Perbandingan Gaji Indomaret vs Alfamart Terbaru 2024

Sheva Santoso

gaji indomaret vs alfamart

Gaji Indomaret vs Alfamart – Minimarket saat ini banyak tersedia di berbagai daerah Indonesia seperti contohnya Indomaret dan Alfamart. Persaingan dari kedua minimarket sudah berlangsung cukup lama. Namun, Indomaret dan Alfamart memiliki persaingan yang sehat sehingga tidak saling menjatuhkan satu sama lain.

Banyak orang memiliki minat untuk bekerja sebagai karyawan Indomaret maupun Alfamart. Sehingga perbandingan dari kedua minimarket tersebut menjadi perbincangan setiap orang. Gaji Indomaret vs Alfamart menjadi perbandingan paling dicari karena cukup memudahkan dalam menentukan tempat kerja.

Setiap orang pastinya menentukan tempat kerja yang memiliki penghasilan lebih besar. Tentunya hal ini menjadi faktor munculnya perbandingan antara gaji Indomaret vs Alfamart. Padahal perbedaan gaji dari keduanya tidak terlalu jauh, bahkan ada yang sama. Penghasilan dari Indomaret serta Alfamart tergantung pada posisi dan jabatannya.

Posisi dan jabatan di kedua minimarket sangat beragam, serta pastinya memiliki penghasilan berbeda-beda. Jika kalian belum mengetahui perbedaan penghasilannya, pahami pembahasan berikut. Artikel Investasiin.com akan membahas tentang gaji Indomaret vs Alfamart terbaru di tahun ini.

Gaji Indomaret vs Alfamart

Perbandingan gaji antara Indomaret dan Alfamart perlu kalian ketahui. Posisi ataupun jabatan di kedua market ini ada beragam jenisnya, sehingga perbedaan gaji karyawan pastinya tergantung posisi maupun jabatan. Berikut penjelasan perbedaan gaji dari setiap posisi maupun jabatan antara Indomaret vs Alfamart.

1. Office Boy

Office boy memiliki tugas untuk membersihkan area minimarket. Perbedaan gaji pekerjaan ini di antara Indomaret vs Alfamart sangat berbeda jauh. Gaji office boy di Indomaret berada pada kisaran 1,8 juta hingga 2 jutaan rupiah. Sedangkan di Alfamart hanya sekitar 1,3 juta rupiah setiap bulannya.

2. Kasir

Kasir merupakan pekerja yang melayani pembeli, menghitung harga barang pembeli, serta mencatat sebuah transaksi. Selain itu, Kasir juga memiliki tanggung jawab dalam keamanan minimarket. Penghasilan kasir di Indomaret serta Alfamart bisa dibilang sama karena berada pada kisaran 2 juta sampai 3 jutaan rupiah per bulan.

3. Helper (Gudang)

Helper bertugas mengurus seluruh keperluan di dalam gudang. Tugasnya meliputi mengecek stok, mengecek kondisi barang penjualan, membantu bongkar muat barang, dan lain sebagainya. Gaji seorang helper di Indomaret maupun Alfamart memiliki nominal sama sebesar 2 juta hingga 3 jutaan per bulannya.

4. Kepala Toko

Kepala toko memiliki tugas sebagai pengatur seluruh aktivitas di dalam minimarket. Penghasilan pekerjaan ini di Indomaret maupun Alfamart memiliki perbedaan cukup jauh. Di Indomaret pekerjaan ini mencapai 3 juta sampai 4 jutaan rupiah, sedangkan gaji kepala toko Alfamart hanya sebesar 2,5 juta hingga 3 jutaan namun bisa lebih tinggi jika dengan tunjangannya.

5. Asisten Kepala Toko

Asisten kepala toko mempunyai tugas sama seperti kepala toko. Bedanya asisten toko dalam mengatur minimarket harus dilakukan sesuai persetujuan dari kepala toko. Penghasilan asisten toko di Indomaret kurang lebih 2,5 juta rupiah setiap bulannya. Di Alfamart pekerjaan ini mendapatkan gaji sebesar 2,5 juta sampai 3 juta rupiah.

6. Pramuniaga

Pramuniaga bertugas untuk memberikan pelayanan serta mengawasi para pembeli. Ada juga lainnya seperti mempersiapkan produk ataupun promosi di dalam minimarket. Perbandingan gaji Pramuniaga antara Indomaret vs Alfamart hanya sedikit saja. Pramuniaga pada Indomaret berpenghasilan kurang lebih 2,4 juta. Sedangkan di Alfamart mendapatkan penghasilan kurang lebih 2,6 juta.

7. Management Trainee

Management Trainee bertugas sebagai penganalisis data, proyek bahkan pembuatan laporan. Gaji Management Trainee pada kedua minimarket relatif sama sekitar 4,5 jutaan setiap bulan. Pekerjaan tersebut memiliki peluang besar untuk menggantikan manajer di waktu mendatang.

