3 Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga Mudah & Praktis!

Bayu Darmaji

Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga

Cara Aktivasi Kartu Kredit Cimb Niaga – Bagi kalian pengguna kartu kredit, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama bank yang satu ini. CIMB Niaga merupakan bank swasta berkantor pusat di Jakarta dan memiliki 374 kantor cabang, 44 titik pembayaran, 33 kantor kas bergerak, serta 4.316 ATM tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, CIMB Niaga menawarkan beragam layanan menarik sehingga memberi kepuasan bagi nasabahnya.

Berbicara tentang kartu kredit CIMB Niaga, ada hal penting yang harus diketahui untuk para penggunanya. CIMB Niaga perlu aktivasi terlebih dahulu supaya dapat digunakan sebagaimana mestinya, sama halnya dengan kartu kredit untuk mahasiswa. Pasalnya, kartu tersebut ketika dikirimkan masih dalam kondisi belum aktif dan perlu proses aktivasi.

Bank CIMB Niaga menyediakan beberapa cara bagi nasabahnya guna aktivisi kartu kredit baru mereka. Meskipun cara aktivisi kartu tersebut cukup mudah, tidak sedikit orang dibuat pusing. Sebab, belum mengetahui layanan apa saja yang dapat digunakan untuk proses itu.

Jadi, pada kesempatan ini kami akan membantu kalian yang bingung untuk cara mengaktifkan kartu kredit CIMB Niaga. Daripada penasaran, silakan simak ulasan di bawah ini mengenai cara aktivasi kartu kredit CIMB Niaga melalui berbagai layanan mereka.

Cara Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga

Kartu Kredit CIMB Niaga memiliki berbagai jenis kartu seperti Visa Platinum, Air Asia BIG Card, MasterCard Platinum, Visa Gold, hingga MasterCard Gold. Setiap jenis kartu kredit CIMB Niaga terdapat kode unik dikenal sebagai kode CVV.

Kode CVV CIMB Niaga merupakan 3 digit kode keamanan terdapat pada akhir panel tanda tangan di sisi belakang kartu kredit. Kode tersebut dipakai untuk transaksi tanpa kehadiran fisik, seperti transaksi belanja online.

Seperti telah disinggung di atas bahwa cara aktivasi kartu kredit CIMB Niaga cukup mudah karena pihak bank menyediakan beberapa layanan untuk proses itu. Ada 4 layanan untuk mengaktifkan kartu CIMB Niaga diantaranya sebagai berikut.

Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga OCTO Mobile

Cara pertama yaitu melalui aplikasi OCTO Mobile, dimana merupakan layanan mobile banking dari CIMB Niaga dilengkapi dengan fitur mengaktifkan kartu kredit baru. Agar dapat melakukan cara ini, kalian harus mempunyai aplikasi OCTO Mobile pada Smartphone Android atau iOS.

Apabila, belum memilikinya silakan download lewat Google Play Store atau AppStore kemudian lanjutkan dengan daftar akun. Keuntungan cara ini yaitu dapat sekaligus membuat PIN kartu kredit baru. Cara aktifkan kartu kredit CIMB Niaga lewat OCTO Mobile diantaranya sebagai berikut.

1. Pertama, buka aplikasi OCTO Mobile.

2. Selanjutnya, Login menggunakan ID kalian.

3. Lalu, pada halaman pertama pilih menu My Account/Rekening Saya.

4. Kemudian, di tahap selanjutnya silakan pilih kartu kredit yang akan diaktifkan.

5. Berikutnya, tap opsi di pojok kanan atas, lalu pilih Activate.

Aktivasi Cimb Niaga

6. Untuk melanjutkan silakan tap YES.

Tap YES

7. Setelah itu, kalian diminta untuk membuat PIN Kartu kredit pada dua kolom yang tersedia. Jika sudah, silakan tap Next untuk lanjut.

Pin CIMB Niaga

8. Masukkan kembali PIN OCTO Mobile sebagai konfirmasi terakhir.

Konfirmasi PIN OCTO Mobile

9. Selesai, jika berhasil aktivasi kartu kredit CIMB Niaga kalian akan dibawa ke halaman seperti gambar di bawah ini.

Berhasil Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga

Setelah melakukan aktivasi kartu kredit melalui OCTO Mobile, ada tahap satu lagi agar kartu dapat digunakan untuk bertransaksi. Tahap selanjutnya adalah aktivasi PIN untuk melakukannya ikuti langkah berikut.

  • Buka fitur SMS di Smarphone kalian.
  • Tulis format: PIN<spasi>4 angka terakhir nomor kartu kredit<spasi>tanggal lahir.
  • Contoh: PIN 1597 455689154
  • Kemudian kirim pesan tersebut ke 1418.

Setelah itu, kalian akan mendapatkan pesan berupa kode PIN kartu kredit CIMB Niaga, pastikan dijaga kerahasiaannya dan diingat. Harap dicatat, pin tidak dibutuhkan apabila total transaksi kurang dari Rp1.000.000.

Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga via Call Center

Cara aktivasi kedua yaitu melalui layanan call center CIMB Niaga ke nomor 14041. Perlu dicatat, sebagaimana mestinya melakukan panggilakan telepon tidaklah gratis, begitu juga call center CIMB Niaga. Jadi, kalian perlu menyiapkan pulsa lebih banyak agar dapat menggunakan cara ini.

Kami sarankan, mengisi pulsa terlebih dahulu setidaknya kurang lebih Rp50.000. Keuntungan dari call center dapat dimanfaatkan untuk bertanya apa saja termasuk menanyakan cara aktivasi kartu kredit baru. Apabila, pulsa berhasil terisi silakan melakukan panggilan ke nomor yang sudah disebut di atas, lalu ikuti perintah dari petugas customer service CIMB Niaga.

Aktivasi Kartu Kredit CIMB Niaga via SMS

Selain menggunakan Telepon, bisa juga lewat SMS dengan syarat utama yaitu nomor HP. Ketika ingin mengaktifkan kartu kredit melalui cara ini, kalian mengirimkan SMS dari nomor HP yang sudah terdaftar di sistem CIMB Niaga. Cara aktivasi malalui SMS adalah sebagai berikut.

  • Pertama, hidupkan Smartphone kalian lalu buka fitur SMS.
  • Tuliskan format khusus ini: AKT<spasi>TCOK<spasi>4 digit nomor kartu kredit terakhir<spasi>tanggal lahir (DD/MM/YYYY).
  • Contoh: AKT TCOK 1568 01021992
  • Kemudian, kirim SMS tersebut ke 1418.
  • Tunggu balasan dari pihak CIMB Niaga yang berisi status proses aktivasi.

Untuk mendapat respon dari pihak CIMB Niaga saat menggunakan cara aktivasi SMS biasanya maksimal 1×24 jam. Jika memang, balasan tak kunjung didapatkan setelah waktu kurang lebih 24 jam, silakan hubungi call center 14041 atau (+6221) 2997 8888 jika berada di luar negeri.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara aktivasi kartu kredit CIMB Niaga yang bisa dilakukan dengan mudah. Apabila, tidak bisa menggunakan cara di atas maka kami sarankan menuju kantor cabang bank CIMB Niaga terdekat. Semoga informasi yang investasiin.com bagikan dapat membantu kalian dalam mengaktifkan kartu kredit CIMB Niaga.

Bagikan: