5 Cara Transfer BNI ke BCA 2024: Syarat, Biaya & Limit

Ajiz Kurniawan

Cara Transfer BNI ke BCA

Cara Transfer BNI ke BCA – Salah satu bank yang memiliki banyak nasabah di Indonesia yaitu ada Bank Negara Indonesia (BNI). Sebagai nasabah BNI, banyak sekali layanan perbankan yang bisa kalian gunakan. Mulai dari setor tunai, tarik tunai, Top Up maupun untuk transfer ke sesama BNI dan transfer ke bank lain.

Adanya kebutuhan transaksi seperti pembayaran, pembelian maupun pemindahan saldo membuat nasabah bank BRI perlu transfer sejumlah saldo ke rekening lain. Seperti halnya ketika nasabah akan mengirim uang dari BNI ke rekening BCA. Namun bagaimana cara transfer BNI ke BCA?

Mengirim uang dari rekening BNI ke BCA bisa kalian lakukan menggunakan beberapa metode. Misalnya cara transfer BNI ke BCA lewat MBanking, ATM, Internet Banking maupun menggunakan beberapa metode lainnya. Dimana beberapa metode transfer dari bank BNI tersebut tentunya memiliki syarat, biaya maupun limit sendiri-sendiri.

Nah pada artikel kali ini, Investasiin.com akan merangkum tentang cara transfer BNI ke BCA via Mobile Banking, Internet dan SMS Banking dan menggunakan beberapa metode transfer lainnya. Namun sebelum masuk ke tutorial, alangkah baiknya kalian simak terlebih dahulu apa saja syarat, berapa biaya admin dan limit kirim uang dari BNI ke BCA berikut ini.

Syarat Kirim Uang Dari BNI ke BCA

Ada beberapa syarat kirim saldo dari rekening BNI ke BCA yang perlu kalian ketahui. Dimana syarat transfer tersebut diantaranya seperti nomor rekening, kode transfer maupun mengenai saldo. Penjelasan syarat mengirim uang dari BNI ke Bank Central Asia adalah sebagai berikut:

1. Rekening BNI

Syarat transfer BNI ke Bank Central Asia pertama yaitu mengenai nomor rekening BNI. Dimana untuk bisa kirim uang dari BNI ke BCA, kalian perlu memiliki rekening BNI yang masih aktif dan bisa digunakan.

2. Rekening BCA

Syarat kirim uang dari BNI ke BCA kedua yakni tentang nomor rekening BCA. Dimana untuk bisa transfer uang ke BCA, kalian perlu ketahui nomor rekening BCA sebagai tujuan transfer nantinya.

3. Kode Transfer BCA

Syarat transfer BNI ke BCA selanjutnya yaitu tentang kode transfer BCA. Dimana kode transfer bank BCA di bank lain yaitu 014. Kode transfer tersebut nantinya perlu kalian masukkan di depan nomor rekening BCA ketika transfer menggunakan rekening bank lain.

4. Saldo Rekening BNI

Syarat kirim uang dari BNI ke BCA yang terakhir yaitu mengenai saldo rekening BNI. Pastikan rekening BNI masih memiliki saldo yang mencukupi nominal transfer beserta biaya admin atau biaya transfer nya.

Nah setelah ketahui beberapa syarat di atas, sekarang berapa besaran biaya kirim uang dari BNI ke BCA? Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Biaya Transfer BNI ke BCA

Ada beberapa biaya transfer yang diberlakukan oleh bank BNI ketika transfer ke bank lain. Misalnya biaya transfer di mesin ATM, MBanking maupun beberapa biaya transfer BNI lainnya. Rincian biaya transfer BNI ke Bank Central Asia adalah sebagai berikut:

Metode TransferBiaya Transfer
Transfer OnlineRp. 6.500
Transfer BI FastRp. 2.500
Transfer di ATM Link Himbara Merah PutihRp. 4.000
Transfer di ATM BNIRp. 6.500
Transfer di ATM BersamaRp. 6.500
Transfer Lewat Internet Banking BNIRp. 6.500
Transfer Lewat SMS Banking BNIRp. 6.500

Limit Kirim Uang BNI ke BCA

Selain adanya ketentuan biaya, bank BNI juga memberlakukan ketentuan limit maksimal transfer. Begitu juga ketika kalian akan transfer ke BCA, maka terdapat beberapa ketentuan limit maksimal transfer nya. Dimana limit maksimal transfer BNI ke Bank Central Asia adalah sebagai berikut:

Jenis LimitKartu Debit BNI SilverKartu Debit BNI GoldKartu Debit BNI Platinum
Limit Transfer di ATMRp. 10.000.000Rp. 15.000.000Rp. 25.000.000
Limit Transfer di MBangkingRp. 200.000.000Rp. 200.000.000Rp. 200.000.000
Limit Transfer di Internet BankingRp. 10.000.000Rp. 15.000.000Rp. 25.000.000
Limit Transfer Via BI FastRp. 250.000.000Rp. 250.000.000Rp. 250.000.000

Biaya dan limit transfer BNI ke Bank Central Asia sama halnya dengan biaya dan limit transfer BNI ke BRI. Dimana biaya transfer mulai dari Rp. 2.500 sampai Rp. 6.500 dan limit maksimal transfer mulai dari Rp. 10.000.000 sampai Rp. 250.000.000.

Nah setelah ketahui syarat, biaya dan limit kirim uang dari BNI ke BCA, sekarang bagaimana cara mengirim uang dari BNI ke BCA? Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Transfer BNI ke BCA

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa mengirim uang dari BNI ke BCA dapat dilakukan melalui mesin ATM, aplikasi BNI Mobile maupun menggunakan beberapa layanan BNI lainnya. Hal ini tentunya sama dengan transfer BNI ke BRI, pasalnya sama-sama menggunakan metode transfer ke bank lain. Cara transfer saldo BNI ke Bank Central Asia adalah sebagai berikut:

Transfer BNI ke BCA Via Mesin ATM

Transfer BNI ke BCA Via Mesin ATM

Cara transfer BNI ke Bank Central Asia pertama yaitu melalui mesin ATM. Menggunakan cara ini, kalian perlu menyiapkan kartu ATM BNI dan juga nomor rekening BCA sebagai tujuan kirim uang. Cara transfer BNI ke Bank Central Asia lewat mesin ATM adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke Mesin ATM
    Langkah pertama kunjungi mesin ATM terdekat, pastikan kalian sudah membawa kartu ATM BNI dan pastikan rekening BNI tersebut masih memiliki saldo yang cukup.
  2. Masukkan Kartu ATM BNI
    Langkah kedua silahkan masukkan kartu ATM ke mesin ATM tersebut.
  3. Masukkan PIN ATM BNI
    Langkah ketiga masukkan 6 digit PIN ATM BNI, pastikan kalian memasukkan PIN ATM BNI dengan baik dan benar.
  4. Tekan Menu Lain
    Langkah keempat masuk ke menu Lain di mesin ATM, yaitu dengan cara tekan menu Lain di pojok kanan bawah.
  5. Tekan Menu Transfer
    Langkah kelima masuk ke menu Transfer di ATM, yaitu dengan cara tekan tombol Transfer di pojok kanan atas.
  6. Pilih Rekening Tabungan BNI
    Selanjutnya pilih jenis rekening BNI, kalian bisa pilih rekening Giro atau Tabungan. Silahkan sesuaikan dengan jenis rekening BNI kalian.
  7. Masukkan Kode Transfer BCA
    Selanjutnya masukkan kode transfer BCA, yaitu dengan cara ketik kode transfer 002.
  8. Masukkan Nomor Rekening BCA
    Setelah itu masukkan nomor rekening BCA di belakang kode transfer BCA. Jika sudah selesai memasukkan nomor rekening BCA, silahkan tekan tombol Benar.
  9. Masukkan Jumlah Transfer
    Langkah selanjutnya masukkan nominal transfer ke BCA. Jika sudah selesai memasukkan nominal transfer, silahkan tekan tombol Benar.
  10. Konfirmasi Transfer ke BCA
    Setelah itu cek kembali detail transfer ke BCA, yaitu dengan cek nama penerima, nomor rekening dan nominal transfer. Jika sudah benar, silahkan konfirmasi dengan cara tekan tombol Iya.
  11. Tunggu Transfer Selesai
    Kemudian silahkan tunggu proses kirim uang dari BNI ke BCA di mesin ATM tersebut.
  12. Selesai Transfer BNI ke BCA Lewat Mesin ATM
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mengirim uang dari BNI ke BCA di mesin ATM, nantinya kalian akan mendapat bukti berupa Struk.

Melalui mesin ATM BNI, selain dapat digunakan untuk transfer ke bank lain, nasabah juga bisa transfer uang untuk melakukan top up saldo DANA via BNI. Dengan begitu nantinya saldo DANA akan diisi menggunakan saldo di rekening bank BNI.

Transfer ke BCA Via BNI Mobile

Transfer ke BCA Via BNI Mobile

Cara kirim uang dari BNI ke BCA kedua yaitu melalui aplikasi BNI Mobile. Menggunakan cara ini, kalian perlu memiliki akun BNI Mobile dan tentunya sudah install aplikasi BNI Mobile di HP Android maupun iPhone. Cara transfer BNI ke Bank Central Asia lewat MBanking adalah sebagai berikut:

  1. Buka BNI Mobile
    Langkah pertama silahkan buka aplikasi BNI Mobile di HP Android maupun iOS, pastikan aplikasi BNI Mobile tersebut sudah di update ke versi terbaru.
  2. Login BNI Mobile
    Langkah kedua lakukan login ke akun BNI Mobile, yakni menggunakan User ID dan MPIN BNI Mobile maupun pakai metode sidik jari.
  3. Ketuk Menu Transfer
    Langkah ketiga masuk ke halaman transfer di BNI Mobile, yaitu dengan cara ketuk menu Transfer di halaman utama aplikasi BNI Mobile.
  4. Ketuk Transfer Antar Bank
    Langkah keempat lanjutkan ke halaman transfer antar bank di BNI Mobile, yakni dengan cara ketuk tombol Transfer Antar Bank.
  5. Ketuk Input Baru
    Langkah selanjutnya silahkan masuk ke halaman transfer baru ke bank lain. Yaitu dengan cara ketuk tombol Input Baru.
  6. Pilih Bank Tujuan Transfer
    Setelah itu pilih bank tujuan transfer di BNI Mobile. Yakni dengan cara ketuk kolom Tujuan Transfer, lalu silahkan cari dan pilih bank BRI.
  7. Masukkan Nomor Rekening BCA
    Selanjutnya masukkan nomor rekening tujuan transfer di BNI. Yakni dengan cara ketik nomor rekening bank BCA sebagai tujuan transfer.
  8. Masukkan Jumlah Transfer ke BCA
    Setelah itu masukkan nominal transfer ke BCA. Yaitu dengan ketik nominal transfer dari rekening BCA. Jika sudah, kalian bisa lanjutkan dengan cara pilih metode transfer, lalu tekan Lanjut di bagian bawah.
  9. Konfirmasi Transfer BNI
    Kemudian silahkan konfirmasi transfer di MBanking BNI, yaitu dengan cara masukkan PIN BNI Mobile.
  10. Selesai Transfer BNI ke BCA Lewat MBanking
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba mengirim uang dari BNI ke BCA lewat aplikasi BNI Mobile.

Kirim Uang BNI ke BCA Via Internet Banking

Kirim Uang BNI ke BCA Via Internet Banking

Cara transfer BNI ke Bank Central Asia selanjutnya yaitu via Internet Banking. Kalian bisa gunakan cara ini menggunakan perangkat HP maupun menggunakan perangkat komputer. Cara transfer BNI ke BCA lewat Internet Banking adalah sebagai berikut:

  1. Buka Internet Banking BNI
    Langkah pertama kunjungi halaman resmi Internet Banking BNI di https://ibank.bni.co.id menggunakan perangkat HP maupun komputer.
  2. Login Internet Banking BNI
    Langkah kedua lakukan login Internet Banking BNI. Yakni dengan cara masukkan User ID dan password Internet Banking BNI, lalu tekan tombol Login.
  3. Pilih Menu Transfer
    Langkah ketiga silahkan pilih menu Transfer di tampilan utama Internet Banking BNI.
  4. Pilih Transfer Antar Bank
    Langkah keempat silahkan masuk ke layanan transfer antar bank. Yaitu dengan cara tekan tombol Transfer Antar Bank. Sehingga nantinya kalian bisa mengirim uang dari rekening BNI ke rekening BCA.
  5. Isi Detail Transfer BNI
    Langkah selanjutnya silahkan isi detail transfer di bank BNI. Yaitu dengan cara masukkan nomor rekening BCA, nama penerima dan beberapa informasi transfer lainnya.
  6. Konfirmasi Transfer di Internet Banking BNI
    Jika sudah benar memasukkan detail transfer, silahkan lanjutkan dengan cara tandai syarat dan ketentuan, lalu klik tombol Lanjutkan.
  7. Masukkan Token BNI
    Kemudian silahkan dapatkan dan masukkan token BNI E-Secure di kolom yang sudah tersedia.
  8. Selesai Transfer BNI ke BCA Via Internet Banking
    Nah setelah berhasil memasukkan token BNI E-Secure, sekarang kalian sudah berhasil mengirim uang dari BNI ke BCA via internet banking.

