9 Cara Transfer Uang Lewat Alfamart 2024: Syarat & Biaya

Ajiz Kurniawan

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart – Kebutuhan transfer uang kepada orang lain bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile Banking, mesin ATM, layanan Internet dan SMS Banking maupun lewat kantor cabang terdekat. Selain itu, kalian juga bisa kirim uang ke orang lain secara offline, misalnya melalui toko Alfamart, Indomaret atau Merchant lainnya yang menyediakan layanan kirim uang.

Melalui gerai Alfamart kalian bisa mengirim uang tanpa perlu memiliki nomor rekening. Namun bagaimana cara transfer uang lewat Alfamart? Apa saja syarat dan berapa biaya kirim uang lewat Alfamart?

Ada beberapa syarat yang perlu kalian ketahui ketika akan mengirim uang melalui gerai Alfamart. Cara transfer uang lewat Alfamart bisa kalian dapatkan informasinya lewat artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa ketahui syarat, besaran biaya admin ketika mengirim uang ke orang lain lewat gerai Alfamart.

Nah pada artikel kali ini, Investasiin.com akan menyajikan ulasan tentang cara transfer uang lewat Alfamart tanpa nomor rekening. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak terlebih dahulu mengenai syarat dan biaya admin kirim uang lewat Alfamart berikut ini.

Apakah Bisa Kirim Uang Lewat Alfamart?

Perlu kalian ketahui, bahwa sekarang ini gerai Alfamart sudah menyediakan layanan kirim uang ke rekening bank seperti BCA, BRI, BNI dan beberapa bank lainnya. Baik dengan memanfaatkan layanan di gerai Alfamart maupun dengan memanfaatkan aplikasi TrueMoney.

Pada layanan kirim uang di Alfamart, kalian juga bisa manfaatkan untuk kirim uang tanpa perlu memiliki nomor rekening. Selain itu, gerai Alfamart juga dapat dimanfaatkan untuk penarikan uang tunai.

Syarat Transfer Uang Via Alfamart

Beberapa syarat mengirim uang lewat Alfamart diantaranya seperti dokumen identitas, nomor telepon, uang tunai dan beberapa syarat lainnya. Penjelasan tentang syarat transfer uang lewat Alfamart adalah sebagai berikut:

1. Dokumen Identitas

Syarat transfer dana lewat Alfamart pertama yaitu mengenai dokumen identitas pengirim. Dimana dokumen identitas tersebut misalnya seperti E-KTP, SIM atau tanda pengenal lainnya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Apabila kalian sebagai Warga Negara Asing (WNA) bisa menyiapkan dokumen identitas seperti Paspor.

2. Nomor HP Aktif

Syarat transfer uang lewat Alfamart kedua yakni tentang nomor telepon aktif. Dimana pengirim uang lewat Alfamart wajib memberikan nomor HP yang aktif. Selain itu, perlu juga kalian berikan nomor HP penerima uang yang masih aktif. Nomor HP ini akan digunakan sebagai kontak informasi jika terjadi gangguan ketika proses transfer uang.

3. Uang Tunai

Syarat kirim uang lewat Alfamart selanjutnya yaitu mengenai uang tunai. Selain menyiapkan uang tunai, kalian juga siapkan uang dalam bentuk saldo DANA maupun saldo TrueMoney. Pastikan kalian sudah menyiapkan sejumlah uang yang akan dikirim lewat Alfamart beserta biaya admin nya. Untuk ketahui besaran biaya admin kirim uang lewat Alfamart, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart

Berbicara mengenai biaya mengirim uang lewat Alfamart, kalian akan dikenakan biaya admin mulai dari Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000. Biaya tersebut tentunya akan disesuaikan dengan jumlah transfer maupun disesuaikan dengan jenis transfer seperti ke sesama maupun antar bank. Dimana jika transfer antar bank akan memiliki biaya transfer yang lebih mahal dibanding dengan transfer ke sesama.

Nah setelah ketahui besaran biaya kirim uang lewat Alfamart, sekarang bagaimana cara mengirim uang lewat Alfamart? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Transfer Uang Lewat Alfamart

Cara Kirim Uang Lewat Alfamart Tanpa Rekening

Cara kirim uang lewat Alfamart yaitu dengan kunjungi gerai Alfamart terdekat, lalu beritahu ke kasir untuk melakukan kirim uang. Setelah itu berikan dokumen persyaratan dan sejumlah uang yang akan ditransfer, kemudian dapatkan kode MTCN untuk diberikan ke penerima uang. Cara mengirim uang lewat Alfamart tanpa nomor rekening adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Persyaratan Transfer Uang

Langkah pertama silahkan siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Yaitu dengan siapkan dokumen identitas seperti E-KTP, SIM, nomor HP aktif pengirim uang. Jika kalian sebagai turis di Indonesia, kalian bisa siapkan dokumen Paspor sebagai dokumen identitas pribadi.

2. Siapkan Uang yang Akan Ditransfer

Langkah kedua silahkan siapkan sejumlah uang yang akan di transfer. Kalian bisa siapkan uang tunai maupun dengan menyiapkan uang dalam bentuk saldo DANA dan saldo TrueMoney. Pastikan juga uang tersebut sudah beserta tambahan biaya admin transfer.

3. Kunjungi Gerai Alfamart Terdekat

Setelah menyiapkan persyaratan dan uang yang akan dikirim, silahkan datangi gerai Alfamart terdekat. Pastikan juga toko Alfamart tersebut menyediakan layanan kirim uang tanpa rekening.

4. Datangi Kasir Alfamart

Setelah berada di gerai Alfamart, silahkan datangi kasir Alfamart. Lalu silahkan beritahu kasir Alfamart bahwa kalian akan lakukan transfer uang. Sehingga nantinya kasir Alfamart akan meminta beberapa persyaratan yang dibutuhkan.

5. Berikan Semua Persyaratan

Setelah kasir Alfamart menerima permintaan kirim uang, silahkan berikan semua persyaratan yang dibutuhkan. Misalnya dengan berikan dokumen identitas seperti KTP dan nomor HP aktif. Hal ini bertujuan untuk memastikan data diri kalian sebagai pengirim uang sudah valid.

6. Berikan Sejumlah Uang

Setelah data diri di input oleh kasir Alfamart, silahkan berikan sejumlah uang yang akan dikirim beserta biaya administrasi nya. Pada tahap ini biasanya kasir Alfamart akan memberitahu total uang yang harus dibayarkan.

7. Dapatkan Kode MTCN

Selanjutnya setelah transfer uang di proses oleh kasir, silahkan dapatkan kode MTCN. Dimana kode MTCN adalah 10 digit kode penarikan yang didapatkan di kasir Alfamart/Alfamidi saat transaksi pengiriman uang.

8. Berikan Kode MTCN ke Penerima Uang

Kemudian setelah mendapatkan kode MTCN, silahkan berikan kode MTCN tersebut ke penerima uang. Sehingga nantinya kode MTCN tersebut dapat digunakan oleh penerima uang untuk melakukan penarikan di gerai Alfamart atau Alfamidi lainnya.

9. Selesai Transfer Uang Lewat Alfamart

Nah sekarang kalian sudah berhasil mengirim uang lewat Alfamart tanpa nomor rekening. Menggunakan cara ini tentunya dapat kalian manfaatkan ketika akan transfer uang namun penerima tidak memiliki nomor rekening. Selain itu, kirim uang lewat Alfamart juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim uang ke bank BRI, BCA, Mandiri, BNI dan beberapa bank lainnya.

Akhir Kata

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara transfer uang lewat Alfamart bisa kalian lakukan di gerai Alfamart terdekat dengan membawa persyaratan seperti KTP, nomor HP aktif dan uang tunai. Setelah proses kirim uang di proses kasir Alfamart, silahkan dapatkan kode MTCN. Lalu berikan kode MTCN ke penerima uang untuk proses pengambilan atau penarikan uang di gerai Alfamart lainnya.

Sekian artikel kali ini tentang cara mengirim uang lewat Alfamart, terima kasih sudah bersedia mengunjungi Investasiin.com dan semoga artikel di atas tentang cara kirim uang lewat Alfamart dapat menambah wawasan bagi kalian semuanya.

Sumber gambar:

  • Tim Investasiin.com

Bagikan:

Ads - After Post Image