12 Cara Menolak Orang Pinjam Uang Secara Halus Pasti Berhasil

Desta Harjito

Cara Menolak Orang Pinjam Uang

Cara Menolak Orang Pinjam Uang – Permasalahan ekonomi sering kali dialami orang-orang yang belum memiliki penghasilan atau pekerjaan. Terlebih lagi dengan meningkatnya kebutuhan, hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan orang-orang tersebut.

Oleh karena itu, tidak sedikit orang tertarik untuk melakukan pinjaman online, seperti misalnya meminjam uang di Seabank atau aplikasi pinjol lainnya. Meskipun pada akhirnya orang tersebu tetap harus mencari uang untuk mengembalikan pinjaman online tersebut.

Meskipun sudah banyak pinjaman online bermunculan, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk memnijam uang secara langsung ke orang lain. Baik itu ke saudara, teman atau tetangga. Karena hal ini sudah sangat lazim dilakukan orang-orang yang sedang membutuhkan uang.

Apabila ada orang pinjam uang secara langsung, terkadang ada orang yang merasa sulit untuk menolak permintaan tersebut. Padahal orang yang dipinjami uang juga sedang membutuhkan uang. Maka dari itu, ada baiknya jika kalian mencoba beberapa cara menolak orang pinjam uang. Supaya tidak banyak lagi orang yang melakukan hal tersebut.

Alasan Menolak Orang Pinjam Uang

Setiap hal yang dilakukan seseorang pasti memiliki alasan, hal tersebut juga berlaku untuk kenapa seseorang menolak orang pinjam uang. Adapun untuk alasan paling utama seseorang menolak meminjamkan uang adalah karena orang tersebut juga membutuhkan uang tersebut.

Ditambah lagi dengan jumlah uang yang dimiliki hanya cukup untuk kebutuhan diri sendiri. Maka dari itu, seseorang ingin menolak orang yang ingin meminjam uang, dengan alasan orang tersebut juga sedang membutuhkan uang tersebut untuk keperluan dirinya sendiri.

Alasan lainnya seseorang menolak untuk meminjam uang adalah karena orang yang miminjam uang tersebut sudah memiliki hutang terlalu banyak kepada orang yang akan dipinjami. Sehingga orang yang akan meminjami itu akan berpikir dua kali untuk meminjamkan uangnya kepada orang yang sama.

Alasan terakhir adalah karena orang yang meminjam tersebut bermasalah. Bermasalah dalam artian sudah memiliki banyak hutang kepada orang lain dan belum mengembalikannya. Karena tidak ingin berakibat seperti orang lain yang sudah dipinjaminya, maka orang tersebut menolak untuk meminjamkan uang.

Cara Menolak Orang Pinjam Uang

Kebanyakan orang mungkin akan merasa sulit untuk mengatakan tidak kepada orang-orang yang ingin mencoba meminjam uang, dengan alasan mungkin kasihan atau sebagainya. Namun ada juga beberapa tipe orang yang dapat dengan mudah untuk menolak orang pinjam uang.

Nah, untuk kalian yang merasa sulit untuk menolak seseorang yang hendak pinjam uang, maka kalian bisa mengikuti beberapa cara menolak orang pinjam uang yang akan kami berikan dibawah ini.

1. Berpenampilan Sederhana

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menolak orang meminjam uang adalah berpenampilan sederhana. Cara ini juga akan sangat berpengaruh terhadap orang-orang yang hendak pinjam uang kepada kalian. Karena kebanyakan orang akan meminjam uang kepada orang yang berpenampilan berlebihan.

Dengan penampilan yang berlebihan tersebut yang nantinya menimbulkan pemikiran orang tersebut pasti memiliki banyak uang. Selain itu, orang dengan penampilan sederhana juga dapat dengan mudah menolak orang hendak meminjam uang dengan alasan tidak memiliki uang.

2. Meminta Waktu Untuk Berpikir

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menolak orang meminjam uang adalah meminta waktu untuk berpikir. Dengan mengulur-ulur waktu seperti itu, barang kali saja orang yang hendak meminjam uang kepada kalian sudah mendapatkan pinjaman dari orang lain.

3. Tanyakan Tujuan Meminjam Uang

Setelah menggunakan cara sebelumnya namun orang tersebut ternyata masih tetap mencoba untuk meminjam uang kepada kalian, ada baiknya jika kalian tanyakan terlebih dahulu tujuan meminjam uang tersebut. Supaya nantinya kalian dapat mengambil keputusan dengan mudah.

Apabila alasan penggunaan uang tersebut untuk keperluan yang memang sangat penting, maka tidak ada salahnya apabila kalian meminjamkan uang. Akan tetapi untuk alasan yang mungkin tidak masuk akal apalagi tidak penting, maka kalian bisa langsung menolaknya dengan tegas.

4. Sampaikan Permasalahan Keuangan Kalian

Apabila orang tersebut tetap memaksa ingin meminjam uang kepada kalian, maka kalian bisa sampaikan permasalahan keuangan yang sedang kalian miliki. Dengan mengetahui permasalahan keuangan yang sedang kalian miliki, maka orang tersebut mungkin akan mengurungkan niatnya.

5. Sampaikan Tentang Prioritas Kalian

Cara selanjutnya adalah dengan menyampaikan tentang prioritas kalian. Hal tersebut dapat membuat orang yang akan meminjam menjadi merasa tidak enak untuk meminjam uang kepada kalian, karena mengetahui prioritas ataupun kebutuhan keuangan kalian.

6. Menawarkan Bantuan Lain

Selain itu, cara menolak orang pinjam uang lainnya adalah dengan cara menawarkan bantuan lain kepada orang tersebut. Barang kali saja dengan menawarkan bantuan lainnya dapat mengurungkan niat orang yang ingin meminjam, atau bantuan yang ditawarkan tersebut ternyata sama dengan tujuan orang tersebut meminjam uang.

7. Menawarkan Solusi Alternatif

Selain dapat menawarkan bantuan lain, kalian juga dapat mencoba untuk memberikan solusi alternatif kepada orang yang ingin meminjam uang kepada kalian. Barang kali saja solusi alternatif yang ditawarkan jauh lebih baik dari pada meminjam uang kepada kalian.

8. Membalilkan Situasi

Sedangkan cara lain untuk menolak orang lain pinjam uang adalah membalikan situasi. Hal ini sebenarnya sama dengan cara menyampaikan permasalahan ekonomi kalian kepada orang yang akan miminjam. Namun dalam penyampaiannya dengan cara membalikan situasi, dimana kalian sebagai orang yang meminjam.

9. Jangan Membuat Janji

Pastikan kalian tidak pernah memberikan janji kepada seseorang apabila kalian akan meminjamkan uang, karena hal tersebut akan sangat sulit untuk menolak apabila orang tersebut sampai pinjam uang ke kalian. Karena hal tersebut sama saja dengan menawarkan pinjaman kepada orang tersebut.

10. Kurangi Jumlah Pinjaman

Apabila terpaksa kalian harus meminjamkan uang kepada orang lain padahal kalian ingin menolaknya, maka cara yang sebaiknya kalian lakukan adalah mengurangi jumlah uang yang dipinjam. Dengan begitu, resiko yang kalian dapatkan akan sedikit berkurang.

11. Memberikan Alasan Secara Logis

Apabila cara menolak orang pinjam uang diatas masih belum berhasil juga, maka kalian harus memberikan alasan penolakan secara logis. Supaya orang yang akan meminjam tersebut menyadari apabila kalian tidak ingin meminjamkan uangnya.

12. Sampaikan Dengan Tegas

Dan cara terakhir adalah menyampaikan alasan penolakan dengan tegas, karena hal ini mungkin dapat menyinggung perasaan orang yang akan meminjam uang. Akan tetapi cara ini adalah cara paling ampuh yang dapat dilakukan untuk menolak orang meminjam uang kepada kalian.

Kata-Kata Menolak Orang Pinjam uang

Sedangkan untuk kalian yang sekiranya masih merasa bingung dengan kata-kata menolak orang pinjam uang, maka kami juga turut memberikan beberapa kata-kata yang dapat kalian gunakan untuk menolak seseorang meminjam uang kepada kalian.

  • Uang sih ada, tapi aku masih ada tagihan bulanan yang belum kebayar. Ada listrik, air, kirim ke orangtua, belum lagi belanja bulanannya…
  • Duh maaf, bukannya nggak mau minjemin, tapi aku punya tanggungan cicilan. Kalau telat bayar bisa kena denda nih. Kecuali kamu mau ikut nanggung bunga sama dendanya sih…
  • Lah kok sama, aku juga lagi butuh uang nih! Enaknya minjem ke siapa ya?
  • Waduh, duitku juga lagi dipinjam orang nih, sampai sekarang belum dibalikin huhuhu sedih~
  • Maaf belum bisa kasih pinjaman. Aku punya komitmen untuk nggak meminjamkan uang ke siapapun. Jangankan ke kamu, ke keluarga saja nggak

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu cara menolak orang pinjam uang yang pada kesempatan ini dapat investasiin.com berikan kepada kalian semua, kami harap informasi yang baru disampaikan diatas tadi dapat memberikan banyak manfaat dan tambahan informasi bagi kalian semua.

Bagikan: