2 Cara Pinjam Uang di Mekar 2024 : Jumlah, Bunga & Syarat

Fian Dalbota

Cara Pinjam Uang di Mekar Jumlah, Bunga & Syarat

Cara Pinjam Uang di Mekar – Sebagai pelaku UMKM, pastinya apapun bakal dilakukan untuk memenuhi kebutuhan modal usaha dan memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Modal tersebut bisa diperoleh dengan berbagai cara, salah satunya adalah memanfaatkan Pinjaman Mekar.

Mekar menjadi salah satu akses finansial bagi para pemilik bisnis UMKM di Indonesia. Proses atau cara pinjam uang di Mekar pun tergolong mudah dan pencairan nya tidak butuh waktu lama.

Apakah Pinjaman Mekaar sama seperti Pinjaman KUR, Pinjaman UMKM dan lain sebagainya? Tentu saja berbeda, cara pinjam uang di Mekar nanti tidak membutuhkan agunan atau jaminan. Disamping itu, proses pengajuan dan pembayaran cicilan nantinya dilakukan secara kelompok.

Setiap kelompok setidaknya harus terdiri dari 10 orang, tidak boleh kurang. Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja simak cara pinjam uang di Mekar berikut ini lengkap dengan syarat, mekanisme pembayaran dan limit yang tersedia.

Sekilas Tentang PNM Mekaar

Sekilas Tentang PNM Mekar

Mekar atau Mekaar merupakan salah satu PNM (Permodalan Nasional Madani) berbasis kelompok yang diperuntukkan bagi para perempuan prasejahtera yang tengah menjalani atau baru ingin memulai bisnis UMKM.

Program ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2015, hingga sekarang PNM Mekar sudah tersedia di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Jumlah pinjam uang Mekar tersedia mulai dari Rp. 2.000.000 sampai dengan Rp. 5.000.000.

Dengan adanya PNM Mekar, kalian para Ibu Rumah Tangga maupun Mahasiswi yang sedang membangun UMKM sebagai investasi jangka panjang bisa pinjam uang guna memenuhi kebutuhan modal. Selain mengandalkan biaya modal dari Suami, biasanya, para Ibu Rumah Tangga rela menggadaikan Emas di Pegadaian atau mengajukan KUR di Bank untuk memenuhi modal bisnis.

Tapi, melalui cara pinjam uang di Mekar, diharapkan kalian para Ibu Rumah Tangga bisa lebih mandiri dan belajar tanggung jawab akan bisnis yang dijalani. Menariknya lagi, PNM Mekar juga mengusung sistem Kelompok Tanggung Renteng.

Artinya, kalian bisa membuat kelompok minimal 10 orang dengan Ibu Rumah Tangga lainnya guna pinjam uang di Mekar. Masing-masing peserta bisa pinjam uang di Mekar sesuai kebutuhan dan yang disediakan oleh Mekar.

Dengan konsep seperti ini, diharapkan menjadi jembatan kesenjangan akses pembiayaan sekaligus melatih kedisiplinan masing-masing peminjam dalam pembayaran Pinjaman PNM Mekar.

Adapun untuk pilihan tenor atau jangka waktu pembayaran nya terbagi menjadi 2 pilihan, yaitu 25 Minggu dan 50 Minggu. Setiap minggu nya nasabah harus menyetorkan minimal Rp. 90.000 (Tenor 25 Minggu) dan Rp. 50.000 (Tenor 50 Minggu) pada ketua Kelompok dan nantinya disetorkan ke Lending Partner.

Syarat Pinjam Uang di Mekar

Sebelum kami jelaskan seperti apa cara pinjam uang di Mekar, terlebih dahulu kalian harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

  • Perempuan Prasejahtera berusia minimal 18 tahun dan maksimal 55 tahun
  • Memiliki bisnis UMKM
  • eKTP
  • Membuat kelompok minimal 10 orang serta menunjuk 1 orang sebagai ketua kelompok
  • Bersedia mengikuti segala peraturan terkait sistem Tanggung Renteng dan mengikuti PKM (Persiapan Pembiayaan dan Pertemuan Kelompok Mingguan)
  • Memiliki HP Android (opsional)

Setelah semua persyaratan diatas terpenuhi, lanjut kalian dan kelompok bisa mendatang Koperasi Mekar terdekat guna melakukan pengajuan. Atau bisa juga mendatang Lending Partner (Mitra Penyalur Pinjaman) seperti Koperasi Simpan Pinjam dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Lending Partner bertugas mencari usaha Mikro untuk didanai, menyalurkan pengajuan, melakukan penagihan dan lain sebagainya. Untuk saat ini Mekar telah menunjuk beberapa Mitra Penyalur Pinjaman, antara lain :

  • KSP Sahabat Mitra Sejati
  • KSP Melania Credit Union
  • KSP dan Pembiayaan Syariah Artha Bahana
  • KSP KUD Mintorogo
  • KSP Graha Mandiri
  • KSP Artha Mitra Abadi Jaya
  • KSP Dwi Tunggal
  • KSP Mekarsari
  • KSP Pangestu
  • Koperasi Syariah BMT ItQan
  • Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah
  • Koperasi Mitra Dhuafa
  • Koperasi Abdi Kerta Raharja
  • Koperasi Simpan Pinjam Tanaoba Lais Manekat

Cara Pinjam Uang di Mekar

Cara Pinjam Uang di Mekar

Baiklah, sampai disini kalian sudah tahu apa itu Pinjaman Mekar, Syarat hingga daftar Mitra Penyalur Pinjaman Mekar. Selanjutnya, kami bakal jelaskan secara lengkap terkait proses atau tata cara pinjam uang di Mekar.

Disini kami anggap kalian sudah membentuk kelompok serta menunjuk satu orang sebagai Ketua kelompok. Setelah itu, ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Kunjungi Koperasi Mekar Terdekat

Pertama-tama, silahkan datang ke Koperasi Mekar atau Kantor Mitra Penyalur Pinjaman Mekar terdekat bersama kelompok kalian. Sesampainya disana, kalian bisa menemui petugas dan sampaikan maksud kedatangan, yaitu ingin pinjam uang di Mekar.

Selanjutnya, satu kelompok akan diminta mengisi formulir pengajuan dengan informasi data diri (Nama / NIK / Nomor HP), memilih jumlah Pinjaman Mekar, menentukan tenor pembayaran cicilan Mekar dan lain sebagainya.

Setelah itu, formulir pinjam uang di Mekar bakal melalui proses pengecekkan serta verifikasi. Jika pengajuan disetujui, biasanya akan ada pemberitahuan dari PNM Mekaar melalui nomor HP Ketua kelompok.

2. Proses Survey Dari Tim PNM Mekar

Tahap selanjutnya adalah survey dari tim PNM Mekar ke rumah masing-masing anggota kelompok. Pada tahap ini, Tim bakal memastikan usaha atau bisnis yang sedang atau akan dilakoni oleh tiap-tiap anggota Kelompok (calon nasabah Mekar).

3. Tahap Bimbingan

Jika proses survey sudah selesai, selanjutnya petugas akan membuat jadwal Bimbingan selama 5 hari. Proses Bimbingan dilakukan di rumah salah satu anggota, disana akan ada pelatihan tentang pembekalan informasi terkait Pinjaman Mekar, mulai dari jadwal pencairan, mekanisme pembayaran, denda keterlambatan dan lain sebagainya.

4. Proses Pencairan Pinjaman Mekar

Setelah melalui tahap Bimbingan selama 5 hari, saatnya tahap pencairan Pinjaman Mekar. Info jadwal serta metode pencairan juga akan dibagikan melalui kontak Ketua kelompok. Nantinya, dari ketua melanjutkan informasi tersebut ke masing-masing anggota.

Berapa Minggu Pengajuan Pinjaman Mekar?

Sementara itu, berkaitan dengan cara pinjam uang di Mekar, beberapa calon nasabah juga bertanya tentang berapa minggu pengajuan Pinjaman Mekar. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, pengajuan Pinjaman Mekar bakal cair maksimal dalam waktu 1 x 24 jam di hari kerja setelah melalui tahap pelatihan.

Bunga Pinjaman Mekar

Kemudian perlu kami informasikan juga bahwa Pinjaman Mekar pun sama seperti produk Pinjaman lainnya, yaitu memberlakukan sistem bunga. Disini pihak PNM Mekar menerapkan bunga Pinjaman sebesar 10% flat (22.32% efektif) per tahun

Cara Pinjaman Mekar Online

Beberapa peminat Pinjaman Mekaar mungkin juga bertanya apakah ada cara Pinjaman Mekar Online? Jawabannya ADA. Di Google Play Store tersedia aplikasi bernama PNM Digi yang bisa dipakai untuk mengajukan Pinjaman Mekar secara Online. Langsung saja ikuti tata cara pinjam uang di Mekar Online berikut ini :

1. Install Aplikasi PNM Digi

Install Aplikasi PNM Digi

Silahkan download dan install aplikasi PNM Digi di Google Play Store

2. Registrasi Akun

Registrasi Akun

Jika sudah, tinggal lakukan registrasi dengan cara memasukkan nama, membuat password, nomor HP, Email, memasukkan kode OTP serta membuat PIN.

3. Login PNM Digi

Login PNM Digi

Setelah akun berhasil terdaftar, lanjut lakukan Login PNM Digi menggunakan Username, Password juga PIN tadi.

4. Pilih Menu Simulasi Pinjaman

Pilih Menu Simulasi Pinjaman

Pada halaman utama PNM Digi, langsung saja masuk ke menu Simulasi Pinjaman

5. Tentukan Jumlah Pinjaman Mekar

Tentukan Jumlah Pinjaman Mekar

Pastikan produk Pinjaman adalah Mekaar. Setelah itu tentukan jumlah Pinjaman dan Tenor Pinjaman Mekar. Jika sudah, klik Hitung, maka akan tertera nominal cicilan Pinjaman Mekar per minggu berdasarkan Tenor serta jumlah Pinjaman yang diajukan.

6. Lengkapi Formulir Pengajuan

Lengkapi Formulir Pengajuan

Lanjutkan pengisian formulir pengajuan dan tunggu proses verifikasi. Jika pengajuan berhasil lolos verifikasi, maka dalam waktu kurang dari 60 menit, dana Pinjaman Mekar Online akan langsung di transfer ke rekening Bank terdaftar.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari www.investasiin.com tentang cara pinjam uang di Mekar di Koperasi Mekar terdekat dan daftar Pinjaman Mekar Online lewat aplikasi. Selain cara pengajuan, diatas kami juga menjelaskan secara lengkap terkait syarat pengajuan, jumlah Pinjaman, bunga Pinjaman Mekar hingga pilihan tenor pengembalian setelah pinjam uang di Mekar.

sumber gambar :

  • Tim Investasiin.com
  • Channel Youtube Fancy Labs
  • pnm.co.id
  • bagikanberita.pikiran-rakyat.com

Bagikan:

Ads - After Post Image