cicil.

Bicara tentang fitur Pinjaman Bukalapak, salah satu eCommerce terbesar di Indonesia ini menawarkan 2 (dua) produk Pinjaman, diantaranya :

BukaModal

Pertama ada BukaModal, sesuai dengan namanya BukaModal merupakan jenis Pinjaman Tunai yang diperuntukkan bagi para Pelapak atau pemilik Toko Online di Bukalapak. Dalam menyediakan BukaModal, Bukalapak menggandeng Akseleran, Investree, Koinworks, Modalku dan Taralite sebagai penyedia dana.

Limit Pinjaman dari BukaModal antara Rp. 2.000.000 sampai Rp. 2.000.000.000. Sementara itu, terkait durasi pengembalian Pinjaman, para Pelapak bisa memilih tenor mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan sampai 24 bulan.

Jika ingin pinjam uang BukaModal, pastikan Pelapak sudah memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  • WNI
  • Berusia antara 21 tahun – 56 tahun
  • Lapak sudah terdaftar lebih dari 6 bulan dengan target penjualan diatas Rp. 2.000.000 per bulan
  • Lapak masih aktif
  • Memiliki eKTP
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki rekening Bank

Selain persyaratan diatas, nantinya dari masing-masing rekanan atau Merchant BukaModal juga menerapkan persyaratan khusus. Setiap Pelapak wajib memenuhi syarat dari Merchant yang digunakan.

Tapi sayang, sejak tanggal 24 Februari 2023 kemarin, layanan BukaModal Bukalapak sudah ditutup. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan di kemudian hari Bukalapak kembali mengaktifkan BukaModal untuk membantu para Pelapak yang sedang membutuhkan modal.

Pembiayaan Tunai Bukalapak

Selanjutnya ada Pembiayaan Tunai Bukalapak, dimana untuk produk pinjam uang ini Bukalapak bekerjasama dengan Home Credit Indonesia, Kredit Pintar Indonesia dan Akulaku sebagai penyedia dana. Jika BukaModal diperuntukkan bagi para Pelapak, maka Pembiayaan Tunai diperuntukkan bagi para pembeli.

Tersedia cara pinjam uang di Bukalapak (Pembiayaan Tunai) dengan nominal antara Rp. 500.000 sampai Rp. 6.000.000. Masing-masing Partner atau Merchant Pembiayaan Tunai Bukalapak menerapkan limit Pinjaman berbeda-beda.

Melalui dana Pinjaman Bukalapak, kalian bisa menggunakannya untuk belanja di Bukalapak, biaya pengobatan bahkan dipakai sebagai modal investasi untuk Mahasiswa, seperti membeli saham Reksadana, Obligasi dan lain sebagainya.

Apakah fitur Pembiayaan Tunai Bukalapak masih bisa digunakan? Sebab, beredar kabar bahwa Pinjaman Tunai Bukalapak tidak aktif alias sudah tidak bisa lagi digunakan. Apa benar demikian?

Sebenarnya bukan tidak bisa digunakan, tapi karena pelanggan sudah tidak lagi memenuhi kriteria sebagai pengguna Pinjaman Tunai Bukalapak. Perlu kami beritahukan bahwa Pinjaman atau Pembiayaan Tunai Bukalapak ini hanya berlaku pada akun yang menerima penawaran.

Cara Pinjam Uang di Bukalapak

Cara Pinjam Uang di Bukalapak

Setelah menyimak informasi tentang jenis Pinjaman di Bukalapak, sekarang mari kita lanjut ke tata cara pinjam uang di Bukalapak. Pertama, kami bakal menjelaskan bagaimana cara mengajukan Pembiayaan Tunai Bukalapak.

Diatas sudah kami sebutkan kalau pengguna terlebih dahulu harus menerima penawaran dari Bukalapak jika ingin mencairkan Pinjaman ini. Selain penawaran, pengguna juga wajib memenuhi beberapa syarat sebagai berikut :

  • Nomor HP masih aktif
  • Email aktif
  • Memiliki akun DANA (khusus pengajuan Pinjaman ke Home Credit Indonesia)
  • Memiliki Rekening Bank
  • Memiliki eKTP
  • Memiliki pekerjaan & penghasilan tetap (minimal Rp. 3.000.000 per bulan)
  • Riwayat kredit baik
  • Koneksi internet

Setelah memenuhi semua syarat dan ketentuan diatas, sekarang kalian bisa lanjut mengikuti tata cara pinjam uang di Bukalapak berikut ini :

1. Jalankan Aplikasi Bukalapak

Jalankan Aplikasi Bukalapak

Pertama-tama silahkan masuk ke aplikasi Bukalapak kemudian pilih menu Pinjaman di halaman utama.

2. Pilih Pinjaman Tunai

Pilih Pinjaman Tunai

Pada tampilan berikutnya, silahkan klik menu Pinjaman Tunai

3. Tentukan Nominal

Tentukan Nominal Pinjaman

Lanjut tentukan nominal pinjam uang dan Tenor yang tersedia. Jika sudah, Tap tombol Ajukan Sekarang

4. Pilih Produk

Pilih Produk Pinjaman

Setelah itu kalian akan menjumpai beberapa penyedia pembiayaan. Silahkan pilih Merchant Bukalapak yang ingin digunakan.

5. Lanjut Isi Formulir

Lanjut Isi Formulir

Kemudian setuju Syarat dan Ketentuan lalu klik Lanjut Isi Formulir

6. Upload Foto eKTP

Upload Foto KTP

Unggah foto eKTP dan foto Selfie eKTP sesuai instruksi. Pastikan hasil foto jelas sehingga bisa terbaca oleh sistem.

7. Lengkapi Formulir Pengajuan

Lengkapi Formulir Pengajuan

Sekarang lengkapi formulir pengajuan mulai dari NIK, Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat, Nomor HP dan lain sebagainya.

8. Masukkan Data Penghasilan

Masukkan Data Penghasilan

Selain informasi data diri, pada laman formulir juga perlu mencantumkan data pekerjaan dan penghasilan. Silahkan lengkapi data-data tersebut dengan benar

9. Masukkan Kontak Darurat

Masukkan Kontak Darurat

Lanjut masukkan 3 (tiga) kontak darurat. Disini kalian bisa memasukkan kontak Saudara, Orang Tua dan kerabat dekat.

10. Masukkan Data Rekening Bank

Masukkan Data Rekening Bank

Setelah itu, pilih Bank dan masukkan nomor rekening Bank sebagai media pencairan Pinjaman. Jika sudah, klik Selesai

11. Kirim Pengajuan Pinjam Uang

Kirim Pengajuan Pinjam Uang

Ketuk tombol Ya, Kirim pada pop-up yang muncul dan tunggu proses pengajuan di verifikasi oleh pihak Bukalapak dan Merchant (penyedia pembiayaan).

12. Pinjam Uang di Bukalapak Berhasil

Pinjam Uang di Bukalapak Berhasil

Jika pengajuan diterima, kalian akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan tanda tangan elektronik pada kontrak pembiayaan. Setelah itu, proses pencairan dana pinjam uang bakal dilakukan dalam kurun waktu 15 – 30 menit.

Pada halaman kontrak pembiayaan nantinya akan tertera informasi batas waktu bayar Pinjaman, cara bayar Pinjaman di Bukalapak, sanksi keterlambatan dan lain sebagainya. Pastikan untuk mematuhi semua peraturan demi menjaga riwayat kredit dan kesempatan mendapatkan penawaran fitur Bukalapak menarik lainnya.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Investasiin.com terkait cara pinjam uang di Bukalapak. Jadi, ada dua produk pinjam uang di Bukalapak, yaitu Pembiayaan Tunai dan BukaModal, tapi saat ini hanya tersedia Pembiayaan Tunai karena layanan BukaModal resmi di non-aktifkan beberapa bulan lalu.

Selain tata cara pinjam uang, diatas kami juga menjelaskan apa saja syarat pengajuan, batas Pinjaman Bukalapak hingga daftar Merchant penyedia pembiayaan Bukalapak. Setiap Merchant punya ketentuan masing-masing terkait batas pinjam uang, bunga dan syarat pengajuan.

sumber gambar :

  • Tim Investasiin.com
  • Bukalapak.com
  • Youtube My Ano Channel

Bagikan:

Ads - After Post Image