Investasi Asing Langsung Adalah, Pengertian, Jenis dan Contoh

Ajiz Kurniawan

Investasi Asing Langsung Adalah

Investasi Asing Langsung Adalah – Pada suatu perusahaan atau proyek, biasanya terdapat banyak sekali istilah yang wajib diketahui, salah satunya yaitu investasi asing langsung. Adanya istilah ini tentunya belum banyak diketahui oleh masyarakat umum sebagai pengusaha maupun sebagai karyawan sekalipun.

Selain belum mengetahui pengertiannya adalah apa, banyak juga orang yang ingin mengetahui bagaimana cara kerja hingga apa saja jenis dan contohnya. Namun sebenarnya investasi asing langsung adalah apa? Apakah di Indonesia ada contohnya?

Investasi asing langsung adalah elemen kunci dalam integrasi ekonomi internasional. Pasalnya investasi asing ini menjadi salah satu bukti adanya hubungan antar perekonomian yang stabil serta bertahan lama.

Nah pada artikel kali ini, Investasiin.com akan menyajikan rangkuman lengkap terkait investasi asing langsung adalah apa, seperti apa cara kerja dan apa saja contohnya di Indonesia. Untuk mengetahui pengertiannya adalah apa, silahkan simak terus ulasannya berikut ini.

Investasi Asing Langsung Adalah

Investasi Asing Langsung atau Foreign Direct Investment (FDI) adalah kepemilikan saham pada sebuah perusahaan maupun proyek asing yang dilakukan oleh investor, perusahaan maupun pemerintah dari negara lain. Sehingga dapat diartikan bahwa investasi langsung adalah bentuk dukungan jangka panjang oleh negara lain dalam bidang manajemen, transfer teknologi, konsultasi pakar dan berbagai hal lainnya.

Secara sederhana, investasi asing langsung adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan keputusan bisnis dalam mengakuisisi saham besar di bisnis asing. Selain itu investasi langsung juga dapat dikatakan ketika adanya pembelian bisnis secara langsung yang bertujuan untuk memperluas wilayah operasi atau wilayah baru.

Untuk memudahkan kalian dapat memahami pengertian investasi asing langsung adalah apa, silahkan simak beberapa point penting berikut ini:

  • Penanaman modal asing langsung adalah penanaman modal dengan jumlah besar dan memiliki jangka waktu lama di perusahaan atau pemerintah.
  • Para penanam modal asing langsung biasanya akan mengambil posisi pengendali di perusahaan secara aktif agar terlibat dalam pengelolaannya.
  • Investasi asing langsung sangat mungkin melibatkan perolehan sumber daya bahan baku, perluasan jejak perusahaan maupun pengembangan perusahaan multinasional.

Nah setelah ketahui pengertiannya adalah apa, sekarang seperti apa cara kerja penanaman modal asing langsung? Silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Cara Kerja Penanaman Modal Asing Langsung

Foreign Direct Investment adalah salah satu kategori penanaman modal lintas negara, dimana investor yang memiliki domisili di suatu perekonomian memiliki kepentingan jangka panjang dan memiliki pengaruh signifikan pada suatu perusahaan yang berada di domisili perekonomian lain.

Konsep investasi asing langsung merupakan arus modal internasional, dimana perusahaan dari suatu negara lain bisa mendirikan, maupun memperluas wilayah operasional pasar. Dalam hal ini tidak hanya ada pemindahan sumber daya, namun bisa juga adanya pemberlakuan kontrol dari perusahaan di luar negeri.

Ketika sudah memiliki setidaknya 10% atau lebih hak suara pada suatu perusahaan, maka investor di perekonomian menjadi bukti adanya hubungan tersebut. Biasanya perusahaan atau pemerintah akan mempertimbangkan investasi asing langsung yang menawarkan tenaga terampil dengan prospek pertumbuhan di atas rata-rata.

Untuk lebih mudah memahami cara kerja penanaman modal asing langsung, berikut ini sudah kami sajikan rinciannya:

  • Membangun total maupun membeli saham perusahaan dengan modal penuh dari investor asing.
  • Mengakuisisi saham kepemilikan perusahaan yang sudah berdiri sebelumnya di negara lain.
  • Membentuk usaha patungan (joint venture) antara investor asing dengan perusahaan dalam negeri.
  • Membentuk anak usaha baru di negara tujuan untuk menjalankan atau memperluas kegiatan bisnis.
  • Menggabungkan 2 atau lebih perusahaan untuk membentuk perusahaan baru (Merger).

Nah setelah ketahui seperti apa cara kerjanya, sekarang apa saja jenis penanaman modal asing langsung? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Jenis Investasi Asing Langsung

Sesuai informasi yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber, bahwa ada 2 jenis penanaman modal asing langsung. Kedua jenis tersebut yaitu investasi asing langsung horizontal dan vertikal. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis penanaman modal asing langsung:

  • Penanaman modal asing langsung horizontal adalah suatu perusahaan yang mendirikan jenis operasi bisnis yang sama di negara lain dengan operasi di negara asalnya.
  • Penanaman modal asing langsung vertikal adalah suatu bisnis untuk memperoleh bisnis pelengkap di negara lain.

Untuk bisa mengetahui seperti apa contoh dari masing-masing jenis investasi langsung tersebut, berikut kami sudah siapkan rangkuman lengkapnya.

Contoh Investasi Asing Langsung di Indonesia

Seperti sudah disebutkan di awal, investasi Asing langsung meliputi berbagai investasi ke dalam aset-aset nyata, diantaranya seperti pembangunan pabrik, pengadaan berbagai macam barang modal, pembelian tanah dan lainnya. Berikut adalah beberapa contoh penanaman modal asing langsung di Indonesia:

  • Investasi pabrik pembuatan mobil Hyundai yang berlokasi di Cikarang. Hyundai Motor Company (HMC) Korea berkomitmen untuk melakukan investasi di Indonesia dalam bentuk pembangunan pabrik pembuatan mobil listrik, pabrik transmisi serta pusat penelitian dan pengembangan (Litbang).
  • Proyek PLTG Celukan Bawang Bali merupakan investasi langsung dari Shanghai Electric Group Corp. Proyek PLTG tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kebutuhan bidang elektrik yang terus meningkat.
  • Pegatron Corporation membuka pemasok pabrik komponen Apple di Batam Riau.
  • Pabrikan Amerika atau beberapa negara lain yang mengakuisisi saham perusahaan di Indonesia yang merupakan pemasok kebutuhan perusahaan mereka.

Selain beberapa contoh di atas, tentunya masih banyak sekali contoh penanaman modal asing langsung di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan FDI

Nah setelah mengetahui beberapa contoh di atas, berikut ini juga akan kami sajikan apa saja manfaat maupun kelemahan dari adanya penanaman modal asing langsung. Kelebihan dan kekurangan investasi asing langsung diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan

Ada beberapa manfaat dari adanya penanaman modal asing langsung di Indonesia. Berikut adalah kelebihan adanya Foreign Direct Investment (FDI) di Indonesia:

  • Bermanfaat untuk masuknya modal baru dalam membiayai berbagai sektor bisnis yang sedang kekurangan dana.
  • Bermanfaat untuk menciptakan lapangan kerja baru agar mengurangi angka pengangguran.
  • Bermanfaat untuk melakukan transfer teknologi dari negara lain agar dikembangkan di Indonesia.
  • Bermanfaat untuk membuka peluang kerja sama dengan pelaku UMKM dan lainnya, dalam hal ini contohnya kegiatan ekspor.
  • Bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan negara lewat pungutan pajak.
  • Bermanfaat untuk memperkuat hubungan ekonomi yang lebih stabil.

Kekurangan

Selain memiliki beberapa kelebihan, penanaman modal asing langsung juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah kelemahan adanya penanaman modal asing langsung di Indonesia:

  • Penanaman modal asing akan melibatkan regulasi dan pengawasan dari berbagai pemerintahan.
  • Dapat menimbulkan tingkat risiko politik yang lebih tinggi.

Walaupun memiliki beberapa kelemahan di atas, namun secara keseluruhan investasi asing memiliki dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa investasi asing langsung adalah kepemilikan saham di suatu perusahaan atau proyek asing yang dilakukan oleh investor, perusahaan maupun pemerintah dari negara lain. Cara kerja penanaman modal asing adalah seperti pembuatan pabrik-pabrik, akuisisi saham maupun pembelian perusahaan secara total yang dibiayai langsung oleh investor asing.

Beberapa contoh penanaman modal asing langsung di Indonesia yaitu seperti Hyundai Motor Company (Korea) yang mendirikan pabrik pembuatan mobil di wilayah Cikarang, Proyek PLTG Celukan Bawang Bali yang memiliki investor dari Shanghai Electric Group Corp. Selain itu, adanya banyak sekali kegiatan penanaman modal asing langsung yang tentunya bisa berdampak positif maupun negatif bagi Indonesia.

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tinggalkan komentar