10 Cara Pinjam Uang di Koperasi 2024: Syarat & Bunga

Desta Harjito

Cara Pinjam Uang di Koperasi

Cara Pinjam Uang di Koperasi – Koperasi merupakan sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki serta dioperasikan seseorang untuk kepentingan bersama. Koperasi sendiri memiliki landasan kegiatan berdasarkan dari prinsip gerakan ekonomi rakyat dengan asas kekeluargaan.

Jenis koperasi sendiri adanya banyak, diantaranya adalah koperasi pembelian, pengadaan atau konsumsi, koperasi penjualan atau pemasaran, koperasi produksi, koperasi jasa dan ada juga koperasi simpan pinjam, seperti salah satunya adalah Mekar.

Untuk jenis koperasi simpan pinjam sendiri sering dijadikan sebagai salah satu tempat untuk meminjam uang, bagi mereka yang sedang membutuhkan dana cepat dan mendadak. Dengan suku bunga dan limit pinjaman yang ditawarkan bervariasi berdasarkan koperasi.

Apabila kalian merasa tertarik ingin pinjam uang di koperasi, namun belum mengetahui cara meminjam uang di koperasi. Maka kami sarankan kepada kalian untuk melihat terlebih dahulu informasi yang pada kesempatan hari ini akan kami berikan mengenai hal tersebut.

Jaminan Pinjam Uang di Koperasi

Sebelum kami bahas lebih lanjut mengenai cara meminjam uang di Koperasi, alangkah baiknya jika kalian ketahui terlebih dahulu jaminan meminjam uang di koperasi. Karena cara meminjam uang disini juga membutuhkan jaminan atau agunan, meskipun ada juga beberapa koperasi tanpa jaminan atau agunan.

  • Sertifikat Tanah & Bangunan Rumah Tinggal / tempat usaha.
  • BPKB kendaraan pribadi / operasional usaha.
  • BPKB & Surat Kir kendaraan angkutan umum.

Jaminan tersebut juga berpengaruh dengan jumlah pengajuan pinjaman, karena setiap jaminan memiliki nilai berbeda-beda. Sebagai contoh, jaminan kendaraan BPKB motor dan mobil saja sudah memiliki nilai jual sangat berbeda, ditambah lagi setiap motor dan mobil juga memiliki banyak tipe dan varian.

Sehingga untuk kalian yang sekiranya ingin pinjam uang dengan jumlah besar, maka harus perhatikan jaminan yang akan digunakan. Paling tidak, jaminan atau agunan yang digunakan memiliki nilai hampir dengan jumlah pinjaman uang yang dibutuhkan atau diajukan.

Syarat Pinjam Uang di Koperasi

Setelah mengetahui jaminan apa saja untuk pinjam uang di koperasi, maka saatnya mengetahui syarat peminjamannya. Dimana syarat meminjam uang di koperasi sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan syarat pinjam di platform lain, dimana kalian perlu mempersiapkan beberapa berkas berikut.

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Surat ijin usaha.
  • Surat keterangan domisili rumah / usaha.
  • Bukti kepemilikan agunan berlaku.

Bunga Pinjaman Uang di Koperasi

Sedangkan untuk bunga pinjaman uang di koperasi secara umum bervariasi, karena setiap koperasi memiliki bunga berbeda-beda. Akan tetapi kebanyakan koperasi menerapkan bunga cukup rendah, mulai dari 1.5% sampai 2% per bulan dengan sistem flat.

Besar kecilnya bunga pinjaman uang di koperasi juga ditentukan dari jaminan pinjaman, ditambah dengan risiko usaha. Semakin kecil risiko usaha yang dimiliki, ditambah dengan semakin besar jaminan pinjaman yang diberikan, maka akan semakin kecil bunga yang didapatkan.

Cara Pinjam Uang di Koperasi

Apabila kalian merasa tertarik untuk meminjam uang di koperasi setelah mengetahui beberapa hal tentang pinjaman uang di koperasi, maka ada baiknya jika kalian lanjut melihat cara pinjam uang di koperasi. Dimana cara pinjam uang tersebut terbagi menjadi dua, yaitu secara online dan offline.

1. Cara Pinjam Secara Online

Cara pinjam uang pertama adalah secara online, hal ini hanya berlaku untuk beberapa koperasi simpan pinjam yang sudah memiliki layanan tersebut. Karena tidak semua koperasi memiliki layanan online, sehingga kalian harus memilih koperasi dengan layanan online.

Untuk koperasi yang memiliki layanan online, maka kalian bisa mengujungi website atau aplikasi koperasi tersebut. Setelah itu silahkan mengikuti cara pinjam uang berikut.

  • Silakan daftar melalui website atau aplikasi koperasi.
  • Setelah proses daftar berhasil, maka tinggal login ke website atau aplikasi koperasi.
  • Langkah selanjutnya tinggal ajukan pinjaman uang.
  • Kemudian mengisi data pinjaman, seperti memilih tenor dan jumlah pinjaman uang.
  • Setelah itu tinggal menunggu proses verifikasi berlangsung.

Apabila penganjuan pinjaman tersebut dinyatakan lolos verifikasi, maka uang pinjaman dari koperasi akan langsung dikirimkan ke rekening yang diisikan pada saat pengajuan. Apabila tidak dinyatakan lolos verifikasi, biasanya akan muncul keterangan pada website atau aplikasi.

2. Cara Pinjam Secara Offline

Apabila kalian merasa kesulitan dalam melakukan pinjaman online di koperasi, maka kami sarankan kepada kalian untuk langsung mengunjungi salah satu koperasi simpan pinjam terdekat dengan tempat tinggal kalian. Dan jangan lupa juga untuk membawa syarat dokumen yang telah kami jelaskan diatas.

Dengan cara pinjam uang di koperasi secara offline atau langsung adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama adalah mendaftar sebagai anggota koperasi.
  • Kemudian dilanjutkan dengan mengisi formulir pengajuan pinjaman.
  • Setelah itu menyerahkan formulir pengajuan bersama dengan syarat dokumen yang dibutuhkan.
  • Langkah berikutnya tinggal menunggu proses verifikasi dari koperasi.
  • Apabila dinyatakan lolos verifikasi, maka uang pinjaman akan diterima.

Keberhasilan proses verifikasi biasanya tergantung dari agunan yang digunakan seperti penjelasan kami diatas. Sehingga kami sarankan kepada kalian untuk menggunakan agunan dengan nilai tinggi, atau bisa juga kalian tanyakan kepada pihak koperasi mengenai jenis agunan apa yang mempermudah proses verifikasi.

Akhir Kata

Pada umumnya, peminjaman uang di koperasi tidak terlalu berbeda jauh dengan cara meminjam uang di bank, karena ada agunan atau jaminan dan beberapa syarat yang perlu dipersiapkan. Selain itu, ada juga proses survei sebelum dana pinjaman dicairkan kepada pemohon.

Dengan ini berakhir sudah informasi dari investasiin.com untuk saat ini yang membahas tentang cara pinjam uang di koperasi, mudah-mudahan saja informasi mengenai cara meminjam uang yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak tambahan informasi bagi kalian semua.

Bagikan:

Ads - After Post Image