8. Inventory Control

Inventory Control bertanggung jawab terhadap masuknya barang ke dalam minimarket. Tidak hanya itu, Inventory Control juga harus memastikan kelayakan produk penjualan. Pendapatannya memiliki perbandingan cukup jauh, di Indomaret hanya sekitar 2,3 jutaan. Sedangkan Alfamart mencapai lebih dari 2,7 juta.

9. Merchandiser

Merchandiser bekerja untuk melayani pembeli, menjaga keamanan produk bahkan mengatur serta meletakkan barang penjualan di etalase. Penghasilan Merchandiser Indomaret di angka 2,5 juta sampai 3,8 jutaan, sedangkan Alfamart di kisaran 3 juta hingga 4 jutaan setiap bulannya.

10. Tax Manager

Tax Manager merupakan pekerjaan untuk mengurus hal-hal yang berhubungan dengan pajak pada minimarket. Perbandingan gaji Tax Manager di antara Indomaret vs Alfamart tidak ada perbedaan pada angka kurang lebih 6 jutaan.

11. Management Development Program

Management Development Program bertugas mempersiapkan pekerja baru agar dapat berkembang secara pesat. Penghasilan Management Development Program Indomaret ataupun Alfamart bisa dibilang sama sebesar 4,5 jutaan.

12. Pemasaran

Pemasaran tugasnya adalah menentukan strategi penjualan seperti bekerja sama dengan bisnis lain, menentukan promosi, dan lain sebagainya. Pendapatan dari pemasaran Indomaret menyentuh angka 8,5 juta rupiah. Pemasaran Alfamart hanya mencapai 8 juta rupiah setiap bulannya.

13. Area Supervisor

Area Supervisor bekerja melakukan pengawasan alias supervisi pada beberapa tempat tergantung tugasnya. Area Supervisor Indomaret berpenghasilan 4,9 jutaan, sementara Alfamart mencapai 5,3 juta rupiah.

14. Progammer

Progammer bertugas membuat sebuah aplikasi dan program sesuai kebutuhan minimarket. Perbandingan gaji Progammer di antara Indomaret vs Alfamart hanya berbeda sedikit saja. Progammer Indomaret memiliki penghasilan sekitar 5,2 juta hingga 5,5 jutaan rupiah. Sementara Progammer Alfamart mendapatkan penghasilan lebih tinggi yaitu 6 juta rupiah.

15. IT Support

IT Support memberikan pelayanan serta bantuan dalam memperbaiki software maupun perangkat yang digunakan minimarket. Penghasilan IT Support Indomaret dan Alfamart bisa dibilang sama sekitar 2,7 jutaan. Tetapi IT Support Alfamart bisa lebih bahkan menyentuh 4 juta per bulan.

16. Area Manager

Area manager mempunyai tanggung jawab melakukan pekerjaan tergantung penempatan. Tidak hanya itu, memantau perkembangan penjualan juga menjadi tugasnya. Area Manager Indomaret memiliki gaji sekitar 9 juta, sementara Alfamart sekitar 9,3 juta setiap bulan.

17. Manager

Manager biasanya bekerja untuk membuat berbagai rangkaian perekrutan, menentukan tes serta membuat program peningkatan SDM. Perbandingan gaji Manager antara Indomaret vs Alfamart tidak memiliki perbedaan di kisaran 14 juta rupiah.

18. Asisten Manager

Asisten manager bertugas membantu seorang manager dalam menyusun rencana ataupun strategi. Pendapatan Asisten Manager dari kedua minimarket seperti Indomaret ataupun Alfamart bisa dibilang sama sebesar 10 jutaan setiap bulannya.

19. Legal

Legal bertanggung jawab penuh dalam segala urusan hukum seperti mengurus, memberikan saran, bahkan melindungi minimarket. Pendapatan sebagai Legal Indomaret maupun Alfamart sama-sama di kisaran 8 juta per bulan.

20. HRD

Seorang HRD memiliki tugas yang berkaitan dengan para karyawan seperti evaluasi, administrasi, konsultasi, pengembangan, proses perekrutan, bahkan pemutusan kontrak. Perbandingan gaji HRD antara Indomaret vs Alfamart tidak ada perbedaannya. HRD di kedua minimarket tersebut berpenghasilan sekitar 10 juta hingga 12 jutaan rupiah setiap bulan.

Akhir Kata

Sekian pembahasan artikel di atas mengenai gaji Indomaret vs Alfamart terbaru di tahun ini. Tidak hanya gaji Indomaret maupun Alfamart saja, pembahasan juga dilengkapi dengan berbagai jenis karyawan beserta tugasnya. Memahami beberapa penjelasan di atas tentunya cukup bermanfaat untuk kalian, karena dapat memudahkan dalam menentukan pekerjaan tergantung penghasilannya.

Bagikan:

Ads - After Post Image