5 Cara Melacak Penipuan Transfer Uang Secara Online

Ajiz Kurniawan

Cara Melacak Penipuan Transfer Uang

Cara Melacak Penipuan Transfer Uang – Menggunakan layanan perbankan, sekarang ini nasabah bisa lakukan secara online dan offline. Misalnya dengan menggunakan mesin ATM, aplikasi Mobile Banking, fasilitas Internet dan SMS Banking. Beberapa fasilitas bank tersebut tentunya akan mempermudah proses transaksi nasabah.

Selain adanya kemudahan transaksi, beberapa fasilitas tersebut tentunya sangat rentan terhadap tindak penipuan. Salah satunya yaitu adanya penipuan transfer uang yang dialami nasabah bank swasta maupun bank negeri. Namun bagaimana cara melacak penipuan transfer uang?

Perlu kalian ketahui, bahwa sekarang ini sudah banyak sekali modus penipuan transfer uang yang kerap terjadi di Indonesia. Cara melacak penipuan transfer uang bisa kalian lakukan secara online. Sehingga kalian bisa lacak secepat mungkin adanya penipuan transfer uang tersebut sebelum mengunjungi kantor cabang bank maupun pihak berwajib lainnya.

Nah pada artikel kali ini, Investasiin.com akan menyajikan ulasan tentang cara melacak penipuan transfer uang secara online maupun secara offline. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak terlebih dahulu mengenai ulasan modus penipuan transfer uang berikut ini.

Modus Penipuan Transfer Uang

Ada beberapa modus penipuan transfer uang yang sedang marak terjadi sekarang ini. Dimana biasanya para oknum atau pelaku menggunakan media online dalam melancarkan aksi kejahatannya. Modus penipuan transfer uang yang kerap terjadi diantaranya seperti:

  • Aktivitas Phishing untuk mengelabui korban penipuan transfer uang melalui link atau email yang bertujuan untuk mendapatkan informasi pribadi beserta data login perbankan.
  • Menggunakan virus Ransomware yang bertujuan untuk merusak Software atau perangkat yang digunakan korban penipuan transfer uang. Aktivitas ini bertujuan untuk mengolah dan mendapatkan data pribadi termasuk data login perbankan korban.
  • Aktivitas Skimming yang bertujuan untuk mencuri data kartu debit atau kartu kredit korban penipuan transfer uang.
  • Aktivitas Money Mule yang bertujuan untuk meminta korban penipuan melakukan transfer uang terlebih dahulu dengan iming-iming hadiah besar.
  • Aktivitas Spoofing dengan mengatasnamakan sebuah organisasi atau lembaga yang kalian kenal untuk melakukan aksi penipuan transfer uang.
  • Aktivitas Sniffing yang dilakukan dengan mengelabui korban penipuan transfer uang menggunakan media jaringan internet (Wifi) bersifat publik. Setelah perangkat korban tersambung dengan Wifi tersebut, nantinya pelaku mulai beraksi untuk meretas perangkat yang digunakan korban.

Selain beberapa modus penipuan transfer uang di atas, tentunya masih banyak lagi modus penipuan transfer uang yang perlu kalian Waspadai. Sehingga nantinya data pribadi maupun data perbankan kalian tidak di curi oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Nah setelah ketahui jenis modus penipuan transfer uang, sekarang apakah bisa lacak pelaku penipuan transfer uang? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apakah Bisa Lacak Penipu Transfer Uang?

Perlu kalian ketahui, bahwa sekarang ini Kominfo maupun Pemerintah dan pihak bank selalu berupaya untuk mencegah dan menanggulangi tindakan penipuan transfer uang. Salah satu cara yang sudah tersedia untuk melacak penipu transfer uang yaitu melalui media online. Diantaranya seperti memanfaatkan situs atau website yang dikelola oleh Kominfo, PANRB, Ombudsman dan beberapa lembaga pemerintahan lainnya.

Nah setelah ketahui beberapa ulasan di atas, sekarang apa saja syarat melacak penipu transfer uang secara online? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Syarat Lacak Penipuan Transfer Uang

Beberapa syarat melacak pelaku penipu transfer uang diantaranya seperti perangkat Smartphone atau komputer, jaringan internet maupun mengenai nomor rekening penipu. Penjelasan mengenai syarat melacak penipuan transfer uang adalah sebagai berikut:

1. Perangkat

Syarat melacak pelaku penipu transfer uang pertama yaitu tentang perangkat. Pastikan kalian sudah menyiapkan perangkat yang akan digunakan untuk melacak pelaku penipuan. Misalnya dengan gunakan perangkat Smartphone Android atau iOS maupun menggunakan perangkat komputer.

2. Jaringan Internet

Syarat lacak penipuan transfer uang kedua yakni mengenai jaringan internet. Pastikan perangkat yang kalian gunakan sudah tersambung dengan koneksi internet. Serta pastikan juga perangkat tersebut sudah terhubung dengan jaringan yang memiliki kuota data internet.

3. Nomor Rekening Penipu

Syarat melacak pelaku penipu transfer uang ketiga yakni mengenai nomor rekening. Pastikan kalian sudah menyiapkan nomor rekening penipuan transfer uang untuk lacak informasi. Serta bisa juga dengan menyiapkan nomor rekening sendiri untuk keperluan melaporkan rekening penipuan ke pihak berwajib.

Nah setelah ketahui beberapa syarat di atas, sekarang bagaimana cara melacak pelaku penipu transfer uang secara online? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Cara Melacak Penipuan Transfer Uang

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahwa melacak informasi tentang pelaku penipu transfer uang kalian bisa manfaatkan beberapa situs yang disediakan oleh Kominfo atau pemerintah. Dimana beberapa situs tersebut diantaranya seperti Lapor.go.id, Cekrekening.id, Kredibel.com dan beberapa situs lainnya. Cara lacak pelaku penipuan transfer uang secara online adalah sebagai berikut:

Melacak Lewat Cekrekening.id Kominfo

Melacak Penipuan Transfer Uang Lewat Cekrekening.id Kominfo

Cara melacak pelaku penipu transfer uang pertama yakni dengan memanfaatkan situs resmi Kominfo Cekrekening.id. Kalian bisa gunakan website resmi ini untuk periksa sebuah nomor rekening sudah terdeteksi sebagai penipuan atau belum.

Selain itu, kalian juga bisa gunakan situs resmi Kominfo ini untuk mendaftarkan rekening sendiri agar tercatat sebagai rekening terpercaya dan buka pelaku penipuan. Cara lacak penipuan transfer uang lewat situs Cekrekening.id adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi Situs Cekrekening.id
    Langkah pertama silahkan kunjungi website Cekrekening yang resmi Kominfo dan Pemerintah. Yaitu dengan cara kunjungi laman https://cekrekening.id/home lewat perangkat Smartphone atau PC.
  2. Pilih Menu Periksa Rekening
    Langkah kedua silahkan masuk ke menu Periksa Rekening. Yaitu dengan cara klik tombol Cek Sekarang pada menu Periksa Rekening.
  3. Pilih Jenis Rekening
    Langkah ketiga silahkan pilih jenis akun bank. Yaitu dengan cara pilih Bank atau E-Wallet. Silahkan sesuaikan dengan jenis rekening yang kalian gunakan untuk melacak pelaku penipuan.
  4. Cari dan Pilih Nama Bank
    Langkah selanjutnya silahkan cari dan pilih nama bank sesuai dengan nomor rekening yang akan kalian lacak. Yaitu dengan cara klik kolom Nama Bank, lalu pilih salah satu bank yang sesuai rekening pelaku penipuan.
  5. Masukkan Nomor Rekening Penipuan
    Setelah itu masukkan nomor rekening yang diduga pelaku penipuan transfer uang. Yakni dengan cara klik kolom Nomor Rekening, lalu ketik nomor rekening pelaku penipuan transfer uang.
  6. Selesaikan Verifikasi Captcha
    Selanjutnya silahkan selesaikan verifikasi Captcha, yakni dengan cara beri tanda centang di kotak I’am not a robot.
  7. Klik Tombol Cek Sekarang
    Kemudian silahkan lakukan lacak penipuan transfer uang di situs tersebut. Yakni dengan cara klik tombol Cek Sekarang di bagian paling bawah.
  8. Selesai Melacak Penipuan Transfer Uang Lewat Cekrekening.id
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba melacak pelaku penipu transfer uang. Apabila rekening tersebut terindikasi atau terdaftar sebagai penipuan transfer uang, maka akan terdapat keterangan seperti pertama dilaporkan, status verifikasi dan status rekening.

Melacak Lewat Lapor.go.id

Melacak Lewat Lapor.go .id

Cara melacak pelaku penipu transfer uang kedua yakni lewat website Lapor.go.id. Menggunakan situs ini, kalian bisa laporkan rekening pelaku penipuan transfer uang untuk ditindaklanjuti oleh pihak berwajib. Cara melacak penipuan transfer uang lewat website Lapor.go.id adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi Website Lapor.go.id
    Langkah pertama silahkan kunjungi situs Lapor.go.id. Yaitu dengan cara buka laman https://www.lapor.go.id/ di perangkat HP maupun komputer.
  2. Tulis Laporan
    Langkah kedua silahkan tulis laporan sebagai keluhan atau aspirasi kalian terkait tindak penipuan transfer uang. Yaitu dengan cara isi formulir laporan seperti judul laporan, isi laporan, tanggal kejadian, lokasi kejadian, instansi tujuan, kategori laporan dan upload bukti tindak penipuan transfer uang. Jika sudah diisi semua, lanjutkan dengan cara klik tombol Lapor.
  3. Proses Verifikasi
    Langkah selanjutnya silahkan tunggu proses verifikasi dilakukan oleh pihak Lapor.go.id. Biasanya proses verifikasi ini membutuhkan waktu sampai dengan 3 hari kerja sampai dengan pihak Lapor.go.id meneruskan laporan ke instansi berwewenang.
  4. Proses Tindak Lanjut
    Selanjutnya nantinya kalian akan mendapatkan laporan terkait tindak lanjut pengaduan kalian. Biasanya proses ini membutuhkan waktu sampai 5 hari sampai dengan instansi menindaklanjuti atau membalas laporan kalian.
  5. Beri Tanggapan Tindak Lanjut
    Setelah kalian mendapatkan balasan dari laporan tindak penipuan transfer uang, kalian bisa beri tanggapan ke instansi terkait dalam waktu 10 hari.
  6. Selesai Melacak Penipuan Transfer Uang Lewat Lapor.go.id
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba melacak pelaku penipu transfer uang lewat Lapor.go.id

Melacak Lewat Kredibel.com

Melacak Lewat Kredibel dot com

Cara lacak penipuan transfer uang ketiga yakni lewat situs Kredibel.com. Menggunakan situs ini, kalian bisa lacak langsung nomor rekening penipuan transfer uang untuk dapatkan informasi lebih lengkap. Cara melacak pelaku penipu transfer uang melalui situs Kredibel.com adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi Situs Kredibel.com
    Langkah pertama silahkan kunjungi website Kredibel.com. Yakni dengan cara buka laman https://www.kredibel.com/ menggunakan perangkat HP atau komputer.
  2. Pilih Jenis Rekening
    Langkah kedua silahkan pilih jenis rekening sesuai dengan rekening pelaku penipuan. Yaitu dengan cara pilih Rekening atau Telepon di bagian atas.
  3. Masukkan Nomor Rekening Penipuan
    Setelah itu masukkan nomor rekening pelaku penipuan transfer uang. Yakni dengan cara ketuk kolom nomor rekening, lalu masukkan nomor rekening yang dicurigai sebagai pelaku penipuan transfer uang.
  4. Klik Tombol Cari
    Kemudian untuk proses melacak penipu transfer uang, silahkan tekan tombol Cari.
  5. Selesai Melacak Penipuan Transfer Uang Lewat Kredibel.com
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba melacak pelaku penipu transfer uang lewat situs Kredibel.com. Apabila rekening terindikasi sebagai penipuan transfer uang, maka akan mendapatkan hasil berupa rekening sudah dilaporkan melakukan penipuan. Namun jika rekening tersebut bukan pelaku penipuan, maka akan terdapat berupa keterangan belum pernah dilaporkan melakukan penipuan.

Melacak Lewat Media Sosial

Melacak Lewat Media Sosial

Cara lacak penipuan transfer uang selanjutnya yaitu melalui aplikasi media sosial seperti Instagram. Kalian bisa dapatkan informasi lengkap mengenai rekening penipuan transfer uang melalui akun Instagram @indonesiablacklist.

Melalui akun Instagram tersebut, kalian bisa kirimkan pesan DM untuk melacak pelaku penipuan. Selain itu, kalian juga bisa lihat informasi tentang rekening yang sudah terdaftar atau ditandai sebagai pelaku penipuan transfer uang.

Melacak penipu transfer uang lewat akun Instagram juga perlu kalian berhati-hati. Pasalnya sekarang ini juga sudah banyak akun Instagram cek penipuan yang tidak terpercaya dan kredibel.

Melacak Melalui ATM dan MBanking

Melacak Melalui ATM dan MBanking

Cara melacak penipuan transfer uang selanjutnya yaitu lewat aplikasi Mobile Banking atau mesin ATM. Menggunakan cara ini, kalian bisa lakukan cek nama pemilik rekening dan nama bank yang digunakan.

Sehingga setelah mendapatkan nama pemilik rekening, nama bank dan nomor rekening bank, selanjutnya kalian bisa lakukan pelacakan menggunakan situs atau media online seperti Instagram. Dengan berbekal nama pemilik rekening dan nomor rekening, diharapkan nantinya kalian bisa gunakan sebagai alat untuk melacak pelaku penipuan.

Nah setelah ketahui beberapa cara di atas, sekarang apa saja tips agar terhindar dari penipuan transfer uang? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Transfer Uang

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan agar terhindar dari penipuan transfer uang. Dimana tips aman bertransaksi online agar terhindar dari penipuan transfer uang diantaranya sebagai berikut:

  • Selalu pastikan menggunakan metode pembayaran sesuai dengan prosedur yang benar.
  • Pastikan tidak melakukan transfer uang secara sembarangan diluar ketentuan aplikasi atau platform yang digunakan.
  • Sebelum transaksi pembayaran online, pastikan kalian sudah percaya kepada penerima transfer uang.
  • Apabila kalian ragu dengan penerima transfer uang baru, kalian bisa cek terlebih dahulu menggunakan situs melacak nomor rekening.
  • Pastikan tidak kalian tidak respons email, pesan WA, pesan Telegram maupun pesan lewat media online lainnya yang berupa link yang mencurigakan atau berasal dari sumber tidak dikenal.
  • Selalu berhati-hati kepada pihak penjual, penyedia jasa atau pihak online lainnya yang tidak kalian kenal.

Agar terhindar dari tindak penipuan transfer uang, kalian juga bisa transfer uang lewat Alfamart. Dengan begitu nantinya bisa ketahui siapa yang mengambil uang di Alfamart menggunakan kode MTCN yang kalian berikan. Pasalnya ketika pencairan transfer uang lewat Alfamart, pihak pengambil uang perlu memberikan kode MTCN dan data diri seperti KTP sebagai bukti pengambilan uang di kasir Alfamart.

Akhir Kata

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara melacak penipuan transfer uang bisa kalian lakukan sendiri secara online. Misalnya dengan memanfaatkan beberapa situs seperti Cekrekening.id, Lapor.go.id, Kredibel.com maupun menggunakan beberapa cara lainnya.

Sekian artikel kali ini tentang cara lacak penipuan transfer uang, terima kasih sudah bersedia mengunjungi Investasiin.com dan semoga artikel kali ini tentang cara lacak penipuan transfer uang dapat menambah wawasan bagi kalian semuanya.

Sumber gambar:

  • Tim Investasiin.com

Bagikan: