Menabung 10 Ribu Setahun Dapat Berapa? Cek Disini!

Basyar

MENABUNG 10 RIBU SETAHUN DAPAT BERAPA

Menabung 10 Ribu Setahun Dapat Berapa – Pada dasarnya menabung memang harus dilakukan sejak dini. Pasalnya dengan menabung akan memiliki manfaat yang begitu besar bagi masa depan kita semua. Akan tetapi untuk sebagian orang menabung memang menjadi salah satu hal yang cukup sulit untuk dilakukan.

Apalagi banyak orang yang berfikir jika menabung hanya dapat dilakukan ketika sudah memiliki penghasilan besar. Untuk bisa menabung, kita cukup mulai dari nominal kecil seperti menabung uang jajan 5000 atau bisa juga menabung 10 ribu setiap hari. Jika dihitung menabung 10 ribu setahun dapat berapa?

Jika kita konsisten dalam menabung dan mampu menyisihkan uang 10 ribu tiap hari untuk di tabung, maka hasilnya pun akan sangat pencengangkan. Dan kita juga tidak perlu memiliki penghasilan besar agar dapat menabung. Nah, dengan menabung 10 ribu setahun dapat berapa, tentu saja kita bisa menghitungnya saat tabungan sudah terkumpul.

Pasalnya untuk hasil tabungan selama setahun setiap orang pasti berbeda-beda, terkecuali memang kita menabung rutin setiap hari dengan nominal 10 ribu. Bagi kalian yang masih penasaran dengan menabung 10 ribu dapat berapa, kalian bisa simak informasi berikut ini.

Menabung 10 Ribu Setahun Dapat Berapa?

nabung 10 ribu

Meski banyak pemula yang masih bisa bingung dengan total tabungan yang didapatkan selama menyisihkan uang sebesar 10 ribu tiap hari dalam setahun. Tapi beberapa orang mencoba menghitung hasil tabungan tersebut dengan beberapa cara berikut ini.

1. Menghitung Langsung Setahun

Supaya bisa mengetahui hasil total menabung 10 ribu setahun dapat berapa, kalian bisa menggunakan cara ini, yakni menghitung langsung setahun. Dimana kalian dapat menghitung total tabungan berdasarkan jumlah hari dalam setahun. Ya, kalian hanya perlu mengalikan jumlah tabungan perhari yakni 365 hari x 10.000 maka hasil yang akan didapatkan adalah sebesar Rp 3.650.000.

2. Menghitung Bulanan

Cara menghitung kedua dalam rangka menabung 10 ribu setahun dapat berapa adalah dengan menghitung bulanan. Sama seperti menghitung langsung selama satu tahun, dimana untuk menghitung bulanan kamu hanya perlu mengalikan jumlah tabungan per hari dengan jumlah hari selama satu bulan misalnya saja satu bulan ada 30 hari maka, perhitunganya adalah 30 hari x 10.000 maka jumlah yang didapatkan selama menabung satu bulan adalah Rp 300.000.

Namun, perlu diketahui jika setiap bulan memiliki jumlah hari yang berbeda-beda yakni ada yang 28,29, 30 dan 31 hari jadi tidak setiap bulan tabungan bisa mendapatkan hasil Rp 300.000 tiap bulannya. Namun jika di rata-rata setiap bulan bisa menabung dengan hasil mulai dari Rp 280.000 hingga Rp 310.000.

3. Menghitung Tabungan Harian

Selanjutnya kalian juga dapat membuat tabel tabungan harian. Meski terkesan lebih ribet, namun dengan adanya tabel ini kalian bisa mengetahui secara pasti berapa hasil tabungan selama setahun jika menabung dengan jumlah nominal Rp 10.000 tiap harinya. Tidak hanya itu, saja dengan tabel tersebut juga bisa menjadi patokan berapa rutinkah kalian dalam menabung selama setahun.

Agar dapat menjaga tetap konsisten dalam menabung, maka ada baiknya dibuat catatan tabungan harian menggunakan trik sinking fund. Dengan trik ini tentu hasil tabungan selama setahun akan lebih maksimal serta sukses dalam mengumpulkan uang selama satu tahun.

Cara Menabung 10 Ribu Setahun

Setelah mengetahui cara menghitung total dari hasil menabung 10 ribu setahun dapat berapa, kini saatnya kalian mencari tahu bagaimana cara menabung 10 ribu dalam setahun agar hasil bisa maksimal. Supaya lebih jelas, mari simak bersama-sama cara menabung 10 ribu setahun.

1. Membuat Rencana Menabung

Salah satu cara menabung 10 ribu dalam satu tahun adalah membuat rencana menabung. Dimana rencana menabung ini sangatlah penting agar kalian bisa menabung secara teratur dan terorgarganisir. Dengan begitu, kalian dapat menentukan berapa target jumlah uang yang ingin dikumpulkan, lama waktu menabung, hingga besaran bunga yang diharapkan.

2. Membuat Anggaran Belanja

Selanjutnya membuat anggaran belanja juga tidak kalah pentingnya, agar kalian dapat mengontrol keuangan. Dengan membuat anggaran belanja, kalian juga dapat menentukan berapa jumlah pengeluaran bulanan dengan lebih hemat serta sesuai dengan kebutuhan. Membuat anggaran belanja juga akan mempermudah kalian dalam menabung setiap bulannya.

3. Memilih Produk Tabungan

Jika tidak bisa menabung secara mandiri dirumah, kalian dapat menabung di kantor bank atau pun sejenisnya. Namun kami sarankan untuk memilih produk tabungan yang sesuai kebutuhan. Selanjutnya kalian bisa perhatikan berapa besaran bunga, biaya admin serta persyaratan yang dibutuhkan. Dengan ini maka kalian akan lebih mudah dalam mencapai target tabungan.

4. Membuat Jurnal Keuangan

Berikutnya buatlah jurnal keuangan untuk memantau berapa besar pengeluaran dan pemasukan keuangan setiap bulannya. Selanjutnya catat pengeluaran dan pemasukan setiap hari agar bida melihat kemana saja uang tersebut digunakan. Dengan ini, kalian tentu bisa mengetahui mana yang harus dihemat dan harus diperbaiki.

Kesimpulan

Menabung 10 ribu dalam satu tahun memang tidaklah besar, akan tetapi jika dilakukan secara konsisten maka dapat membantu membangun tabungan yang siginifikan. Sementara itu, jumlah uang yang terkumpul tentunya tergantung dari beberapa faktor seperti lama waktu menabung, besaran bunga dan metode tabungan yang dipilih.

Maka dari itu, kami sarankan untuk kalian agar memilih tabungan sesuai kebutuhan serta perhatikan pula berapa besaran bunga, biaya administrasi serta persyaratanya. Selain itu, buat juga rencana tabungan serta anggaran belanja untuk mengontrol keuangan. Demikian informasi terkait dengan menabung 10 ribu setahun dapat berapa yang dapat investasiin sampaikan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi kalian ketika mulai menabung.

Sumber Gambar:

  • Team Investasiin
  • bareksa.com

Bagikan:

Ads - After Post Image

Basyar

Mengerti soal dunia investasi menjadikan seseorang punya pandangan di masa depan dan masa tuanya.