4 Kekurangan Menabung di Celengan Beserta Kelebihannya

Basyar

KEKURANGAN MENABUNG DI CELANGAN

Kekurangan Menabung di Celengan – Sudah bukan hal yang tabu lagi, jika menabung adalah salah satu hal paling penting yang perlu dilakukan semua orang. Karena itulah, penting bagi para orang tua untuk mengajarkan kepada anak-anaknya untuk mulai menabung sejak usia dini.

Salah satu cara untuk mengajarkan anak-anak menabung adalah dengan membeli celengan. Dimana, celengan merupakan salah satu wadah yang terbuat dari tanah liat, plastik atau pun bahan lainnya yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang. Namun, sebelum itu kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan menabung di celengan.

Saat ini celengan masih kerap digunakan oleh beberapa orang lantaran lebih efektif sebagai salah satu metode menabung. Apalagi saat ini celengan tersedia dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Sehingga kalian pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, ketika ingin menggunakan celengan tersebut.

Tidak hanya dengan celengan saja, kegiatan menabung bisa dilakukan dimana saja seperti di koperasi sekolah, Bank atau pun beberapa tempat menabung lainnya. Akan tetapi kali ini kami akan sedikit membahas terkait dengan kelebihan dan kekurangan menabung di celengan. Penasaran dengan hal ini? mari simak informasinya.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menabung di Celengan?

Menabung di celangan

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan menabung di celengan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya saja waktu yang tepat dalam menabung di celengan. Pada dasarnya tidak ada batasan waktu untuk menabung di celengan. Kalian bisa menabung kapan saja sesuka hati kalian.

Meskipun begitu memang ada beberapa moment yang tepat untuk kita menabung di celengan lebih banyak misalnya saja ketika ada rejeki lebih, kita bisa menyisihkan sebagian uang untuk di tabung di celengan.

Kelebihan Menabung di Celengan

Sebelum mengetahui kekurangan menabung di celengan lebih baik kita cari tahu terlebih dahulu kelebihan dari menabung di celengan. Seperti sudah diketahui jika celengan merupakan salah satu metode menabung yang sangat efektif untuk melatih anak-anak menabung. Dengan bentuk serta karakter celengan yang menarik tentu saja membuat anak-anak lebih suka menabung di celengan. Lantas apa saja kelebihan Menabung di Celengan? berikut informasinya.

1. Tidak Ada Biaya Administasinya

Menabung di celengan tentu saja ada banyak kelebihan maupun kekurangan. Namun salah satu kelebihan menabung di celengan adalah tidak ada biaya administrasi bulanan. Sehingga kalian bisa lebih menghemat biaya serta memperoleh keuntungan lebih besar.

2. Bisa Menabung Kapan Saja

Selanjutnya dengan menggunakan metode menabung di celengan, kalian bisa menabung setiap saat, terutama ketika ada dana lebih. Hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan di bank., pasalnya menabung di bank hanya bisa di lakukan pada hari serta jam operasional saja.

3. Tidak Ada Batasan Minimalnya

kelebihan selanjutnya adalah kalian dapat menabung dengan jumlah tak terbatas. Dengan begitu, kalian dapat menabung di celengan sesuka hati dengan memasukkan berapa pun jumlah uang yang dimiliki, bahkan dengan uang receh 2000 atau pun 5000.

Kekurangan Menabung di Celengan

Selain memiliki banyak kelebihan ternyata menabung di celengan juga memiliki banyak kekurangan. Untuk itu, sebelum mulai menabung di celengan kalian perlu mengetahui kekurangan -nya terlebih dahulu. Berikut informasinya.

1. Kurang Aman

Kekurangan menabung di celengan adalah kurang aman dan rentan terhadap pencurian. Oleh sebab itu, apabila menabung di celengan tentunya kalian harus meletakkan celengan tersebut di tempat yang aman serta belum ada orang mengetahuinya.

2. Sewaktu-waktu Tergoda Untuk Mengambil Tabungan Tersebut

Apabila menabung dirumah menggunakan celengan, kemungkinan dalam keadaan tertentu kalian tergoda untuk mengambil uang di celengan tersebut. Berbeda ketika kalian menabung di bank, jika ingin mengambil uang tentu harus pergi ke kantor bank atau pun ke ATM.

3. Tidak Bisa Di Simpan Dalam Jangka Waktu Lama

Kekurangan selanjutnya adalah menabung di celengan tidak bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Hal ini disebabkan adanya resiko uang menjadi rusak atau tidak berlaku lagi.

4. Tidak Ada Bunga

Kekurangan selanjutnya ketika adalah tidak ada bunga. Jadi ketika menabung di celengan kita tidak akan mendapatkan bunga meskipun hasil tabungan di celengan banyak.

Manfaat Menabung di Celengan

Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangan menabung di celengan, tentu saja kalian juga harus mengetahui apa saja manfaat dari menabung di celengan. Sudah rahasia umum lagi, jika manfaat utama dari celengan adalah sebagai tempat penyimpanan uang receh atau pun pecahan 2 ribu, 5 ribu hingga 10 ribu.

Dan bagi sebagian orang celengan juga dimanfaatkan sebagai tabungan tertentu, misalnya untuk membeli HP atau pun membeli barang-barang sesuai dengan keinginan. Saat ini celengan masih dianggap tempat penyimpanan yang sangat pas untuk menabung dengan jumlah yang tidak terlalu besar.

Menggunakan celengan tentu saja anak-anak bisa belajar menabung uang jajan 2000 rupiah, serta bisa memberikan edukasi keuangan paling dasar. Apalagi bentuk celengan saat ini sudah mengalami banyak perkembangan dengan bahan ringan tapi tetap kuat. Karena itulah hingga saat ini celengan masih menjadi salah satu metode menabung yang efektif bagi sebagian orang.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan jika menabung di celengan memiliki banyak kekurangan seperti kurang aman dan rentan terhadap pencurian, tidak menghasilkan bunga serta tidak dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Dengan kekurangan inilah ada beberapa orang yang lebih memilih untuk menabung di bank.

Setelah mengetahui kekurangan menabung di celengan tentunya akan ada pertimbangan sebelum memilih menabung di celengan. Apabila kalian ingin meningkatkan nilai tabungan serta mendapatkan bunga lebih baik kalian menabung di bank. Mungkin hanya ini yang bisa investasiin sampaikan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Sumber Gambar:

  • Team Investasiin
  • ocbcnisp.com

Bagikan:

Basyar

Mengerti soal dunia investasi menjadikan seseorang punya pandangan di masa depan dan masa tuanya.