2 Cara Menutup Kartu Kredit BRI Mudah dan Aman Banget!!

Bayu Darmaji

Cara Menutup Kartu Kredit BRI

Cara Menutup Kartu Kredit BRI – Bagi nasabah BRI mempunyai kartu kredit adalah sebuah keuntungan karena dapat memudahkan pembayaran. Terlebih, sekarang banyak toko online menawarkan promo menarik dan diskon harga dengan metode pembayaran kartu kredit. Maka dari itu, sampai saat ini pengguna kartu kredit semakin menambah karena terdapat kelebihan di dalamnya.

Namun, dibalik keuntungannya memiliki sisi negatif yaitu bisa membuat pengguna semakin konsumtif bahkan sampai lalai dan tidak mampu bayar tagihan kartu kredit BRI. Sehingga, nasabah memutuskan untuk menutup kartu kredit supaya terhindar dari masalah tersebut. Akan tetapi, mereka belum mengetahui cara guna melakukan penutupan kartu kredit BRI.

Sampai-sampai ada beberapa nasabah sampai menggunakan jasa orang ketiga, yang dianggap sanggup dalam hal penutupan kartu kredit BRI. Padahal, proses penutupan kartu kredit dapat lakukan dengan mudah. Selain itu, perlu beberapa persyaratan untuk dapat mengajukan proses penutupan fasilitas tersebut.

Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui cara penutupan fasilitas dari bank BRI tersebut. Untuk lebih jelas mengenai cara menutup kartu kredit BRI silakan simak ulasan secara detail mudah dan aman yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Syarat Menutup Kartu Kredit BRI

Sudah sedikit disinggung di atas bahwa proses penutupan kartu kredit BRI bisa dilakukan dengan mudah, tetapi kalian harus memenuhi persyaratan dalam mengajukannya. Berikut beberapa syarat sebelum mengajukan permohonan menutup kartu kredit BRI.

Terbebas dari Tagihan

Syarat pertama yaitu status nasabah terbebas dari tagihan kartu kredit, dimana hal ini merupakan persyaratan utama dalam menonaktifkan kartu kredit BRI. Apabila, masih ada tagihan atau cicilan belum terlunasi, maka kartu tidak bisa dinonaktifkan.

Kalian bisa menghubungi call center pihak bank BRI untuk menanyakan detail tagihan di 14017, atau menggunakan aplikasi BRImo untuk mengecek cicilan yang masih ada di dalam kartu kredit.

Menonaktifkan Autodebet

Berikutnya, autodebet yang diketahui bisa dimanfaatkan membayar beberapa tagihan seperti listrik, telepon, internet, dan lainnya. Sehingga, menonaktifkannya merupakan syarat untuk menutup kartu kredit BRI.

Jika, autodebet masih aktif yang terjadi adalah limit kartu kredit terpotong secara otomatis membayar tagihan tersebut. Kalian dapat meminta bantuan dari pihak bank BRI untuk menonaktifkan autodebet.

Jadi, itulah beberapa syarat yang harus kalian lakukan sebelum mengajukan permohonan menutup kartu kredit BRI. Apabila, persyaratan di atas belum dilakukan sebaiknya jangan melakukan penutupan kartu kredit karena secara tidak langsung pasti di tolak oleh pihak bank BRI.

Biaya Penutupan Kartu Kredit BRI

Setelah memahami persyaratan pengajuan penutupan kartu kredit BRI, selanjutnya banyak yang menanyakan biaya menutupnya. Untuk biaya penutupan kartu kredit BRI yaitu Gratis atau tidak meminta pungutan biaya apapun dalam proses tersebut.

Namun, jika memang ada yakni kembali lagi ke persyaratan di atas yang harus dilunasi tagihan kartu kredit. Berikutnya kalian dapat melakukan proses penutupan kartu kredit BRI secara total.

Cara Menutup Kartu Kredit BRI

Sesudah memenuhi persyaratan dan mengerti akan tidak ada biaya dalam proses penutupan kartu kredit BRI, sekarang saatnya masuk ke topik utama yaitu cara menutupnya. Nasabah dapat menggunakan cara mendatangi kantor atau lewat telepon seperti berikut ini.

Mendatangi Kantor Cabang BRI

Cara pertama yang bisa dilakukan guna menutup kartu kredit BRI yaitu mendatangi kantor cabang BRI. Sebelum menuju kantor cabang, kalian harus membawa beberapa dokumen penting meliputi identitas, buku tabungan, serta kartu kredit sebagai syarat. Jika, sudah lengkap langsung saja lakukan cara berikut.

  • Langkah pertama, menuju kantor cabang BRI terdekat dari rumah, dengan membawa persyaratan beberapa dokumen untuk pengajuan menutup kartu kredit.
  • Jika sudah sampai di kantor cabang, ambil nomor antrean agar dapat pelayanan customer service.
  • Apabila, sudah mendapatkan giliran sesuai nomor antrean, lalu sampaikan kepada customer service bahwa hendak menutup kartu kredit.
  • Selanjutnya, tunggu customer service memeriksa kartu kredit dan identitas sebagai bentuk verifikasi data.
  • Selesai, customer service akan menerima pengajuan tersebut dan segera menutup kartu kredit, apabila masih ada tagihan petugas pasti akan menginformasikan serta menyuruh kalian melunasinya terlebih dahulu.

Untuk proses biasanya memakan waktu kurang lebih 20 hari kerja, sehingga kartu kredit ditutup seutuhnya. Sehingga, terbebas dari masalah kelalaian dalam melakukan belanja secara konsumtif.

Lewat BRI Call

Cara kedua sangat mudah dilakukan yaitu, menutup kartu kredit melalui BRI Call. BRI Call merupakan layanan konsumen dapat diakses melalui telepon oleh nasabah, kalian juga dapat melakukan keluhan serta meminta bantuan terkait cara menutup kartu kredit BRI diantaranya sebagai berikut.

  • Telpon BRI Call ke 14017 atau 1500017.
  • Akan ada konfirmasi pemilihan bahasa dan memilih layanan. Pilih bahasa Indonesia serta layanan berbicara kepada customer service kartu kredit.
  • Setelah dihubungkan dengan customer service, katakan bahwa kalian ingin melakukan penutupan kartu kredit serta alasan ingin menutupnya.
  • Customer server akan meminta data lengkap kalian berupa jenis kartu kredit, limit, nomor kartu kredit, nama pemilik, nama ibu kandung, tanggal lahir, serta data penting lainnya.
  • Kemudian, dalam proses menunggu customer service kalian akan diperdengarkan musik.
  • Setelah proses selesai, customer server akan menginformasikan beberapa tagihan atau tunggakan yang belum dibayar. Jika, tidak ada maka kalian akan langsung mendapat nomor laporan menutup kartu kredit.
  • Selesai, kartu kredit akan ditutup pada saat itu juga, tetapi untuk seutuhnya memerlukan waktu maksimal 20 hari kerja.
  • Jika, sudah 20 hari akan ada surat penutupan kartu sebagai tanda kartu kredit BRI sudah di tutup.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai cara menutup kartu kredit BRI. Dapat disimpulkan bahwa proses tersebut bisa dilakukan dengan mudah, asal tidak memiliki tagihan atau sudah menonaktifkan fitur autodebet. Semoga informasi yang investasiin.com bagikan dapat menambah ilmu serta wawasan kalian dalam cara penutupan kartu kredit BRI.

Bagikan: