17 Prospek Kerja Administrasi Bisnis Menarik Beserta Estimasi Gaji

Bayu Darmaji

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Prospek Kerja Administrasi Bisnis – Administrasi bisnis merupakan bidang studi mempelajari tentang segala urusan yang berkaitan dengan sistem operasional bisnis dalam perusahaan. Keahlian yang didapatkan ketika mendalami bidang studi ini meliputi, kemampuan perencanaan strategis, analisis keuangan, analisis pemasaran, pengelolaan organisasi, akuntansi dan matematika, hingga berkomunikasi yang efektif.

Maka dari itu, tidak heran bahwa prospek kerja jurusan tersebut mudah dicari karena banyaknya perusahaan di bidang marketing ataupun keuangan membutuhkan orang ahli dalam administrasi. Apabila, kalian merupakan lulusan jurusan administrasi bisnis bisa dipastikan akan mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi.

Selain itu, prospek kerja administrasi bisnis juga diincar oleh beberapa universitas di Indonesia yang menyediakan program atau jurusan ini. Namun dibalik banyaknya prospek kerja, beberapa lulusan jurusan tersebut bingung untuk memilih pekerjaan apa yang cocok bagi mereka.

Padahal, banyak lowongan pekerjaan membutuhkan lulusan administrasi bisnis guna mengelola keuangan perusahaan ataupun cara memasarkan produk. Tidak perlu khawatir, bagi kalian yang sedang mencari prospek kerja tetapi bingung untuk menentukannya maka pada kesempatan ini kami akan memberikan rekomendasinya, untuk lebih jelasnya silakan simak di bawah ini.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Wajar saja beberapa mahasiswa saat lulus kuliah bingung mau bekerja menjadi apa. Terlebih, lowongan pekerjaan saat ini hanya memerlukan beberapa jurusan saja termasuk administrasi bisnis.

Oleh sebab itu, prospek kerja administrasi bisnis tergolong banyak sehingga kalian dibuat pusing memilihnya. Lantas, apa saja prospek kerja jurusan administrasi bisnis? Untuk lebih jelasnya silakan simak beberapa rekomendasi pekerjaan lulusan administrasi bisnis berikut ini.

1. Staf Administrasi

Prospek kerja lulusan administrasi bisnis pertama adalah sebagai staf administrasi suatu perusahaan. Dimana posisi ini sangat beragam mulai dari staf administrasi umum, gudang, perpajakan, dan lainnya.

Tugas utama jika berprofesi sebagai staf administrasi yakni rekapitulasi data berupa sura harga aset perusahaan, domisili, serta bukti transaksi. Apabila dilihat dari segi penghasilan, staf administrasi di Indonesia rata-rata menerima gaji berkisar antara Rp3.290.000 hingga 4.000.0000 bahkan lebih tinggi.

2. Manajemen Perusahaan

Prospek kerja jurusan administrasi bisnis selanjutnya yaitu manajemen perusahaan. Profesi ini bertugas mengambil keputusan, memberi motivasi, delegasi, berkomunikasi, hingga training karyawan baru.

Jika, bekerja sebagai manajer kalian akan didorong mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum ditempatkan pada manajemen tertentu. Berkisar gaji profesi ini sebesar Rp6.000.000 hingga Rp12.000.000.

3. Staf Sumber Daya Manusia

Profesi lain di perusahaan dapat ditempati oleh lulusan administrasi bisnis ialah staf sumber daya manusia. Staf sumber daya manusia juga sering disebut HRD, bertanggung jawab dalam persiapan perekrutan karyawan baru hingga kontrak kerja.

Selain itu, profesi ini berfungsi menyaring sumber daya manusia agar memiliki karyawan yang berpotensi mengembangkan perusahaan. Jika, berminat menjadi HRD kalian harus mempelajari komunikasi, teamwork, dan mampu mengembangkan pegawai. Estimasi gaji HRD kisaran Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000.000.

4. Staf Pemasaran

Prospek kerja jurusan administrasi selanjutnya adalah staf pemasaran, bertugas dalam divisi pemasaran guna meningkatkan penjualan atau jasa melalui berbagai cara. Selain itu, pekerjaan ini juga membantu manajer dalam bidang administrasi memenuhi fungsi divisi pemasaran.

Oleh sebab itu, kreativitas tinggi sangat dibutuhkan di profesi ini sebab persaingan penjualan barang di pasaran kini mulai semakin ketat. Dengan adanya ide dari staf pemasaran akan membantu manajer dalam bersaing penjualan barang. Staf pemasaran dari segi gaji cukup menggiurkan yaitu Rp3.000.000 hingga Rp15.000.000.

5. Entrepreneur

Tidak hanya di perusahaan saja, lulusan administrasi bisnis juga memiliki prospek kerja secara mandiri. Berbagai ilmu sudah didapatkan melalui pembelajaran semasa kuliah.

Tentunya, sebagai calon pengusaha kalian harus mempunyai kreativitas serta ide bisnis dalam persaingan dengan usaha lain. Kemudian, kegigihan tinggi harus disertai ketika membangun bisnis karena banyak rintangan menghadang ke depannya. Gaji entrepreneur di Indonesia rata-rata adalah Rp9.200.000.

6. Konsultan Bisnis

Jika kalau, seorang mempunyai sertifikat sarjana administrasi bisnis bisa menjadi konsultan bisnis. Dimana profesi ini dipercaya memberikan nasihat berbagai apek dalam perusahaan klien.

Konsultan dibagi menjadi dua kategori yaitu internal dan eksternal, perbedaannya terletak pada tempat konsultan itu bekerja. Sebagai konsultasi tersendiri atau dalam suatu organisasi. Umumnya gaji seorang konsultan baru sebesar Rp6.000.000, sedangkan berpengalaman 3 tahun lebih senilai Rp10.000.000.

7. Dosen

Prospek kerja lulusan administrasi bisnis juga dapat menjadi dosen memungkinkan kalian terus belajar dalam bidang studi tersebut. Akan tetapi, menjadi dosen perlu keahlian serta pengetahuan mumpuni.

Bahkan, tidak jarang universitas mempunyai syarat untuk calon dosen berpendidikan minimal S2 ataupun S3. Selain mengajar mahasiswa dosen juga wajib mengembangkan ilmu pengetahuan yang digelutinya. Menurut sumber yang kami dapatkan gaji dosen saat ini berkisar antara Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000.

8. Analis Keuangan

Prospek kerja bidang administrasi bisnis dapat juga sebagai analis keuangan. Analis keuangan berfungsi mengumpulkan data pendapatan perusahaan, membuat rekomendasi keuangan, serta membangun model keuangan.

Profesi ini, akan mempunyai pemahaman tentang industri bisnis atau sektor tertentu dalam memberikan pendapat kebijakan keuangan yang harus diambil perusahaan. Mayoritas analisis keuangan mendapatkan gaji antara Rp3.000.000 – Rp14.000.000.

9. Market Research Analyst

Market research analyst dimana suatu prospek kerja bagi lulusan administrasi bisnis. Bertugas membantu perusahaan guna memahami audiens, pasar, produk yang dijual, maupun mempromosikan produknya.

Mereka melakukan survei berfungsi memahami target serta wawancara sebagai hasil penelitian. Kemudian, penelitian tersebut dilaporkan kepada pihak manajemen guna dipikirkan bersama. Gaji rata-rata market research analyst sebesar Rp8.000.000 – Rp16.000.000 per bulan.

10. Akuntan

Seorang sarjana administrasi bisnis dapat bekerja di bidang akuntansi, walaupun harus menempuh beberapa pelatihan terlebih dahulu. Bukan berarti, ilmu yang dipelajari saat kuliah tidak dibutuhkan.

Administrasi bisnis tentu bisa membuat sistem indikator performa perusahaan seperti produktivitas, return of sales, return of investement, serta likuiditas perusahaan. Seorang akuntan umumnya digaji pada angka Rp7.000.000 hingga Rp10.000.000.

11. Procurement Officer

Prospek kerja lainnya yaitu procurement officer bisa disebut juga sebagai purchasing officer. Pekerjaan yang bertanggung jawab dalam mendapatkan layanan maupun produk bagi kegiatan operasional perusahaan.

Maka dari itu, kemampuan analisis, persuasi, negosiasi, dan organisasi sangat dibutuhkan dalam profesi ini. Setelah itu, menetapkan timing barang yang dibutuhkan oleh perusahaan.

12. Auditor

Auditor salah satu prospek kerja memerlukan lulusan dari jurusan administrasi bisnis. Auditor bertanggung jawa memeriksa seluruh data keuangan, investasi, ataupun pendapatan perusahaan.

Mempunyai wewenang memverifikasi akurasi catatan keuangan perusahaan. Kemudian, memastikan perusahaan sudah memenuhi persyaratan dalam undang-undang perpajakan.

13. Event Planner

Event planner bertanggung jawab sebagai perancang seluruh aspek acara yang akan dijalankan. Setelah itu, bertemu klien guna memahami tujuan dari acara meliputi transportasi, lokasi, dan sebagainya.

Skill komunikasi serta problem solving dibutuhkan oleh seorang event planner. Maka dari itu profesi ini cocok bagi kalian yang mencari prospek kerja setelah lulus dari jurusan administrasi bisnis.

14. Sales Manager

Sales manager sebagai dapat menjadi karier selanjutnya bagi lulusan jurusan administrasi bisnis. Bertugas mengawasi tim sales perusahaan guna mendatangkan revenue perusahaan.

Tanggung jawab lain dari sales manager antara lain, menganalisis data penjualan, menentukan goals, ataupun membuat program pelatihan pegawai.

15. Loan Officer

Loan officer berfungsi mengesahkan, mengevaluasi, maupun merekomendasikan permohonan peminjaman individu maupun perusahaan. Tidak hanya itu, profesi tersebut memverifikasi, menganalisis, bahkan memperoleh finansial dari peminjam berupa credit score.

Bertugas sebagai pewawancara memastikan bahwa peminjam telah sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Dibutuhkan skill analytical thingking, decision making, hingga perhatian terhadap detail.

16. Pegawai Negeri Sipil

Mungkin beberapa dari kalian sebagai lulusan administrasi bisnis susah menemukan pekerjaan yang cocok. Padahal PNS juga merupakan prospek kerja yang lumayan dan memiliki banyak keuntungan.

Apabila kalian menjadi PNS dan memiliki bidang studi administrasi bisnis biasanya akan ditugaskan untuk memberikan pelayanan, merencanakan program kepegawaian, dan melaksakan koordinasi tugas.

17. Pegawai Bank

Selain pegawai negeri sipil, kalian yang berbekal ilmu administrasi bisnis cocok bekerja sebagai pegawai bank. Pasalnya, pada bidang studi tersebut mempelajari keuangan dan pengelola sistem perusahaan.

Terlebih, pegawai bank sekarang sangat besar bahkan menjanjikan untuk masa yang akan daatang. Gaji pegawai bank di Indonesia saat ini berkisar antara Rp3.000.000 sampai Rp8.000.000 bahkan lebih besar.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi prospek kerja lulusan bidang adminisitrasi bisnis. Dimana beberapa pekerjaan di atas cocok dengan kalian karena memiliki kemampuan mengelola sistem perusahaan dan keuangan. Semoga informasi dari investasiin.com dapat menginspirasi kalian dalam memilih pekerjaan berbekal ilmu administrasi bisnis.

Bagikan: