3 Cara Ubah Cicilan Kartu Kredit BNI Mudah & Praktis

Bayu Darmaji

Cara Ubah Cicilan Kartu Kredit BNI

Cara Ubah Cicilan Kartu Kredit BNI – Bagi nasabah bank BNI sudah tidak asing lagi dengan adanya fasilitas yang satu ini. Kartu kredit dimana merupakan alat transaksi berbelanja secara online untuk membeli produk atau barang. Ternyata, tagihan dalam kartu kredit dapat diubah menjadi cicilan dibayar setiap bulan.

Sama halnya dengan menggunakan kartu kredit BCA untuk cicilan, cara ubah tagihan menjadi cicilan kartu kredit BNI juga dapat dilakukan melalui beberapa metode. Akan tetapi, terdapat suku bunga saat kalian ubah cicilan kartu kredit BNI.

Uniknya, saat kalian ubah tagihan kartu kredit menjadi cicilan dan bayar tepat pada tanggal yang disesuaikan, maka dipastikan ada reward diberikan oleh pihak Bank BNI. Namun, sayangnya beberapa nasabah belum mengetahui cara tersebut, sehingga tagihan menumpuk serta bingung untuk membayarnya.

Padahal, cara ubah tagihan kartu kredit BNI menjadi cicilan bisa dilakukan dengan mudah. Nah, pada kesempatan ini kami akan menginformasikan kepada nasabah BNI khususnya yang belum mengetahui cara ubah tagihan kartu kredit menjadi cicilan, lebih jelasnya silakan simak ulasan berikut ini.

Bunga Cicilan Kartu Kredit BNI

Sudah sedikit disinggung di awal bahwa ketika ubah tagihan menjadi cicilan dalam kartu kredit BNI akan terkena suku bunga. Bunga dikenakan apabila terdapat pembayaran tidak penuh atau pihak BNI menerima pembayaran setelah tanggal jatuh tempo.

Bunga cicilan kartu BNI berbeda-beda setiap minimum transaksi dan periode. Bunga cicilan kartu kredit BNI adalah sebagai berikut.

Bunga CicilanPeriodeMinimum Transaksi
 0.8% flat/bulan 3 bulan Rp1.000.000
 0.8% flat/bulan 6 bulan Rp1.000.000
 0.8% flat/bulan 9 bulan Rp1.000.000
 0.8% flat/bulan 12 bulan Rp1.000.000
0.75% flat/bulan  18 bulan Rp1.500.000
0.7% flat/bulan 24 bulan Rp1.500.000

Untuk lebih jelasnya kami akan menyediakan simulasi perhitungan kartu Kredit BNI, dengan contoh total belanja Rp1.200.000 memilih jangkau waktu cicilan 12 bulan dan dikenai bunga sebesar 0.8% maka perhitungannya adalah sebagai berikut.

Rp1.200.000 : 12 bulan = Rp100.000

Rp1.200.000 x 0.8% = Rp9.600

Rp100.000 + Rp9.600 = Rp109.600

Maka cicilan per bulan yang harus dibayar adalah Rp109.600

Itulah, bunga beserta simulasi perhitungan sederhana yang mungkin dapat menjadi contoh ketika kalian akan ubah tagihan menjadi angsuran kartu kredit BNI.

Cara Ubah Cicilan Kartu Kredit BNI

Setelah mengetahui bunganya, sekarang saatnya menuju topik utama yaitu cara ubah tagihan menjadi angsuran kartu kredit BNI. Tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja berikut adalah beberapa cara mengubah tagihan kartu kredit BNI menjadi angsuran setiap bulan.

Lewat BNI Credit Card Mobile

Cara ubah yang pertama yaitu lewat BNI Credit Card Mobile. Apabila kalian belum mempunyai, Aplikasi BNI Credit Card Mobile silakan download di Google Play Store ataupun App Store dengan gratis. Jika sudah, ikuti langkah berikut untuk ubah cicilan kartu kredit BNI lewat BNI Credit Card Mobile.

  • Buka aplikasi BNI Credit Card Mobile.
  • Masukkan username dan password, jika belum mempunyainya maka lakukan pendaftaran di kantor cabang BNI terdekat. Ikuti arahan customer service lalu jika sudah terdaftar ingat username dan password guna menghindari pembuatan akun ulang.
  • Sesudah login, kalian akan dibawa ke halaman utama BNI Credit Card Mobile, lalu untuk mengubah transaksi pembayaran pilih menu Ubah Cicilan.
  • Selanjutnya, akan di layar smartphone menampilkan beberapa pilihan menu guna melakukan pergantian transaksi kartu kredit. Ikuti petunjuk yang diberikan aplikasi hingga proses selesai.
  • Selesai, tunggu konfirmasi persetujuan kalian akan diberi informasi meliputi jadwal, nominal, dan waktu bayar cicilan kartu kredit.

Lewat SMS

Selain aplikasi, kalian dapat menggunakan cara sederhana yaitu fitur SMS. Ketika melakukan transaksi menggunakan kartu kredit BNI dengan nominal lebih dari Rp1.500.000, maka sebuah pesan singkat akan langsung terkirim ke smartphone.

Isi pesan berupa tawaran pemindahan transaksi menjadi cicilan dimana dapat dibayar setiap bulan. Jumlah cicilan perlu dibayar setiap bulan akan mendapat bunga tetapi masih tergolong ringan. Jika, kalian berminat silakan ikuti langkah berikut ini.

  • Buka fitur SMS di smartphone kalian.
  • Cari pesan terkait dengan tawaran kartu kredit BNI tersebut.
  • Lalu, balas dengan format pesan: INS#003746#<8 digit angka terakhir kartu kredit>#tenor.
  • Jika format sudah benar, kemudian kirim SMS tersebut ke nomor 3346.

Untuk memastikan bahwa cara ini berhasil pastikan kalian mempunyai pulsa pada ponsel cukup untuk biaya satu kali SMS. Biasanya biaya membalas pesan tersebut berkisar Rp650 saja sudah dipotong pajak sebesar 10%.

Lewat Call Center

Cara terakhir adalah melakukan panggilan ke pihak call center BNI tersedia 24 jam siap melayani kepada nasabah BNI. Kalian dapat menghubungi ke nomor 1500046 untuk mengajukan permohonan mengubah tagihan menjadi cicilan. Sebelum melakukan panggilan suara sebaiknya pastikan saldo pulsa di smartphone mencukupi untuk melakukan telepon.

Pada umumnya, ketika menghubungi call center akan dikenakan biaya bekisar Rp2.000 hingga Rp3.000 per menitnya. Jika, pulsa sudah siap langsung saja melakukan panggilan ke call center BNI. Katakan, bahwa maksud kalian melakukan panggilan tersebut untuk ubah tagihan kartu kredit menjadi cicilan.

Selanjutnya, petugas akan mengatakan bahwa tagihan pada transaksi tersebut sudah diubah menjadi cicilan. Setelah itu, kalian bisa mengangsur sesuai tanggal jatuh tempo dan jumlah angsuran beserta bunga.

Kesimpulan

Sekian pembahasan tentang cara ubah cicilan kartu kredit BNI, dapat disimpulkan bahwa proses tersebut akan dikenai bunga setiap mengangsur. Semoga informasi dari investasiin.com dapat membantu kalian dalam mengubah tagihan kartu kredit BNI menjadi cicilan.

Bagikan: