4 Cara Transfer BNI ke DANA 2024: Syarat, Biaya & Limit

Ajiz Kurniawan

Cara Transfer BNI ke DANA

Cara Transfer BNI ke DANA – Selain menggunakan layanan perbankan untuk melakukan transaksi keuangan, sekarang ini juga sudah banyak orang yang mengunakan E-Wallet atau dompet digital sebagai penggantinya. Dimana sekarang ini juga sudah hadir banyak sekali E-Wallet di Indonesia, diantaranya seperti GoPay, ShopeePay, DANA, OVO maupun lainnya.

Menggunakan dompet digital DANA, nantinya kalian bisa lakukan isi ulang atau top up saldo menggunakan beberapa metode. Salah satunya yaitu top up saldo DANA melalui Bank Negara Indonesia (BNI). Namun bagaimana cara transfer BNI ke DANA?

Ada beberapa informasi penting perlu kalian ketahui ketika akan kirim uang dari BNI ke akun DANA. Cara transfer BNI ke DANA bisa kalian dapatkan tutorialnya lewat artikel ini. Sehingga nantinya kalian bisa ketahui syarat, biaya dan limit top up DANA lewat Bank BNI.

Nah pada artikel kali ini, Investasiin.com akan menyajikan ulasan tentang cara transfer BNI ke DANA lewat mesin ATM, Mobile Banking maupun lewat Internet Banking. Namun sebelum masuk ke tutorial tersebut, silahkan simak terlebih dahulu syarat top up DANA lewat bank BNI berikut ini.

Syarat Top Up DANA di BNI

Beberapa syarat isi saldo DANA lewat BNI diantaranya seperti nomor rekening BNI, saldo rekening bank BNI maupun mengenai nomor akun DANA. Penjelasan mengenai syarat transfer BNI ke DANA adalah sebagai berikut:

1. Rekening BNI

Syarat top up DANA lewat BNI pertama yakni tentang rekening BNI. Pastikan kalian sudah memiliki rekening BNI yang masih aktif dan bisa digunakan. Sehingga nantinya kalian bisa gunakan rekening BNI tersebut untuk isi saldo DANA di mesin ATM, BNI Mobile maupun lewat Internet Banking BNI.

2. Nomor Akun DANA

Syarat kirim saldo BNI ke DANA kedua yaitu mengenai nomor akun DANA. Dimana nomor akun dompet digital DANA bisa kalian dapatkan lewat aplikasi DANA di HP Android maupun iPhone. Yakni dengan membuka halaman profil akun DANA, lalu dapatkan nomor akun di pengaturan profil akun DANA.

3. Kode Transfer BNI ke DANA

Syarat kirim uang dari BNI ke DANA selanjutnya yakni tentang kode. Dimana kode transfer ke DANA di Bank Negara Indonesia yaitu 8810+nomor akun DANA. Nantinya kode tersebut perlu dimasukkan di depan nomor akun DANA yang akan dikirim saldo dari rekening BNI.

4. Saldo Rekening BNI

Syarat isi saldo DANA di BNI selanjutnya yakni tentang saldo rekening BNI. Pastikan rekening BNI kalian masih memiliki saldo mencukupi nominal transfer beserta biaya administrasi transfer saldo. Untuk ketahui biaya admin kirim uang BNI ke DANA, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Biaya Transfer BNI ke DANA

Berbicara mengenai biaya kirim uang dari BNI ke DANA, nasabah bank BNI maupun pengguna akun DANA tidak akan dikenakan biaya administrasi apapun alias gratis. Sehingga total nominal top up DANA di BNI hanya nominal kirim saldo saja tanpa adanya biaya admin tambahan.

Biaya transfer ini berlaku untuk nominal transfer berapa pun di BNI. Untuk ketahui limit minimal dan limit maksimal top up DANA di BNI, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Limit Top Up DANA di BNI

Limit top up DANA di BNI dapat dibagi menjadi dua. Yaitu limit minimal pengisian saldo DANA di BNI dan limit maksimal pengisian saldo DANA di BNI. Dimana limit minimal transfer BNI ke DANA yaitu sebesar Rp. 10.000. Sedangkan limit maksimal top up DANA di BNI yaitu sebesar Rp. 10.000.000.

Nah setelah ketahui sekilas informasi tentang syarat, biaya dan limit, sekarang bagaimana cara isi saldo DANA di BNI? Silahkan simak tutorial nya berikut ini.

Cara Transfer BNI ke DANA

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa top up saldo DANA di BNI bisa kalian coba melalui mesin ATM, aplikasi Mobile Banking maupun lewat layanan Internet Banking BNI. Beberapa cara tersebut tentunya bisa dilakukan secara online menggunakan HP Android, iPhone maupun menggunakan perangkat komputer. Cara mengisi saldo DANA di BNI adalah sebagai berikut:

Transfer BNI ke DANA Lewat Mesin ATM

Transfer BNI ke DANA Lewat Mesin ATM

Cara top up DANA di BNI pertama yakni lewat mesin ATM. Kalian bisa lakukan melalui mesin ATM BNI maupun pada jenis mesin ATM lainnya. Cara isi saldo DANA di mesin ATM BNI adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi Mesin ATM BNI
    Langkah pertama kunjungi mesin ATM terdekat, pastikan kalian sudah membawa kartu ATM BNI dan pastikan rekening BNI tersebut masih memiliki saldo yang cukup.
  2. Masukkan Kartu ATM BNI
    Langkah kedua silahkan masukkan kartu ATM BNI ke mesin ATM.
  3. Masukkan PIN ATM BNI
    Langkah ketiga masukkan 6 digit PIN ATM BNI, pastikan kalian memasukkan PIN ATM BNI dengan baik dan benar.
  4. Pilih Menu Lain
    Langkah keempat masuk ke menu Lain di mesin ATM, yaitu dengan cara tekan menu Lain di pojok kanan bawah.
  5. Pilih Menu Transfer
    Langkah kelima silahkan masuk ke menu Transfer di ATM BNI. Yaitu dengan cara tekan menu Transfer di bagian kanan layar.
  6. Pilih Rekening Tabungan BNI
    Langkah selanjutnya pilih rekening sumber transfer. Yaitu dengan cara pilih rekening tabungan BNI maupun dengan pilih rekening Giro.
  7. Pilih Menu Virtual Account Billing
    Setelah itu silahkan masuk ke halaman transfer BNI ke Virtual Account. Yakni dengan cara tekan menu Virtual Account Billing di bagian pojok kanan bawah.
  8. Masukkan Kode Transfer ke DANA
    Langkah selanjutnya masukkan kode transfer ke DANA. Yaitu dengan masukkan kode Transfer 8810.
  9. Masukkan Nomor Akun DANA
    Setelah itu masukkan nomor akun DANA dibelakang kode transfer. Yaitu dengan ketik nomor akun DANA yang akan diisi saldo lewat ATM BNI. Jika sudah silahkan tekan tombol Benar.
  10. Masukkan Nominal Transfer BNI
    Selanjutnya masukkan nominal transfer BNI ke dompet digital tersebut. Yakni dengan cara ketik nominal transfer mulai dari Rp. 10.000. Jika sudah, silahkan tekan tombol Lanjutkan.
  11. Konfirmasi Transfer BNI
    Kemudian silahkan konfirmasi transfer BNI tersebut, yakni dengan cek kembali detail penerima dan nominal transfer. Jika sudah, silahkan tekan tombol Lanjutkan, lalu masukkan PIN ATM BNI tersebut.
  12. Selesai Transfer BNI ke DANA
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mengisi saldo DANA lewat mesin ATM BNI.

Top Up DANA di BNI Mobile

Top Up DANA di BNI Mobile

Cara top up DANA di BNI kedua yaitu melalui aplikasi Mobile Banking (BNI Mobile). Kalian bisa lakukan transfer di MBanking BNI di HP Android maupun iPhone. Cara isi saldo DANA lewat BNI Mobile adalah sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi BNI Mobile
    Langkah pertama silahkan jalankan aplikasi BNI Mobile di HP Android maupun iPhone, pastikan aplikasi BNI Mobile tersebut sudah diperbarui ke versi terbaru.
  2. Login Akun BNI Mobile
    Langkah kedua silahkan login ke akun BNI Mobile, yakni menggunakan User ID dan MPIN maupun menggunakan metode sidik jari.
  3. Pilih Menu E-Wallet
    Langkah ketiga masuk ke menu E-Wallet di BNI Mobile, yaitu dengan cara tekan tombol E-Wallet di halaman utama aplikasi BNI Mobile.
  4. Pilih E-Wallet DANA
    Langkah selanjutnya cari dan pilih dompet digital DANA. Sehingga nantinya kalian akan diarahkan ke halaman transfer BNI ke akun dompet digital tersebut.
  5. Masukkan Nomor DANA
    Selanjutnya silahkan masukkan nomor akun DANA. Yaitu dengan tekan kolom nomor Handphone, lalu masukkan nomor akun DANA yang akan diisi menggunakan saldo BNI.
  6. Pilih Nominal Transfer BNI
    Setelah benar memasukkan nomor DANA, silahkan pilih nominal transfer DANA. Selain itu, kalian juga bisa lakukan dengan cara masukkan nominal secara manual untuk jumlah lainnya. Jika sudah, silahkan lanjutkan dengan cara tekan tombol Selanjutnya.
  7. Masukkan PIN BNI Mobile
    Kemudian konfirmasi transfer di BNI Mobile dengan cara masukkan password transaksi BNI Mobile.
  8. Selesai Transfer BNI ke DANA Lewat MBanking
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba mengisi saldo DANA lewat MBanking BNI.

Transfer BNI ke DANA Via Internet Banking

Transfer BNI ke DANA Via Internet Banking

Cara top up DANA di BNI ketiga yaitu melalui Internet Banking BNI. Kalian bisa lakukan transfer di Internet Banking BNI lewat HP maupun perangkat komputer. Cara isi saldo DANA lewat Internet Banking BNI adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi Laman Internet Banking BNI
    Langkah pertama kunjungi halaman resmi Internet Banking BNI di https://ibank.bni.co.id/ menggunakan perangkat Smartphone maupun komputer.
  2. Login ke Internet Banking BNI
    Langkah kedua lakukan login Internet Banking BNI. Yakni dengan cara masukkan username dan password Internet Banking BNI, lalu tekan tombol Masuk.
  3. Masuk ke Menu Transaksi
    Langkah ketiga silahkan masuk ke halaman Transaksi di Internet Banking BNI. Yaitu dengan cara tekan menu Transaksi di halaman utama Internet Banking BNI.
  4. Pilih Menu Virtual Account Billing
    Langkah keempat silahkan masuk ke halaman transfer Virtual Account. Yakni dengan cara tekan menu Virtual Account Billing. Sehingga nantinya kalian bisa transfer BNI menggunakan kode transfer VA.
  5. Masukkan Kode VA Top Up DANA
    Langkah selanjutnya masukkan kode Virtual Account transfer ke DANA. Yaitu dengan masukkan kode transfer 8810.
  6. Masukkan Nomor Akun DANA
    Selanjutnya masukkan nomor akun DANA di belakang kode transfer.
  7. Pilih Sumber Rekening Transfer
    Setelah itu silahkan pilih sumber rekening transfer di Internet Banking. Yaitu dengan cara pilih rekening BNI. Jika sudah, silahkan ketuk tombol Lanjut.
  8. Masukkan Jumlah Transfer
    Selanjutnya masukkan jumlah transfer di Internet Banking BNI. Silahkan masukkan jumlah transfer ke DANA yang diinginkan.
  9. Verifikasi Transfer di Internet Banking BNI
    Kemudian setelah semua sudah benar, silahkan lakukan verifikasi transfer di Internet Banking BNI. Yaitu dengan cara dapatkan dan masukkan kode Token Autentikasi yang dikirim lewat SMS.
  10. Selesai Transfer BNI ke DANA Via Internet Baning
    Nah setelah melakukan verifikasi transfer, sekarang kalian sudah berhasil transfer ke DANA menggunakan Internet Banking.

Top Up DANA di SMS Banking BNI

Top Up DANA di SMS Banking BNI

Cara top up DANA di BNI selanjutnya yaitu melalui layanan SMS Banking BNI. Kalian bisa lakukan transfer di SMS Banking BNI di HP. Cara isi saldo DANA lewat SMS Banking BNI adalah sebagai berikut:

  1. Buka Menu SMS
    Langkah pertama silahkan jalankan menu SMS di HP.
  2. Masukkan Format Transfer BNI
    Langkah kedua masukkan format SMS transfer BNI. Yaitu dengan cara ketik TRANSFER(spasi)8810+nomo akun DANA.
  3. Kirim SMS ke 3346
    Langkah selanjutnya silahkan kirimkan SMS tersebut ke nomor 3346. Pastikan pulsa kalian mencukupi untuk kirim SMS Banking BNI tersebut.
  4. Konfirmasi Transfer di SMS Banking
    Kemudian silahkan konfirmasi SMS Banking BNI untuk top up DANA.
  5. Selesai Transfer BNI ke DANA Via SMS Banking
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba kirim saldo BNI ke DANA lewat SMS Banking.

Selain lewat metode transfer bank, top up saldo DANA juga bisa dilakukan menggunakan metode lainnya. Misalnya dengan transfer saldo Google Play jadi saldo DANA, lewat toko Alfamart dan Indomaret maupun dengan top up DANA melalui Pegadaian dan Kantor Pos.

Akhir Kata

Itulah informasi yang berhasil Investasiin.com rangkum tentang cara transfer BNI ke DANA beserta syarat, biaya administrasi dan limit minimal maupun limit maksimal transfer BNI ke DANA. Dimana untuk top up DANA di BNI bisa kalian lakukan melalui mesin ATM, BNI Mobile maupun lewat Internet Banking BNI.

Sekian artikel kali ini tentang cara kirim uang BNI ke DANA, terima kasih sudah bersedia mengunjungi Investasiin.com dan semoga artikel di atas tentang cara top up DANA di BNI dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

Sumber gambar:

  • Tim Investasiin.com

Bagikan:

Ads - After Post Image