Maksimal Pinjaman KUR BRI 2024: Jenis, Syarat & Ketentuan

Fathur Rasmono

Maksimal Pinjaman KUR BRI

Maksimal Pinjaman KUR BRI – Sejak keberadaan program KUR BRI pada 6 maret 2023, Hal ini cukup membantu masyarakat pelaku UMKM dimana membutuhkan modal tambahan tanpa agunan untuk produk tertentu. Pasalnya terdapat beberapa jenis Kredit Usaha Rakyat dimana menawarkan batasan maksimal pinjaman dengan syarat berbeda.

Kredit Usaha Rakyat ini adalah kredit investasi jangka pendek hingga panjang atau pembiayaan modal kerja dengan maksimal kredit menyentuh angka Rp500 juta per individu. Adapun fokus dari program pemerintah ini berfokus untuk memberikan akses kepada pelaku UMKM dan koperasi dengan bisnis produktif.

Keberadaan program KUR BRI sendiri, yaitu untuk menguatkan kemampuan pembiayaan usaha guna melaksanakan kebijakan yang mengacu pada percepatan tumbuh kembang sektor riil serta pemberdayaan UMKM. Penyaluran dana tersebut juga dilakukan berdasarkan peninjauan secara langsung oleh pihak bank, setelahnya baru pelaku usaha menerima tambahan modal sesuai pengajuan sebelumnya.

Selain batas kredit cukup tinggi dan bisa diakses tanpa agunan, calon debitur juga akan mendapatkan suku bunga rendah yaitu 6% per tahun. Namun, tidak sedikit individu belum mengerti jumlah maksimal pinjaman KUR BRI. Sebagai hal yang patut dipertimbangkan, berikut investasiin.com berikan informasi mengenai hal tersebut beserta keperluan lain agar bisa mengaksesnya.

Maksimal Pinjaman KUR BRI

Terkait penyaluran KUR saat ini, pihak BRI telah menerima alokasi dana dari pemerintah senilai Rp270 triliun. Pada tahap awal maret 2023 ihak tersebut telah menerima dana sebesar Rp12 triliun. Tidak hanya berfokus terhadap penyaluran modal usaha, PT Bank Rakyat Indonesia juga telah mempersiapkan strategi guna menjaga kualitas KUR.

Selain menyalurkan pembiayaan KUR, BRI juga secara resmi berkomitmen untuk ikut serta secara aktif membantu pihak pemerintah dalam upaya meningkatkan kapasitas serta kapabilitas bisnis masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai pendorong momen pertumbuhan ekonomi dan mendukung ketersediaan lapangan pekerjaan masyarakat melalui berbagai aspek.

Dengan tersedianya KUR BRI yang menyesuaikan ketetapan Permenko yaitu UMKM produktif. Hal ini tentu bisa menyebabkan peningkatan daya saing usaha yang dijalankan oleh para pelaku. Tidak hanya itu, program ini tidak hanya bisa digunakan oleh pemilik UMKM saja melainkan dapat diakses oleh pelaku Ultra Mikro lewat KUR Super Mikro.

Perlu diketahui bahwasanya terdapat beberapa jenis KUR BRI dimana memiliki syarat berbeda untuk mengaksesnya. Sebagai informasi, pembiayaan maksimal pinjaman KUR BRI yaitu sebesar Rp500 Juta bagi pelaku UMKM.

Jenis Program KUR BRI

Setelah mengetahui batas maksimal pinjaman KUR BRI, tentu dengan nilai sebesar itu tidak sedikit para pelaku usaha berniat mengajukan kredit. Namun, sebelum melakukan hal tersebut calon debitur harus mengetahui terlebih dahulu terkait jenis program yang tersedia pada lembaga keuangan tersebut yaitu:

  • KUR Mikro BRI
  • KUR Kecil BRI
  • KUR TKI BRI

Syarat dan Ketentuan Pinjam KUR BRI

Seperti lembaga keuangan pada umumnya, pihak BRI juga menerapkan beberapa syarat dan ketentuan pinjaman KUR. Hal ini dibedakan menjadi 3 kategori sesuai ketersediaan jenis program yang ada di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Adapun persyaratan dimana perlu disediakan sebelum cara pengajuan KUR BRI seperti berikut ini.

Syarat dan Ketentuan KUR Mikro BRI

KUR Mikro BRI merupakan program dengan maksimal pinjaman sebesar Rp50 juta. Berikut persyaratan guna mengakses layanan tersebut.

  • Pelaku usaha produktif dan layak perorangan (Individu)
  • Usaha telah beroperasi secara aktif setidaknya selama 6 bulan
  • Tidak dalam proses menerima kredit perbankan kecuali pinjaman konsumtif
  • Melengkapi syarat administrasi meliputi KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha

Adapun ketentuan pinjaman KUR Mikro BRI yaitu:

ProgramKeterangan
KUR Mikro BRIMaksimal pinjaman Rp50 juta
Kredit Modal Kerja/ KMKJangka waktu maksimal 3 tahun
Kredit InvestasiJangka waktu maksimal 5 tahun
Suku Bunga6% Efektif per tahun
Biaya AdminBebas biaya admin dan Provisi

Syarat dan Ketentuan KUR Kecil BRI

KUR Kecil BRI merupakan pinjaman modal kerja atau investasi dimana mempunyai usaha layak dan produktif dengan plafon tertentu. Persyaratan calon debitur yang harus dipenuhi antara lain:

  • Memiliki usaha produktif dan layak
  • Tidak dalam proses menerima kredit perbankan kecuali pinjaman konsumtif
  • Usaha beroperasi aktif minimal selama 6 bulan
  • Mempunyai surat Izin Usaha Mikro serta Kecil (IUMK)

Adapun ketentuan pinjaman KUR Kecil BRI yaitu:

ProgramKeterangan
KUR Kecil BRIRp50 juta hingga Rp500 juta
Kredit Modal Kerja/ KMKJangka waktu maksimal 4 tahun
Kredit InvestasiJangka waktu maksimal 5 tahun
Suku Bunga6% Efektif per tahun
JaminanSesuai peraturan Bank BRI

Syarat dan Ketentuan KUR TKI BRI

KUR TKI BRI adalah pinjaman dimana bisa calon debitur ajukan saat akan melaksanakan pekerjaan di luar negeri dengan persyaratan berikut ini:

  • Calon debitur merupakan kandidat TKI dimana akan berangkat ke negara sesuai penempatan
  • KTP, Kartu Keluarga / KK
  • Perjanjian kerja bersama pengguna jasa
  • Perjanjian penempatan
  • Passpor
  • Visa
  • Syarat lain sesuai ketentuan pihak BRI

Adapun ketentuan pinjaman KUR TKI BRI yaitu:

ProgramKeterangan
KUR TKI BRIMaksimal Rp25 juta
Suku Bunga6% Efektif per tahun
Biaya AdminBebas biaya admin dan Provisi
TenorMaksimal 3 tahun/ sesuai kontrak kerja
PenempatanSingapura, Hong Kong, Brunei, Taiwan, Malaysia, Jepang, Korea Selatan

Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah informasi dalam bentuk tabel untuk menjadi pertimbangan bagi kalian yang berniat mengajukan pinjaman KUR BRI.

Tabel KUR BRI

Kesimpulan

Sekian informasi terkait maksimal pinjaman KUR BRI yang bisa investasiin.com sampaikan, Nantikan informasi seputar program pemerintah berikutnya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kalian yang telah memiliki usaha produktif serta berniat mengembangkan bisnis.

Bagikan:

Ads - After Post Image