5 Bank Yang Cocok Untuk Menabung Jangka Panjang

Basyar

BANK YANG COCOK UNTUK MENABUNG JANGKA PANJANG

Bank Yang Cocok Untuk Menabung Jangka Panjang – Menabung jangka panjang merupakan salah satu hal yang diperlukan bagi sebagian orang. Pasalnya dengan memiliki tabungan jangka panjang masa depan kita akan menjadi lebih cerah. Dan tidak perlu pinjam uang di LinkAja ketika tiba-tiba memerlukan dana mendadak.

Untuk menabung jangka panjang memang kita harus cerdas dalam memilih bank. Hal ini dikarenakan tidak semua bank cocok untuk menabung jangka panjang. Maka dari itu sebelum memulai menabung jangka panjang, kalian harus mencari bank yang cocok untuk menabung jangka panjang.

Dengan begitu nantinya proses menabung kalian akan menjadi lebih aman dan nyaman. Selain itu, hasil dari menabung kelak akan menjadi lebih maksimal. Sementara itu, tabungan jangka panjang biasanya memiliki ketentuan tertentu, dimana kalian tidak bisa mengambil uang atau pun tarik tunai kapan saja.

Itu berarti apabila menggunakan tabungan jangka panjang para nasabah harus mengikuti peraturan yang telah disepakati sebelumnya. Nah, bagi kalian sedang bingung mencari bank yang cocok untuk menabung jangka panjang, berikut adalah 5 bank terbaik untuk menabung jangka panjang.

Bank Yang Cocok Untuk Menabung Jangka Panjang

tabungan jangka panjang

Seperti telah diketahui jika saat ini memang banyak orang yang merasa kesulitan dalam menyisihkan dana untuk di tabung. Bagi yang merasa kesulitan menabung, ada beberapa produk perbankan tabungan berjangka yang dapat menjadi salah satu solusi. Ya, diketahui jika tabungan tersebut memungkinkan bagi para nasabah menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis dari rekening tabungan induk setiap bulannya.

Sementara itu, tabungan berjangka juga memiliki ketentuan waktu yang disepakati sebelumnya oleh nasabah. Umumnya kesepakatan tersebut antara 1 hingga 20 tahun, dan apabila uang yang disimpan pada tabungan berjangka di ambil sebelum masa jatuh tempo, maka nasabah akan dikenakan biaya penalti. Namun para nasabah juga bisa mendapatkan keuntungan dari tabungan berjangka tersebut yakni suku bunga yang ditawarkan biasanya lebih tinggi dibandingkan jenis tabungan lainnya.

Selain itu, tabungan berjangka juga memiliki fasilitas perlindungan asuransi jiwa, jadi apabila nasabah meninggal dunia, setoran bulanan akan diteruskan oleh pihak asuransi. Saat ini hampir semua bank memiliki produk tabungan berjangka dengan menawarkan fitur yang bervariasi. Nah bagi kalian yang ingin menabung tabungan berjangka, berikut adalah bank yang cocok untuk menabung jangka panjang.

1. Bank Mandiri

Bank yang cocok untuk menabung jangka panjang pertama adalah bank mandiri. Dimana bank BUMN ini memiliki layanan fitur tabungan berjangka untuk usia nasabah mulai dari 18 tahun hingga 35 tahun. Dan untuk nasabah dari bank Mandiri di buka untuk ibu rumah tangga dan mahasiswa yang ingin menabung jangka panjang.

Pada produk tabungan jangka panjang bank Mandiri menentukan biaya penarikan sebagian sebelum jatuh tempo yakni sebesar Rp 100 ribu atau 0.5% dari jumlah penarikan. Sementara itu untuk setoran yang menunggak dibatasi maksimal 3 kali. Jadi rekening MTR akan ditutup jika terjadi penunggakan selama 3 kali.

2. Bank BRI

Selanjutnya bank yang cocok untuk menabung jangka panjang adalah Bank BRI. Dimana BRI menawarkan produk tabungan jangka panjang dengan nama Britama Rencana. Produk ini terdiri dari dua jenis yakni Plan A dan Plan B. Secara umum, persyaratan serta keuntungan yang diberikan kedua plan ini hampir sama. Dan yang membedakan adalah biaya besaran premi asuransi untuk Plan A adalah sebesar 6% dari setoran tetap bulanan. Sedang untuk Plan B premi asuransi gratis.

3. Bank BNI

Berikutnya bank yang cocok untuk tabungan jangka panjang adalah Bank BNI. Dimana bank BNI ini memiliki produk tabungan jangka panjang bernama BNI Tapenas. Saat ingin membuka rekening tersebut, akan ada biaya administrasi rekening senilai Rp 18 ribu per rekening. Dan apabila kalian ingin melakukan penutupan rekening sebelum jatuh tempo akan dikenakan biaya sebesar 1 % dari saldo akhir dengan minimal Rp 100 ribu.

4. Bank Danamon

Berikutnya ada bank Danamon yang merupakan salah satu bank yang cocok untuk tabungan jangka panjang. Bank Danamon menerbitkan salah satu produk tabungan dengan nama Cita2Ku. Dimana suku bunga yang ditawarkan oleh produk tabungan ini terbilang tinggi dibandingkan produk tabungan jangka panjang lainnya. Akan tetapi untuk pilihan tenor tabungan Cita2Ku lebih sedikit dibandingkan bank lain.

Sementara itu, bank Danamon akan memberlakukan denda sebesar 0,5% bagi nasabah yang ingin menutup rekening kurang dari 2 tahun. Namun khusus bagi nasabah yang mengambil jangka waktu tabungan 1 tahun maka akan dikenakan penalti jika penutupan rekening dilakukan kurang dari 1 tahun.

5. Bank CIMB Niaga

Dan yang terakhir bank yang cocok untuk menabung jangka panjang adalah CIMB Niaga. Dimana untuk produk tabungan bank milik CIMB Niaga adalah Tabungan Mapan. Tabungan jangka panjang Mapan memiliki pilihan tenor yang bervariasi mulai dari 5 bulan hingga 20 tahun. Akan tetapi untuk tabungan dengan jangka waktu kurang dari 2 tahun tidak akan mendapatkan perlindungan asuransi.

Sementara itu CIMB Niaga telah mengenakan biaya administrasi sebesar Rp 5000 per bulan untuk setiap produknya dan akan dikenakan mulai bulan ke 3 semenjak pembukaan rekening. Tidak hanya itu saja, tabungan Mapan juga menerapkan biaya tunggakan sebesar Rp 2.500 setiap kali tunggakan.

Kesimpulan

Dari informasi diatas dapat disimpulkan jika ada beberapa bank yang cocok untuk menabung jangka panjang diantaranya Bank BRI, BNI, Mandiri, Danamon dan CIMB Niaga. Dengan adanya bank-bank tersebut tentu kita bisa menabung jangka panjang dengan lebih aman dan nyaman.

Demikian informasi yang dapat investasiin sampaikan, semoga artikel diatas bisa memberikan referensi bagi kalian yang ingin membuta tabungan jangka panjang di bank-bank yang telah kami sebutkan diatas.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Basyar

Mengerti soal dunia investasi menjadikan seseorang punya pandangan di masa depan dan masa tuanya.