10 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula Secara Online 2024

Rizal Nasmoko

CARA INVESTASI REKSADANA UNTUK PEMULA

Cara Investasi Reksadana untuk Pemula – Menjadi seorang investor merupakan pilihan yang tepat apabila ingin menata kondisi keuangan di masa mendatang. Apabila baru terjun di dunia investasi, mungkin Reksadana bisa menjadi pilihan terbaiknya.

Pada dasarnya kegiatan investasi tidak hanya sekedar menanamkan modal semata, melainkan butuh kebijaksanaan ketika mengelola keuangan. Langkah awal untuk memahami hal tersebut bisa diawali dengan belajar cara investasi Reksadana untuk pemula.

Sayangnya, masih banyak orang yang lebih memilih menabung daripada harus belajar tentang cara investasi Reksadana untuk pemula. Alih-alih menyimpan dana jangka panjang, tanpa disadari uang di tabungan sudah bekurang nilainya akibat inflasi.

Lantas, benarkah Reksadana cocok untuk pemula? Kemudian, bagaimana cara investasi Reksadana online? Mungkin hal tersebut menjadi salah satu tanda tanya besar apabila baru berinvestasi. Namun semuanya akan terjawab setelah membaca cara investasi Reksadana untuk pemula di bawah ini.

Cara Investasi Reksadana untuk Pemula Online

Pada dasarnya Reksadana merupakan instrumen investasi yang dikelola oleh manajer investasi serta dananya dihimpun dari masyarakat. Berhubung pengelolaan modal sudah diatasi oleh pihak berpengalaman, maka Anda hanya perlu menunggu dana berkembang.

Namun informasi mengenai prosedur pembelian instrumen tersebut masih belum diketahui banyak pihak. Daripada penasaran tentang prosedurnya, berikut merupakan cara investasi Reksadana untuk pemula.

1. Tetapkan Tujuan Investasi Reksadana

Langkah pertama pada cara berinvestasi Reksadana adalah menetapkan tujuan terlebih dahulu. Pasalnya ketika memutuskan untuk terjun di dunia investasi, maka Anda harus memiliki komitmen jangka panjang.

Mengapa kegiatan investasi membutuhkan waktu cukup panjang? Pasalnya nilai modal investasi baru akan terasa kenaikannya setelah jangka waktu beberapa tahun. Apabila dilakukan dalam jangka pendek, maka dinamika naik turun nilai masih terasa.

2. Menghitung Modal Investasi Reksadana untuk Pemula

Setelah menetapkan tujuan investasi Reksadana, maka cara selanjutnya adalah menghitung modal bulanan yang ingin ditanamkan. Apabila Anda masih pemula, silahkan coba gunakan nominal kecil terlebih dahulu kemudian tingkatkan apabila sudah konsisten.

3. Menghitung Jangka Waktu Investasi Reksadana

Setelah tahu modal bulanan sesuai kemampuan, maka cara investasi Reksadana selanjutnya adalah menghitung jangka waktunya. Pastikan dana investasi bukan uang yang dibutuhkan untuk jangka pendek. Cobalah pisahkan antara dana darurat dan modal investasi.

4. Memahami Profil Risiko

Pastinya sebuah kegiatan investasi memiliki risiko, tetapi semua bisa terukur dan disesuaikan kembali dengan profil investornya. Adapun jenis-jenis profil risiko investasi untuk pemula sebagai berikut.

  • Agresif
    Profi risiko ini lebih fokus pada mengembangkan modal secara maksimal
  • Moderat
    Profil risiko ini lebih fokus mengembangkan modal secara berkala.
  • Konservatif
    Profil risiko ini lebih fokus mengembangkan modal secara konsisten dan stabil.

5. Memilih Aplikasi Reksadana untuk Pemula

Cara selanjutnya berinvestasi untuk pemula adalah memilih aplikasi yang sesuai. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi penyedia Reksadana yang bisa didownload melalui Play Store maupun App Store.

Supaya lebih mudah ketika memilih aplikasi Reksadana, maka Anda hanya perlu cek daftar namanya di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan demikian, aktivitas investasi Reksadana jadi lebih aman dan nyaman.

6. Buat Akun Aplikasi Reksadana untuk Pemula

Apabila sudah menentukan aplikasinya, maka selanjutnya adalah membuat akun terkait supaya kegiatan investasi Reksadana bisa dilakukan. Pastikan syarat pendaftaran akun investasi Reksadana terpenuhi agar prosedurnya bisa berjalan lancar.

7. Memilih Produk Investasi Reksadana untuk Pemula

Setelah mengetahui tentang profil risiko di atas, barulah Anda tahu apa produk investasi Reksadana yang cocok. Setidaknya tersedia beberapa pilihan Reksadana, antara lain.

  • Reksadana Pasar Uang
  • Reksadana Pendapatan Tetap
  • Reksadana Dana Campuran
  • Reksadana Dana Saham
  • Reksadana Dana Syariah

Cara memilih produk Reksadana untuk pemula adalah sesuaikan dengan profil risiko. Alhasil, modal investasi mampu berkembang secara optimal sesuai kebutuhan selama periode tertentu.

8. Pertimbangkan Imbal Hasil

Selain profil risiko, Anda juga dapat mempertimbangkan riwayat return atau imbal hasil sebagai acuan dalam memilih produk. Cara ini cocok untuk pemula sehingga mampu memperoleh keuntungan optimal ketika modal ditanamkan.

9. Beli Instrumen Reksadana untuk Pemula

Apabila sudah memilih produk Reksadana untuk pemula, cara berikutnya adalah melakukan pembelian instrumen investasi. Silahkan lakukan pembelian sesuai jumlah modal kemudian ikuti prosedur sesuai aplikasi Investasi Reksadana yang digunakan.

10. Konsisten Investasi Reksadana untuk Pemula

Setelah tahu tentang cara investasi untuk pemula, cobalah konsisten menanamkan modal setiap bulan. Bersabar untuk melakukan investasi secara jangka panjang sehingga nilai kekayaan bisa berkembang.

Setelah menerapkan beberapa cara investasi di atas, maka Anda sudah berhasil membeli sebuah instrumen Reksadana. Apabila masih bingung menentukan pilihan produknya, mungkin Reksadana Pasar Uang cocok untuk pemula.

Mekanisme Menghitung Keuntungan Reksadana

Mungkin banyak orang masih penasaran tentang bagaimana mekanisme keuntungan Reksadana. Alhasil, banyak juga pemula merasa ragu ketika ingin mulai berinvestasi. Lantas bagaimana cara menghitung keuntungan Reksadana?

Misalkan Doni seorang pemula investasi memiliki modal sebanyak Rp 1.000.000,00. Suatu hari Doni ingin membelanjakan suatu produk Reksadana dengan nilai NAB per UP Rp 20.000,00.

Menggunakan modal senilai Rp 1.000.000,00, maka Doni bisa mendapatkan total UP Reksadana sebanyak 50 UP (diperoleh dari Rp 1.000.000,00/Rp 20.000,00). Hanya dalam waktu 1 Tahun, terjadi kenaikan nilai NAB per UP hingga Rp 50.000,00.

Lantas, berapa nilai investasi Reksadana Doni setelah 1 Tahun? Berhubung Doni memiliki produk Reksadana sebanyak 50 UP, maka ketika dijual nilainya akan menjadi Rp 2.500.000,00 (diperoleh dari Rp 20.000,00 x 50 UP).

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa cara investasi Reksadana untuk pemula apabila baru pertama kali mencobanya. Setelah berhasil berinvestasi untuk pertama kalinya, maka perbanyak wawasan Anda melalui serangkaian update terbaru dari www.investasiin.com.

Sumber Gambar: Admin Investasiin

Bagikan:

Ads - After Post Image