4 Cara Pinjam Uang di BRI 2024: Syarat & Bunga

Desta Harjito

Cara Pinjam Uang di BRI

Cara Pinjam Uang di BRI – Menjadi salah satu bank nasional di Indonesia, BRI telah memberikan sejumlah layanan yang sangat lengkap. Terutama untuk layanan mempermudah transaksi nasabahnya, seperti misalnya menyediakan aplikasi BRImo untuk mempermudah cara transfer BRI ke bank lain atau sesama.

Namun selain menyediakan layanan yang lengkap, BRI juga menawarkan berbagai macam produk, seperti salah satunya adalah produk pinjaman. Dimana produk pinjaman ini diperuntukan untuk nasabah BRI yang sedang membutuhkan dana mendadak.

Untuk itu, pada kesempatan hari ini kami ingin memberikan informasi mengenai cara pinjam uang di BRI. Barang kali saja ada diantara kalian yang merasa ingin meminjam uang di BRI, namun belum mengetahui bagaimana cara meminjamnya. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kalian untuk melihat informasi dari kami ini.

Karena selain memberikan informasi cara pinjam uang, kami juga turut memberikan beberapa informasi yang masih ada hubungan dengan cara pinjam uang di BRI, mulai dari jenis pinjaman, syarat sampai dengan bunga. Sehingga kalian dapat mengetahui informasi seputar pinjaman di BRI secara lengkap.

Jenis Pinjaman Uang di BRI

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, tidak hanya informasi cara pinjam uang di BRI saja yang akan kami berikan. Melainkan ada beberapa informasi lainnya juga, dan salah satunya adalah jenis pinjaman uang di BRI. Secara umum, pinjaman uang di BRI terbagi menjadi dua, yaitu pinjaman individu dan UMKM.

1. Pinjaman Individu

Untuk pinjaman individu BRI masih terbagi menjadi dua bagian, yaitu pinjaman KPR dan BRIGUNA. Dimana pinjaman KPR BRI menawarkan dua produk, yaitu KPR BRI yang merupakan solusi dan kemudahan bagi kalian yang ingin memiliki rumah dan KPR Sejahtera FLPP BRI yang merupakan program kepemilikan rumah dari pemerintah.

Sedangkan untuk pinjaman BRIGUNA juga masih terbagi menjadi beberapa jenis pinjaman, diantaranya adalah Briguna Karya, Briguna Purna, Briguna Umum dan Briguna Pendidikan. Secara umum, pinjaman BRIGUNA adalah pinjaman multiguna berdasarkan dari jenis pekerjaan pemimjam.

2. Pinjaman UMKM

Sedangkan untuk jenis pinjaman uang di BRI selanjutnya adalah jenis pinjaman UMKM, dimana jenis pinjaman ini lebih diperuntukan bagi kalian yang memiliki usaha. Dengan jenis pinjaman yang ditawarkan juga terbagi menjadi tiga, yaitu pinjaman micro , retail menegah dan pinjaman program.

Untuk pinjaman micro BRI sendiri menawarkan, pinjaman KUR dan Kupedes. Sedangkan untuk pinjaman uang BRI retail menengah menawarkan, pinjaman kredit modal kerja dan kredit investasi. Untuk pinjaman program, ada pinjaman kredit pangan, resi gudang dan kredit kemitraan.

Syarat Pinjam Uang di BRI

Setelah mengetahui beberapa jenis pinjaman uang di BRI, maka hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah syarat pinjam uang di BRI. Secara umum syarat pinjam uang di BRI itu berbeda-beda, berdasarkan dengan jenis pinjaman yang akan diambil.

Namun ada beberapa syarat dari beberapa pinjaman tersebut yang sama, beberapa syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kartu identitas (KTP)
  • Kartu keluarga (KK)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat izin usaha (SIUP) untuk jenis pinjaman UMKM

Bunga Pinjaman Uang di BRI

Sedangkan untuk bunga pinjaman uang di BRI juga bervariasi berdasarkan jenis pinjamannya. Namun secara keseluruhan, pinjaman uang di BRI memiliki suku bunga kompetitif, sehingga tidak akan membebani pemimjam. Hal tersebut juga yang membuat banyak orang meminjam uang di BRI.

Cara Pinjam Uang di BRI

Setelah mengetahui beberapa hal tentang pinjaman uang di BRI, maka hal terakhir yang perlu diketahui adalah cara pinjam uang di BRI. Untuk cara meminjam uang di BRI sendiri ada beberapa macam cara, kalian dapat memilih salah satu cara dari beberapa cara yang akan kami berikan dibawah ini.

1. Website Resmi

Cara pertama adalah melalui layanan website resmi BRI. Untuk dapat menggunakan cara pinjam ini, kalian harus terhubung dengan internet. Dengan media yang digunakan bisa menggunakan handphone, laptop atau komputer yang kalian miliki.

  • Cara pertama silahkan kunjungi website pinjaman.bri.co.id.
  • Setelah itu, cara selanjutnya tinggal pilih menu Pengajuan.
  • Pada halaman selanjutnya silahkan pilih Simple Form.
  • Pada bagian Syarat dan Ketentuan, silahkan pilih Setuju untuk melanjutkan cara pinjam uang di BRI.
  • Setelah itu tinggal mengikuti instruksi berikutnya sampai pinjaman uang kalian disetujui.

2. Layanan BRISPOT

Cara pinjam uang di BRI selanjutnya dapat dilakukan melalui layanan BRISPOT. Layanan ini juga merupakan layanan online BRI untuk mempermudah nasabahnya, dimana layanan BRISPOT sendiri bisa melalui website atau aplikasi sesuai dengan keinginan kalian.

Namun untuk kalian yang baru pertama kali menggunakan BRISPOT, maka kalian harus mengaksesnya melalui aplikasi. Karena cara daftar BRISPOT hanya dapat dilakukan melalui aplikasi. Setelah kalian memiliki akun BRISPOT, baru kalian dapat mengaksesnya melalui website.

  • Silahkan download aplikasi BRISPOT.
  • Setelah itu silahkan lakukan Registrasi sesuai dengan instruksi.
  • Apabila sudah berhasil melakukan registrasi, maka langkah selanjutnya tinggal pilih menu Pinjaman.
  • Pada bagian selanjutnya silahkan pilih Jenis Pinjaman.
  • Untuk langkah selanjutnya tinggal mengikuti instruksi peminjaman uang sampai selesai.

3. Aplikasi BRImo

Selain dapat digunakan untuk keperluan transaksi, BRImo juga dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman uang di BRI. Dengan cara pinjam uang di BRI melalui BRImo juga tidak terlalu berbeda jauh dengan cara sebelumnya, namun kalian juga harus sudah terdaftar sebagai pengguna BRImo sebelumnya.

  • Cara pertama adalah buka aplikasi BRImo, kemudian dilanjutkan dengan Login sesuai metode yang dipilih.
  • Setelah berhasil login dan masuk ke halaman utama, silahkan pilih menu Lainnya.
  • Selanjutnya silahkan cari menu Pinjaman BRI pada bagian Produk BRI.
  • Kemudian dilanjutkan dengan pilih Ajukan Baru, setelah itu silahkan pilih Jenis Pinjaman.
  • Untuk jenis pinjaman yang ditawarkan melalui BRImo adalah tiga, yaitu Kredit Investasi, Kredit Modal Kerja dan Kredit Konsumtif.
  • Apabila sudah memilih jenis pinjaman, silahkan pilih Ajukan.
  • Cara selanjutnya tinggal mengisikan Nominal Pinjaman, dan memiliki Tenor Peminjaman.
  • Apabila data pinjaman sudah diisi dengan benar, silahkan pilih Selanjutnya.
  • Pada bagian berikutnya tinggal Isi Data Pribadi sesuai dengan permintaan.
  • Setelah mengisi data pribadi, langkah terakhir tinggal Upload Foto KTP.
  • Apabila sudah melakukan cara tersebut, maka tinggal menunggu proses verifikasi.

4. Kantor Cabang

Apabila beberapa cara pinjam uang di BRI yang kami berikan diatas terlalu sulit atau membingungkan bagi kalian, maka kami sarankan kepada kalian untuk langsung mengunjungi salah satu kantor cabang BRI terdekat. Karena cara meminjam uang tersebut merupakan cara paling mudah untuk dilakukan.

Namun jangan lupa juga bagi kalian untuk membawa semua berkas dokumen sesuai dengan syarat. Karena berkas tersebut yang nantinya digunakan untuk pendataan dan proses verifikasi yang dapat menentukan apakah pinjaman kalian nantinya disetujui atau tidak.

Setelah kalian mengunjungi salah satu kantor cabang BRI dan membawa syarat dokumen yang dibutuhkan, cara selanjutnya tinggal menyampaikan keperluan kalian untuk meminjam uang kepada petugas. Setelah itu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan petugas sampai proses pengajuan pinjaman selesai.

Akhir Kata

Demikian itu informasi mengenai cara pinjam uang di BRI yang pada kesempatan hari ini dapat investasiin.com berikan kepada kalian, mudah-mudahan saja informasi mengenai cara meminjam uang yang baru kami sampaikan diatas tadi dapat memberikan manfaat bagi kalian.

Bagikan: