5 Cara Cek Status Pengajuan KPR BTN Online & Offline

Fathur Rasmono

Cara Cek Status Pengajuan KPR BTN

Cara Cek Status Pengajuan KPR BTN – Sudah bukan hal asing jika seseorang merasa cemas pengajuan kredit yang dilakukan sebelumnya mendapatkan disetujui atau ditolak oleh pihak terkait. Namun, karena teknologi kini telah berkembang untuk melakukan cek status juga bisa dilakukan secara online selain harus mendatangi kantor cabang ketika seseorang mengajukannya.

Hal ini sering mereka lakukan saat berniat memiliki rumah nyaman, dengan melakukan pengajuan terhadap suatu lembaga keuangan seperti Bank BTN. Perlu diketahui KPR BRN sendiri merupakan program kredit yang menawarkan bantuan kepada masyarakat luas guna mendapatkan hunian layak.

Dengan banyaknya orang melakukan permohonan terhadap program tersebut, maka cara cek pengajuan pinjaman pun disediakan berbagai metode online maupun offline. Hal ini sangat penting untuk diketahui karena calon debitur pastinya penasaran akan hasil dari saat ajukan KPR BTN.

Dengan demikian, jika kalian telah mengajukan kredit kepada pihak tersebut kini tidak perlu khawatir. Karena pada pembahasan kali ini, investasiin akan memberikan cara cek status pengajuan KPR BTN melalui berbagai metode yang tentunya mudah di pahami. Oleh karena itu, simak rangkuman investasiin berikut sampai selesai.

Cara Cek Status Pengajuan KPR BTN

Kredit Pemilikan Rumah Bank Tabungan Negara adalah istilah lengkap dari KPR BTN. Hal tersebut merupakan sebuah program perumahan penawaran pihak lembaga keuangan tersebut guna memudahkan calon pemilik hunian dimana mempunyai keinginan tempat tinggal atas nama pribadi akan tetapi terhalang keterbatasan dana.

Lewat KPR BTN, seseorang dengan keinginan memiliki rumah bisa mengajukan pinjaman kepada pihak terkait guna membeli atau bahkan membangun hunian sesuai dengan kemampuan finansialnya. Program ini secara garis besarnya mempunyai suku bunga serta persyaratan kompetitif dan disertai tenor fleksibel sehingga menyebabkan layanan tersebut merupakan solusi paling populer di tanah air.

Untuk mengetahui cara cek status pengajuan KPR BTN, simak ulasan berikut ini.

1. Cek Status Online

Cara cek status pengajuan KPR BTN yang pertama bisa dilakukan secara online, dengan mengikuti langkah berikut kalian bisa dengan mudah memeriksa hal tersebut tanpa mengunjungi kantor. Metode ini memberikan kenyamanan serta kemudahan untuk semua pengguna layanan tersebut guna memantau perkembangan pengajuan KPR BTN.

  • Langkah pertama, kunjungi website resmi Bank BTN di https://www.btn.co.id untuk melakukan proses membuat akun. Pada umumnya, kalian akan diharuskan mengisi formulir informasi data diri secara benar.
  • Setelah mempunyai akun, lengkapi informasi pengajuan yang kalian minta. Pastikan isi secara benar sesuai dengan lampiran data saat pengajuan.
  • Kemudian, unggah dokumen pendukung, sistem online KPR BTN secara garis besar akan meminta calon debitur untuk mengisi identitas, slip gaji, surat keterangan kerja, dan berkas relevan lain.Pastikan penuhi keperluan sesuai ketentuan pihak terkait.
  • Setelah melengkapi semua keperluan di atas, kalian bisa cek status melalui akun dimana telah dibuat sebelumnya. Pada umumnya, ada menu yang menyediakan informasi terkait status secara real time di fasilitas tersebut.

2. Cek Status Call Center

Untuk memeriksa status KPR BTN lewat call center, berikut langkah-langkahnya:

  • Sebelum menghubungi call center, pastikan mempersiapkan informasi meliputi nomor referensi yang didapatkan saat setelah pengajuan, nomor data diri, serta informasi pribadi lain.
  • Hubungi nomor Call Center BTN 1500286 sampai terhubung ke pihak terkait
  • Setelah terhubung, utarakan maksud menghubungi call center guna melakukan cek status pengajuan KPR BTN. Umumnya, pada proses ini kalian diharuskan menyebutkan nomor referensi guna memudahkan proses pengecekan.
  • Jika sudah, petugas akan memberikan informasi status pengajuan setelah memeriksa pada sistem menggunakan nomor referensi tadi.
  • Jika terdapat beberapa kekurangan dokumen atau berkas lain nantinya kalian diharuskan memenuhinya agar proses persetujuan dilanjutkan.

Perlu diperhatikan, saat terhubung pada nomor di atas untuk tetap menjaga privasi. Secara garis besar, pihak terkait hanya memerlukan informasi seputar nomor referensi saja.

3.Cek Status Secara Langsung

Cara cek status pengajuan KPR BTN selanjutnya bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor cabang lembaga keuangan terdekat. Berikut langkahnya:

  • Persiapkan setidaknya bukti berupa berkas pengajuan sebelumnya
  • Kunjungi kantor cabang KPR BTN terdekat dengan membawa berkas yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  • Setelah sampai dan mengambil nomor antrean tunggu beberapa saat hingga giliran tiba.
  • Jika sudah, datang ke layanan Customer Service guna melakukan cek status pengajuan KPR BTN.
  • Calon penerima akan diminta untuk memenuhi dokumen resmi sebagai bukti meliputi kartu identitas, nomor referensi, dan ketentuan lain.
  • Tunggu beberapa saat hingga petugas memproses pengecekan sampai selesai. Jika sudah, maka kalian akan diberikan informasi terkait status pengajuan dalam proses persetujuan atau terdapat beberapa keperluan lain.

4. Cek Status Melalui Email

Cek status berikutnya bisa melalui email pihak KPR BTN di [email protected]. Setelah mengajukan dan mungkin mengalami penasaran, kalian bisa mengirim email ke alamat tersebut dengan sertakan identitas diri meliputi nama, KTP, NIK, alamat tempat tinggal dan beberapa hal lain. Umumnya informasi seputar status pengajuan akan dikirimkan dalam waktu 1×24 jam.

5. Cek Status Melalui Jendela UMKM

Cara cek status pengajuan KPR BTN selanjutnya bisa melalui Jendela UMKM. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan perangkat yang digunakan terhubung koneksi internet
  • Buka browser dan masukkan kata kunci jendelaumkm.id
  • Setelah secara otomatis berpindah pada halaman utama, pilih Cek Subsidi
  • Masukkan NIK atau NPWP di dalam kolom yang disediakan
  • Beri ceklist pada captcha dan klik lanjutkan
  • Setelahnya, masukkan nomor rekening BTN
  • Jika sudah, informasi terkait status pengajuan KPR BTN akan ditampilkan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan terkait cara cek status pengajuan KPR BTN dari investasiin.com, semoga beberapa metode di atas bisa kalian gunakan sebagai solusi untuk mengatasi rasa penasaran akan hasil persetujuan dari pihak bersangkutan atas permohonan Kredit Pemilikan Rumah yang kalian ajukan.

Bagikan:

Ads - After Post Image