KUR Pegadaian 50 Juta Tanpa Agunan, Syarat dan Pengajuan

Indra Herlambang

KUR Pegadaian 50 Juta Tanpa Agunan, Syarat dan Pengajuan

KUR Pegadaian 50 Juta – Kredit Usaha Rakyat atau dikenal juga dengan KUR menjadi salah satu produk pinjaman yang banyak diminati oleh banyak orang. Bukan hanya perbankan saja yang memiliki produk pinjaman ini, namun perusahaan pembiayaan seperti Pegadaian juga memilikinya.

Salah satu faktor mengapa KUR lebih banyak diminati adalah karena plafon pinjaman bisa mencapai 50 juta serta syarat pengajuan terbilang mudah. Bahkan untuk KUR BRI sendiri, disini calon debitur tidak memerlukan jaminan untuk bisa mendapatkan produk pinjaman satu ini.

Selain BRI, Pegadaian juga memberikan limit pinjaman KUR sampai dengan 50 juta tanpa agunan/jaminan. Nah disini kami akan bahas secara lengkap mengenai KUR Pegadaian 50 juta, mulai dari syarat pengajuan, prosedur pengajuan dan juga tabel angsuran KUR Pegadaian 50 juta.

Jika kalian berminat untuk mengajukan KUR Pegadaian, kalian dapat mengajukannya dengan mudah. Karena Pegadaian saat ini sudah tersebar di banyak kota-kota di seluruh Indonesia. Nah penasaran seperti apa ulasan lengkapnya, mari simak berikut ini.

KUR Pegadaian 50 Juta

KUR Pegadaian 50 Juta

Penting diketahui bahwasanya Pegadaian memiliki produk pinjaman diperuntukkan bagi para pelaku UMKM. Dengan adanya produk pinjaman berupa KUR, tentunya ini akan sangat membantu para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usahanya.

Keterbatasan modal memang menjadi penghambat berkembangnya sebuah usaha. Namun saat ini kalian bisa dengan mudah memanfaatkan produk Kredit Usaha Rakyat Pegadaian untuk mendapatkan pinjaman dengan mudah hingga limit 50 juta.

Pegadaian melalui Pegadaian menerbitkan Kredit Usaha Rakyat yang bisa diajukan dengan syarat mudah tanpa agunan hingga limit 50 juta. Namun perlu diketahui juga bahwa ketentuan pemberian limit pinjaman juga akan dipertimbangkan dengan matang oleh pihak Pegadaian.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi apakah calon debitur bisa mengajukan pinjaman KUR dengan limit maksimal atau tidak. Salah satu faktor penentu disini adalah riwayat kredit. Jika riwayat kredit calon debitur apik, maka sangat besar kemungkinan pengajuan KUR 50 juta bisa disetujui.

Sebaliknya, jika riwayat kredit buruk, maka pihak Pegadaian hanya akan memberikan limit pinjaman yang dirasa sesuai dengan kemampuan mengembalikan calon debitur tersebut. Atau bahkan pengajuan bisa saja ditolak atau tidak disetujui dengan banyak pertimbangan yang didapat oleh pihak Pegadaian.

Berbicara sedikit mengenai bunga, suku bunga KUR Pegadaian ini tentunya lebih rendah dibandingkan dengan KUR perbankan, seperti Mandiri, BRI atau lainnya. Dimana untuk KUR Pegadaian sendiri memiliki bunga setara 3% efektif per tahun, atau hanya 0,3% per bulan.

Melihat besaran bunga dipatok, tentunya ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi kalian yang ingin mengajukan KUR. Kami rasa, banyak orang lebih condong untuk mengajukan KUR di Pegadaian. Hanya saja untuk pengajuan awal, kemungkinan dana cair cukup minim, antara kisaran Rp 5 juta – Rp 10 juta saja.

Untuk mendapatkan limit pinjaman KUR hingga 50 juta, pastinya ada syarat ketentuan lain yang wajib dipenuhi. Informasi ini masih belum kami dapatkan, jadi kami sarankan kepada kalian untuk menanyakan langsung ke pihak terkait agar mendapatkan kejelasan.

Syarat Pengajuan KUR Pegadaian 50 Juta

Syarat Pengajuan KUR Pegadaian 50 Juta

Setelah mengetahui informasi diatas sekilas mengenai KUR Pegadaian 50 juta, berikutnya kita akan bahas juga mengenai syarat pengajuan pinjaman. Untuk syarat pengajuan pinjaman KUR Pegadaian terbilang sangat mudah, tidak beda jauh dengan pengajuan KUR BRI.

Ada 2 syarat yang wajib diperhatikan, pertama ada syarat umum dan kedua ada syarat dokumen. Informasi lebih jelasnya bisa kalian simak di bawah ini.

Syarat Umum

  • Wajib memiliki usaha UMKM
  • Memiliki KTP Elektronik
  • Berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah
  • Usia maksimal 65 tahun pada saat jatuh tempo akad
  • Memiliki pendapatan rutin harian, mingguan atau bulanan
  • Memiliki rumah tinggal tetap
  • Tidak sedang menikmati fasilitas pembiayaan Program Pemerintah dan/atau pembiayaan produktif dari lembaga lain

Syarat Dokumen

  • FC KTP Elektronik
  • FC Kartu Keluarga (KK)
  • FC Surat Nikah bagi calon nasabah yang telah menikah
  • Surat Keterangan Domisili apabila alamat tinggal saat ini berbeda dengan di KTP
  • FC Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Keterangan Izin Usaha (SKU) dan SIUP
  • FC Rekening Listrik/Air/Telepon
  • Dokumen lain jika diperlukan

Cara Pengajuan KUR Pegadaian 50 Juta

Cara Pengajuan KUR Pegadaian 50 Juta

Untuk informasi berikutnya mari kita bahas juga mengenai prosedur pengajuan KUR Pegadaian. Pengajuan dapat dilakukan dengan mudah dengan mendatangi langsung kantor cabang Pegadaian setempat.

Ya, KUR bisa diajukan di semua kantor Pegadaian cabang di beberapa kota yang ada. Disini kalian hanya perlu membawa semua syarat dokumen yang kami sebutkan diatas tadi. Sesampainya di lokasi, silahkan sampaikan maksud dan tujuan yaitu untuk pengajuan KUR.

Disini petugas biasanya akan menjelaskan lebih dulu terkait produk KUR Pegadaian tersebut. Jika dirasa sudah paham, maka kalian akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pembiayaan KUR. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar kemudian berikan kepada petugas.

Jangan lupa juga sertakan syarat dokumen yang diperlukan. Setelah itu, petugas akan melakukan verifikasi data di syarat dokumen serta formulir pengajuan KUR tersebut. Nantinya akan ada proses survey yang dilakukan oleh pihak Pegadaian.

Proses survey juga kemungkinan memiliki SOP yang tidak berbeda jauh dengan survey dari pihak bank konvensional maupun syariah pada umumnya. Setelah melalui semua proses dan pengajuan disetujui, maka kalian akan diminta datang ke kantor guna menyelesaikan proses administrasi dan pencairan pinjaman KUR.

Suku Bunga & Tenor Angsuran

Suku Bunga Tenor Angsuran

Sebagai informasi tambahan, disini kami akan sampaikan mengenai suku bunga serta tenor angsuran. Diatas sebenarnya sudah kami singgung terkait suku bunga, dimana Kredit Usaha Rakyat Pegadaian 50 juta ini memiliki bunga lebih rendah dibandingkan dengan KUR Perbankan, yakni hanya 3% efektif per tahun.

Nantinya calon debitur juga bisa memiliki tenor angsuran mulai dari 12 bulan sampai dengan 36 bulan. Pilih tenor angsuran sesuai dengan kemampuan agar nantinya tidak terbebani sehingga menimbulkan risiko kredit macet yang dapat merugikan kedua belah pihak.

Sedikit informasi mengenai limit pinjaman KUR Pegadaian, untuk KUR Pegadaian sebenarnya memiliki limit pinjaman hingga Rp 10 juta saja. Namun seiring banyaknya minat pelaku UMKM yang mengajukan kredit di Pegadaian, akhirnya pihak Pegadaian menaikkan limit tersebut hingga maksimal 50 juta.

Kemungkinan besar, calon debitur juga wajib menyertakan dokumen sebagai agunan/jaminan agar bisa mengajukan pinjaman dengan limit 50 juta tersebut. Hal ini memang belum disampaikan langsung oleh pihak Pegadaian, namun kemungkinan besar dokumen jaminan diperlukan apabila pengajuan KUR dengan limit 50 juta.

Tabel Angsuran KUR Pegadaian 50 Juta

Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini dapat kalian simak informasi lengkap mengenai tabel angsuran KUR Pegadaian 50 juta dengan tenor mulai dari 12, 24 dan 36 bulan.

1. Simulasi Angsuran KUR Pegadaian 50 Juta Tenor 12 Bulan

Simulasi Angsuran KUR Pegadaian 50 Juta Tenor 12 Bulan

2. Simulasi Angsuran KUR Pegadaian 50 Juta Tenor 24 Bulan

Simulasi Angsuran KUR Pegadaian 50 Juta Tenor 24 Bulan

3. Simulasi Angsuran KUR Pegadaian 50 Juta Tenor 36 Bulan

Simulasi Angsuran KUR Pegadaian 50 Juta Tenor 36 Bulan

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini dapat kami simpulkan bahwa saat ini masyarakat bisa mengajukan pinjaman produk KUR Pegadaian 50 juta. Dengan limit pinjaman besar, Pegadaian juga menyediakan tenor mulai dari 12 bulan sampai dengan 36 bulan yang bisa dipilih sesuai kemampuan mengembalikan.

Keunggulan dimiliki oleh produk KUR Pegadaian adalah suku bunga yang relatif ringan, hanya setara 3% efektif per tahun atau 0,3% per bulan. Ini menjadi faktor mengapa KUR Pegadaian banyak dipilih walaupun untuk limit pengajuan awal hanya 10 juta saja.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tinggalkan komentar