Transfer BNI ke BCA Via SMS Banking

Transfer BNI ke BCA Via SMS Banking

Cara transfer BNI ke Bank Central Asia selanjutnya yakni via layanan SMS Banking. Cara ini bisa kalian gunakan setelah mendaftar layanan SMS Banking di BNI. Cara kirim uang dari BNI ke BCA melalui SMS Banking adalah sebagai berikut:

  1. Buka Menu SMS
    Langkah pertama silahkan jalankan menu SMS di HP.
  2. Masukkan Format Transfer SMS Banking
    Langkah kedua silahkan masukkan format SMS Banking BNI ke bank lain. Yaitu dengan cara ketik format SMS: TRF(spasi) ANTARBANK+Nomor Rekening Tujuan+Nominal Transfer#kode Referensi#.
    Contoh: TRF ANTARBANK 01437630101XXX 500000#123#
  3. Kirim SMS ke 3346
    Langkah selanjutnya silahkan kirim format SMS Banking tersebut ke nomor 3346.
  4. Konfirmasi Transfer BNI
    Kemudian silahkan konfirmasi transfer BNI ke bank lain pada balasan SMS dari pihak bank BNI.
  5. Selesai Transfer BNI ke BCA Via SMS Banking
    Nah sekarang kalian sudah berhasil mencoba mengirim uang dari BNI ke BCA menggunakan layanan SMS Banking.

Kirim Uang BNI ke BCA Lewat Kantor Bank

Kirim Uang BNI ke BCA Lewat Kantor Bank

Cara transfer uang dari BNI ke Bank Central Asia yang terakhir yaitu melalui kantor cabang BNI terdekat. Menggunakan cara ini, kalian perlu datang dan temui Teller BNI untuk mengirim uang ke BCA. Cara kirim uang dari BNI ke BCA lewat kantor bank BNI adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke Kantor Bank BNI
    Langkah pertama kunjungi kantor BNI terdekat, pastikan kalian sudah membawa buku rekening dan E-KTP sesuai atas nama di rekening BNI tersebut.
  2. Ambil Antrean Teller
    Langkah kedua silahkan ambil nomor antrean Teller bank BNI.
  3. Informasi ke Teller Untuk Transfer
    Setelah mendapat panggilan Teller, silahkan beritahu ke Teller bahwa kalian akan melakukan transfer ke bank BCA.
  4. Berikan Nomor Tujuan Transfer
    Lalu silahkan sebutkan nomor rekening BCA yang akan kalian kirimi uang,
  5. Sebutkan Jumlah Transfer
    Kemudian sebutkan nominal transfer ke BCA.
  6. Selesai Transfer BNI ke BCA Lewat Kantor Bank
    Nah nantinya proses transfer ke BCA akan dilakukan atau diproses oleh Teller bank tersebut.

Akhir Kata

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara transfer BNI ke BCA dapat dilakukan melalui mesin ATM, MBanking, Internet dan SMS Banking maupun melalui kantor cabang BNI terdekat. Biaya transfer ditentukan dari metode transfer yang digunakan, yaitu mulai dari Rp. 2.500 sampai dengan Rp. 6.500. Sedangkan untuk limit transfer mulai dari Rp. 10.000.000 sampai dengan Rp. 250.000.000.

Sekian artikel kali ini tentang cara kirim uang BNI ke BCA, terima kasih sudah bersedia mengunjungi Investasiin.com dan semoga artikel di atas tentang cara kirim uang dari BNI ke BCA dapat menambah informasi bagi kalian semuanya.

Sumber gambar:

  • Tim Investasiin.com

Bagikan: