Menabung 5 Ribu Setahun Dapat Berapa? Cek Disini Hasilnya!

Basyar

MENABUNG 5 RIBU SETAHUN DAPAT BERAPA

Menabung 5 Ribu Setahun Dapat Berapa – Berbicara soal menabung memang cukup sulit apabila tidak dilakukan secara sungguh-sungguh dan tanpa tujuan yang tepat. Malah ada juga yang beranggapan jika menabung hanya bisa dilakukan oleh sekelompok orang dengan tingkat penghasilan tinggi.

Secara umum menabung memang dapat dilakukan oleh siapa saja baik orang kaya atau pun tidak. Hal tersebut tergantung pada kepribadian orang tersebut, apakah dapat menerapkan hidup hemat atau tidak. Dan untuk menabung sebaiknya dimulai dari jumlah nominal yang kecil seperti 5 ribu atau bisa juga 10 ribu rupiah.

Jika kita ada pertanyaan menabung 5 ribu setahun dapat berapa itu tergantung pada berapa rutinkah kita dalam menabung. Apabila kita konsisten dan rutin dalam menabung setiap hari bukan tidak mungkin selama setahun tabungan akan banyak dan target pun akan cepat tercapai.

Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang tidak konsisten dalam menabung. Meski hanya menabung 5 ribu setiap hari jika di kalian selam setahun tentu hasilkan akan lebih banyak. Nah, jika kalian penasaran pada hasilnya, berikut informasi terkait dengan menabung 5 ribu setahun dapat berapa?

Menabung 5 Ribu Setahun Dapat Berapa?

menabung 5 ribu

Meski terbilang kecil, namun menabung 5 ribu tiap hari dalam kurun waktu satu tahun hasilnya akan terasa lebih banyak dibandingkan jika tidak menabung sama sekali. Hal yang sama juga dapat dipraktekan dengan menabung 10 ribu selama setahun. Meski memakan waktu lama namun hasilnya tidak akan sia-sia. Dan jika dilakukan secara rutin setiap hari tentu hasilnya akan menjadi lebih maksimal.

Sementara itu, jika kalian ingin mengetahui berapa jumlah total tabungan yang dihasilkan selama setahun, kalian bisa menghitungnya dengan beberapa cara yang akan kami sampaikan dibawah ini. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita simak bersama-sama cara menghitung hasil total menabung 5 ribu setahun dapat berapa.

1. Menghitung Langsung Setahun

Agar dapat mengetahui berapa total tabungan selama setahun kalian dapat menghitungnya langsung setahun dengan cara mengalikan jumlah hari dalam setahun dengan berapa nominal tabungan setiap harinya. Misalnya saja setahun ada 365 hari dan kalian ingin menabung sehari Rp 5 ribu. Maka untuk perhitungannya adalah:

Total Hasil Tabungan = Jumlah Hari Dalam Setahun x Nominal Tabungan Tiap Hari

Total Hasil Tabungan = 365 hari x Rp 5.000

Total Hasil Tabungan Selama Setahun = Rp 1.825.000.

Namun perlu kalian ingat! untuk bisa menabung dengan hasil yang maksimal, tentu harus dilakukan secara sungguh-sungguh serta tujuan menabung yang jelas. Sehingga proses menabung selama setahun tidaklah sia-sia. Meski terasa berat dan sulit, jika sudah menjadi kebiasaan setiap hari menyisihkan uang 5 ribu rupiah untuk di tabung maka akan cukup mudah dan hasilnya pun akan lebih maksimal lagi.

2. Menghitung Per Bulan

Selanjutnya kalian juga bisa menghitung berapa total hasil menabung 5 ribu selama satu tahun dengan cara per bulan. Dengan cara ini tentu akan lebih tepat dan lebih jelas, karena kalian hanya perlu mengalikan jumlah hari dalam satu bulan.

Sebagai contoh jika satu bulan ada 30 hari dan kalian ingin menabung dengan jumlah nominal 5 ribu setiap hari maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Total Hasil Tabungan Setiap Bulan = Jumlah Hari Dalam Satu Bulan x Nominal Tabungan Tiap hari

Total Hasil Tabungan Setiap Bulan = 30 hari x Rp 5.000

Total Hasil Tabungan Setiap Bulan = Rp 150.000

Jadi untuk total hasil tabungan selama satu bulan adalah Rp 150.000

Namun untuk jumlah hari dalam satu bulan itu berbeda-beda mulai dari 28, 29, 30 dan 31 hari. Maka setiap bulan tentu akan terjadi perbedaan hasil total tabungan. Namun, jika kita menabung setiap hari 5 ribu rupiah maka dalam waktu satu bulan rata-rata kalian bisa menghasilkan tabungan bulanan mulai dari Rp 140.000 hingga Rp 150.000.

Setelah hasil tabungan setiap bulan sudah terkumpul untuk menghitung selama setahun nantinya kalian dapat menjumlahkan hasil tabungan tersebut dengan jumlah bulan selama setahun yakni 12 bulan. Dan jika kalian konsisten dan rutin dalam menabung maka hasil total menabung 5 ribu setahun dapat berapa adalah Rp 1.825.000.

3. Menghitung Per Hari

Selanjutnya untuk menghitung berapa hasil total menabung 5 ribu selama satu tahun dapat menghitungnya per hari. Meski terlihat ribet karena harus menghitung tiap hari, namun cara ini sangatlah efektif untuk mengetahui berapa konsistennya kalian dalam menabung. Selain itu, dapat pula mengontrol keuangan agar bisa lebih hemat lagi.

Untuk menghitung berapa total tabungan yang dihasilkan selama setahun, caranya sama dengan menghitung langsung setahun. Yakni nominal tabungan tiap hari dikalian dengan jumlah hari dalam satu tahun. Maka tentu saja hasil tabungan selama setahun pun akan sama yakni Rp 1.825.000 setahun.

Cara Menabung 5 Ribu Setahun

Cara menabung 5 ribu setahun memang sangat sulit dilakukan, apabila tidak ada niatan. Pasalnya kebanyakan orang lebih tergoda dengan perilaku konsumtif yang membuatnya tidak bisa menabung meski pun dengan jumlah nominal 5 ribu rupiah. Maka dari itu mulailah menabung meski hanya dengan nominal kecil namun konsisten dan rutin setiap hari.

Jika hal semacam ini sudah menjadi kebiasaan maka akan lebih mudah dalam menabung. Selain itu, ada beberapa cara yang memang perlu kalian perhatian guna mendukung proses menabung kalian, dan berikut adalah cara menabung 5 ribu dalam satu tahun.

1. Buat Anggaran Belanja

Membuat anggaran belanja menjadi sebuah hal penting untuk mengelola keuangan. Dimana kalian dapat memantau pemasukan serta pengeluaran belanja, sehingga dapat menabung meskipun hanya 5 ribu per hari.

2. Buat Rencana Tabungan

Agar menabung 5 ribu setahun dapat berapa bisa konsisten, kalian tentu harus membuat rencana tabungan dan apa tujuan dari menabung tersebut. Dengan adanya rencana tabungan tentu saja proses menabung akan lebih terorganisir.

3. Buat Jurnal Keuangan

Selanjutnya buar jurnal keuangan, dimana dengan adanya jurnal keuangan kalian bisa membandingkan pengeluaran dan pemasukan setiap hari. Hal ini tentu juga akan mempermudah kalian dalam proses menabung.

Kesimpulan

Itulah informasi terkait dengan menabung 5 ribu setahun dapat berapa yang dapat investasiin sampaikan. Dengan mengetahui berapa jumlah total dalam menabung 5 ribu dalam satu tahun tentu saja akan membangkitkan rasa semangat kalian dalam menabung. Demikian ulasan dari kami semoga bermanfaat.

Sumber Gamber:

  • Team Investasiin
  • berita.99.co

Bagikan:

Basyar

Mengerti soal dunia investasi menjadikan seseorang punya pandangan di masa depan dan masa tuanya.