Gaji Kerja di BUMN Lulusan SMA & SMK 2024

Giring Baskoro

Gaji Kerja di BUMN Lulusan SMA

Gaji Kerja di BUMN Lulusan SMA – Badan Usaha Milik Negara atau biasa dikenal dengan singkatan BUMN adalah gabungan perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah. Sebagai orang Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan lembaga pemerintah tersebut. BUMN setiap tahunnya selalu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menjadi bagian dari perusahaan yang dinaungi oleh lembaga pemerintah itu.

Karena bergabung dengan BUMN pastinya akan mendapatkan jaminan hidup sampai hari tua. Selain itu, seperti yang sudah diketahui khalayak bahwa gaji kerja di BUMN memang tergolong tinggi dari pada bekerja dibeberapa perusahaan swasta. Mungkin kalian juga tertarik untuk bergabung dengan BUMN karena memperoleh gaji tinggi.

Sebagai contoh bekerja di perusahaan perbankan seperti BRI dengan posisi Bancassurance Financial Advisor maka akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari UMR kota setempat. Selain itu, gaji kerja di BUMN lulusan SMA juga tidak kalah besar dengan upah dari tingkatan pendidikan seperti D3 dan S1. Apabila kalian merupakan lulusan SMA maka harus mencoba untuk mendaftar kerja di BUMN karena kesempatan diterimanya juga besar jika dapat melalui tahapan tes.

Ketika mendaftar kerja di BUMN, pastinya kalian akan mencari tahu informasi mengenai besaran gaji yang diterima apabila sudah bergabung dengan perusahaan di bawah lembaga pemerintah tersebut. Memangnya berapa ya gaji kerja lulusan SMA? Untuk menjawab pertanyaan itu, maka kalian dapat menyimak penjelasan berikut ini.

Gaji Kerja di BUMN Lulusan SMA & SMK

Kerja di BUMN merupakan impian banyak orang karena lembaga itu memiliki jenjang karir dan jaminan hidup lebih jelas. Dari jenjang karir kalian bisa saja mendapatkan promosi jabatan apabila kinerja selalu konsisten. Berbeda halnya dengan beberapa perusahaan swasta yang tidak terlalu mempedulikan jenjang karir dari seorang karyawan.

Selain itu, BUMN juga menerima pekerja dari berbagai tingkat pendidikan mulai dari SMA/SMK, D3 hingga S1. Sebagai lulusan SMA/SMK kalian dapat mendaftar beberapa lowongan di BUMN tetapi biasanya terdapat syarat yang mengharuskan berpengalaman. Namun, tenang saja karena masih ada banyak lowongan BUMN tidak mengharuskan pendaftarnya memiliki pengalaman. Misalnya ada PT Kereta Api indonesia membuka lowongan kerja tidak berpengalaman.

Jika kerja di BUMN sebagai lulusan SMA maka kalian akan mendapatkan gaji relatif lebih kecil dari tingkatan pendidikan seperti D3 dan S1. Meski tak sebesar gaji pelayaran Luar Negeri tetapi upah kerja di BUMN lulusan SMA ini biasanya lebih tinggi dari UMR kota setempat. Sehingga dapat dikatakan gaji lulusan SMA cukup untuk digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, BUMN juga membuka lowongan kerja di berbagai macam perusahaan khususnya untuk lulusan SMA. Besaran gaji masing-masing perusahaan BUMN juga tidak semuanya sama. Berikut ini adalah gaji kerja di BUMN lulusan SMA.

1. Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD)

Perum PPD merupakan perusahaan umum pengangkutan penumpang miliki negara yang bergerak pada transportasi darat seperti bus. Perusahaan tersebut tergabung dalam BUMN. Perum PPD membuka lowongan kerja teknisi dengan gaji dapat mencapai Rp 3.200.000 – Rp 4.000.000. Barangkali tertarik untuk bergabung, maka kalian dapat mendaftarnya secara langsung melalui website.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

BRI tidak hanya membuka kesempatan bagi lulusan D3 atau S1 saja, melainkan lulusan SMA juga berkesempatan untuk bergabung dengan bank ini. Kerja di perusahaan bank milik BUMN ini membuka posisi sebagai account officer dengan gaji sebesar Rp 6.000.000.

Selain itu, terdapat posisi seperti sales marketing bertugas untuk mempromosikan dari produk-produk Bank BRI. Posisi tersebut mendapat gaji sebesar Rp 2.400.000. Namun, nominal gaji itu dapat disesuaikan sesuai dengan penempatan kerja di cabang Bank BRI.

3. Perum Perhutani

Selanjutnya ada Perum Perhutani yang membuka kesempatan kerja sebagai Staff Humas dan Pelaporan untuk lulusan SMA. Gaji dari posisi tersebut sebesar Rp 4.500.000 – Rp 5.000.000. Nominal gaji tersebut tergolong cukup besar berbeda dengan perusahaan BUMN lainnya.

4. PT Industri Kereta Api (INKA)

PT Industri Kereta Api (INKA) membuka lowongan kerja untuk lulusan SMA menempati posisi teknisi. PT INKA memberikan gaji bagi lulusan SMA memang tidak sebesar perusahaan BUMN lainnya. Gaji kerja di PT INKA yaitu sebesar Rp 3.000.000. Jumlah tersebut memang sedikit tetapi masih ada beberapa tunjangan lain dari PT INKA yang diberikan untuk pegawainya.

5. PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)

Selanjutnya ada perusahaan BUMN yang bergerak di industri perkeretaapian yaitu PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). PT KAI setiap tahunnya memberikan kesempatan bagi anak muda lulusan SMA untuk bergabung. Berbagai posisi tersedia di perusahaan BUMN tersebut, misalnya ada masinis, teknisi dan front liner yang masing-masing dapat di daftar bagi lulusan SMA.

Gaji minimal di PT KAI ini mencapai Rp 3.500.000 sedangkan maksimalnya dapat mencapai Rp 9.000.000 untuk lulusan SMA. Selain gaji, kalian juga akan mendapatkan beberapa tunjangan seperti kesehatan, makan, transportasi dan lain-lain.

6. PT Permodalan Nasional Madani (PNM)

Kerja di BUMN selanjutnya berada di PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Sama seperti Bank BRI, PNM membuka lowongan kerja bagi lulusan SMA diposisi sebagai account officer. Gaji yang ditawarkan oleh PNM untuk menjadi account officer sebesar Rp 2.900.000. Cukup berbeda dengan gaji account officer BRI karena memang PNM bukan perusahaan besar seperti bank tersebut.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari Investasiin.com terkait gaji kerja di BUMN lulusan SMA. Dapat disimpulkan, bahwa setiap perusahaan BUMN memiliki standar gaji untuk lulusan SMA yang berbeda-beda dan nominalnya tidak sebesar seperti tingkatan D3 atau S1. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin bergabung dengan perusahaan BUMN.

Bagikan:

Ads - After Post Image