Gaji Kepala Toko Alfamart 2024: Tugas & Tanggung Jawabnya

Giring Baskoro

Gaji Kepala Toko Alfamart

Gaji Kepala Toko Alfamart – Alfamart merupakan salah satu jaringan ritel terbesar yang ada di Indonesia. Ritel tersebut sudah membuka cabang hampir di seluruh daerah Tanah Air baik itu kota besar dan kecil pun sudah ada. Alfamart ini menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga seperti alat mandi, makanan, minuman, jajanan dan masih banyak lagi.

Selain terkenal karena menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok, Alfamart juga memberikan kesempatan lowongan kerja bagi orang yang membutuhkan. Lowongan kerja dengan berbagai posisi hampir setiap tahunnya dibuka oleh pihak Alfamart. Bergabung dengan Alfamart ini tentu dapat memberikan keuntungan, karena setelah tergabung kalian akan mendapatkan jenjang karir sampai menjadi kepala toko.

Untuk mencapai kepala toko biasanya membutuhkan pengalaman serta waktu yang tidak sedikit. Apabila sudah tergabung dengan Alfamart, kalian pastinya penasaran dan ingin mencapai posisi menjadi kepala toko karena akan mendapatkan gaji serta tunjangan menarik. Gaji kepala toko Alfamart dapat dikatakan lebih tinggi daripada karyawan biasa.

Mungkin saja kalian adalah bagian karyawan Alfamart kemudian ingin mengerti seberapa besar gaji kepala toko lalu mencari informasinya lewat media sosial. Maka investasiin.com akan memberikan informasi tersebut kepada kalian. Berikut ini penjelasan secara detail mengenai tugas dan gajinya.

Tugas Kepala Toko Alfamart

Sebelum membahas gaji kepala toko Alfamart, kami ingin memberikan informasi terkait tugasnya terlebih dahulu. Cukup penting sebagai seorang karyawan Alfamart mengetahui apa saja tugas dari kepala toko Alfamart. Karena sebagai karyawan biasa, bisa saja mendapatkan kenaikan jabatan menjadi seorang kepala toko.

Hal itu bisa saja terjadi apabila kinerja dari karyawan itu cukup baik kemudian dinilai oleh atasan. Oleh karena itu, bagi yang bekerja sebagai karyawan biasa di Alfamart sebaiknya untuk memberikan kemampuan secara maksimal, dengan begitu posisi kalian terus meningkat. Dengan kenaikan jabatan, maka secara otomatis gaji kalian pun juga akan mengalami peningkatan.

Dalam susunan kerja di Alfamart, gaji seorang karyawan dibeda-bedakan tergantung dari posisi dan jabatannya. Untuk karyawan biasa tentu akan memiliki gaji yang relatif lebih kecil daripada seorang kepala toko. Berikut ini adalah tugas dari seorang kepala toko Alfamart.

1. Mengelola Kegiatan Operasional Toko

Sebagai pemimpin, kepala toko memiliki tanggung jawab atas pengelolaan toko baik itu operasional secara keseluruhan. Tugas ini biasanya terdiri dari pengawasan, tata letak toko, kebersihan dan pemeliharaan. Selain itu, sebagai kepala toko juga harus mengawasi proses operasional setiap harinya mulai dari pembelian, manajemen inventaris dan pengiriman. Tugasnya memang cukup banyak sehingga gaji kepala toko Alfamart lebih tinggi dari karyawan biasa.

2. Mencapai Target Penjualan

Tugas lainnya dari kepala toko Alfamart yaitu mencapai target penjualan yang sudah ditetapkan dari perusahaan. Kepala toko harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan penjualan secara efektif, melakukan analisis pasar, mengawasi harga dan promosi yang melibatkan tim penjualan demi mendapatkan hasil optimal.

3. Manajemen Tim

Kepala toko Alfamart bertugas melakukan pengelolaan atas tim di toko. Tugas ini seperti rekrutmen, pelatihan, pengembangan serta pengawasan karyawan. Kepala toko harus dapat memastikan bahwa tim memiliki keterampilan serta pengetahuan sesuai yang dibutuhkan, memberikan bimbingan, lalu melaksanakan evaluasi kinerja secara rutin.

4. Implementasi Kebijakan Perusahaan

Kepala toko Alfamart bertanggung jawab dalam memastikan kepatuhan karyawan terhadap kebijakan dari perusahaan di toko. Kepala toko harus mengawasi kebijakan terkait tata tertib, keamanan, manajemen stok, pemasaran, layanan pelanggan dan penjualan.

5. Peningkatan Pengalaman Pelanggan

Sebagai pemimpin tentu memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan pengalaman menyenangkan dari pelanggan di toko. Tugas dari kepala toko Alfamart ini mencakup dalam pengembangan strategi pelayanan pelanggan, pelatihan karyawan demi memberikan pelayanan terbaik, mengatasi keluhan pelanggan serta meningkatkan kualitas layanan di toko secara keseluruhan.

6. Evaluasi Kinerja

Seorang kepala toko Alfamart harus mengevaluasi kinerja karyawan secara berkala. Pemimpin toko harus melihat metrik kinerja kunci (KPI) demi mengukur hasil penjualan, kepuasan pelanggan, efisiensi, pencapaian target serta operasional. Berdasarkan pada evaluasi tersebut, kepala toko akan mengidentifikasi area lalu mengimplementasikan perbaikan.

7. Kolaborasi dengan Tim Manajemen Lainnya

Kepala toko Alfamart dapat melakukan kerja sama dengan tim manajemen seperti Assistan Chief of Store atau departemen lainnya. Seorang kepala toko harus dapat berkomunikasi secara efektif, berkolaborasi lalu membuat keputusan strategis bersama dengan tim.

Gaji Kepala Toko Alfamart

Setelah mengetahui apa saja tugas dari seorang kepala toko Alfamart. Lalu selanjutnya masuk ke dalam pembahasan mengenai gaji kepala toko Alfamart. Dari gaji memang cenderung lebih tinggi daripada karyawan biasa karena memiliki tugas dan tanggung jawab cukup besar.

Cara kerja dari seorang kepala toko Alfamart juga berbeda yang biasanya tidak secara langsung terjun ke toko. Namun, terkadang kepala toko juga akan langsung turun tangan apabila terjadi masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh karyawannya. Oleh karena itu, perusahaan memberikan gaji kepala toko Alfamart cukup tinggi.

Untuk gaji kepala toko Alfamart ini mencapai Rp 2.500.000 – Rp 3.000.000 ini belum termasuk tunjangan yang didapatkan. Biasanya setelah mendapatkan tunjangan kinerja dan transportasi gajinya dapat menyentuh angka hingga Rp 4.000.000 lebih. Karena gaji tinggi tersebut, mungkin kalian ingin mencapai posisi seorang kepala toko.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari investasiin.com mengenai gaji kepala toko Alfamart. Semoga dengan adanya informasi dapat dijadikan sebagai bahan referensi kalian yang ingin mencapai posisi sebagai kepala toko Alfamart. Terima kasih telah membaca artikel ini, nantikan informasi terbaru lainnya.

Bagikan:

Ads - After Post Image