√ Sertifikat Emas Antam Palsu: Cara Cek Keasliannya!

Adit Belawan

Sertifikat Emas Antam Palsu

Sertifikat Emas Antam Palsu – Apabila dibandingkan dengan perak atau tembaga, emas antam lebih istimewa. Pasalnya barang berkilau tersebut tidak mudah dihancurkan. Selain itu, soal harganya juga terpaut jauh. Hal itu membuat banyak orang lebih memilihnya.

Semenjak memiliki nilai tinggi dan harganya terus naik, emas antam dijadikan sebagai barang investasi. Seperti halnya rumah atau tanah, pembelian logam mulia itu dibekali dengan sertifikat sebagai bukti keaslian kepemilikan.

).push({});

Letak Kepalsuan Sertifikat Emas Antam Palsu

Letak Kepalsuan Sertifikat Emas Antam Palsu

Dalam dunia investasi emas antam, sertifikat memiliki nilai penting. Meskipun hanya selembar kertas, akan tetapi benda tersebut dijadikan sebagai alat bukti konkret atas kepemilikan emas. Selain itu, dengan adanya sertifikat kita bisa menvalidasi keaslian emas antam.

Adapun sertifikat emas antam asli diberikan oleh lembaga yang diakui dan dapat dijamin kredibilitasnya. Seperti halnya di Indonesia, pembuatan sertifikat emas bisa melalui lembaga pegadaian milik pemerintah khususnya Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Karena sertifikat memiliki nilai tinggi dalam inventasi emas antam, maka banyak oknum tidak bertanggung jawab membuat sertifikat palsu. Hal itu terbukti banyak orang menjadi korban dari penipuan jual beli emas antam. Lantas di manakan letak kepalsuan di sertifikat emas antam palsu? Berikut beberapa letak palsunya.

Dari empat letak kesalahan secara umum di sertifikat emas antam, setidaknya bisa membantu kamu dalam membedakannya. Salah satu hal yang memungkinkan untuk mengetahui sertifikat emas antam palsu adalah di nomor seri atau barcode. Kamu bisa cek di laman resmi PT. Antam Tbk atau di aplikasi smartphone.

Contoh Sertifikat Emas Antam Asli

Nah, apabila kamu baru pernah membeli emas antam, alangkah baik cara tahu contoh sertifikat emas antam asli. Kamu bisa dapatkan dari berbagai sumber, salah satunya di Investasiin.com ini. Di bawah ini, penulis telah menyediakan contoh sertifikat emas antam asli, silakan disimak dan dipahami secara seksama.

Contoh Sertifikat Emas Antam Asli

Dari tampilan contoh sertifikat di atas, bisa kita lihat, bahwa terdapat beberapa informasi penting. Seperti, nama komponen, keaslian, berat emas, ukuran emas, ID number, dan tanggal pembuatan.

Dengan adanya contoh sertifikat emas antam asli, kita bisa mengetahui keaslian emasnya. Tapi, perlu diingat, hanya mengetahui hal itu juga kurang, kita harus mengecek nomor ID atau barcodenya. Adapun untuk caranya sangat mudah, kamu bisa gunakan aplikasi cek emas melalui smartphone.

Cara Cek Sertifikat Emas Antam Palsu

Melihat beberapa letak kepalsuan di sertifikat emas antam, tentunya sangat meresahkan. Akan tetapi, teman-teman tidak perlu khawatir, sebab untuk mengetahui sertifikat emas palsu bisa diketahui dengan mudah.

Layaknya seperti smartphone, sertifikat emas antam memiliki nomer seri pembuatan. Di mana letak nomornya tertanam di barcode. Salah satu caranya, kita bisa gunakan aplikasi CertiEye. Kamu bisa unduk aplikasi tersebut di App Store atau PlayStore. Berikut untuk langka-langkah cara cek nomor serinya.

  1. Buka aplikasi CertiEye di Smatphone kamu.
  2. Kemudian scan QR code yang ada di sertifikat emas antam.
  3. Lalu, tunggulan beberapa detik sampai aplikasi memindai dan memproses hasilnya.
  4. Jika hasilnya muncul AUTHENTICATED, maka bisa dikatakan emas antam yang kamu beli merupakan produk asli.

Itulah langkah-langkah untuk mengecek keaslian produk emas antam melalui aplikasi. Saat mengeceknya, alangkah baiknya kamu memiliki koneksi internet yang stabil dan menghasilkan informasi cepat.

Cara Dapatkan Emas Antam dengan Sertifikat Asli

Saat berinvestasi emas, pasti semua orang tidak menginginkan adanya kerugian dan bahkan itu membuat kita kecewa. Sering kali orang gagal berinventasi emas, karena mereka tidak mengetahui beberapa hal penting saat membeli emas. Salah satunya tergiur harga murah. Padahal kita tahu bahwa, harga emas tidak murah dan malah harganya terus naik.

Lalu, bagaimana caranya supaya kamu dapat emas antam asli dengan sertifikat terjamin keasliannya. Di bawah ini, penulis berikan beberapa tipsnya.

  1. Jangan tergiur dengan harga murah, belilah harga emas di pasaran yang ada di saat itu juga.
  2. Hindari pembelian emas lewat pihak-pihak tidak terjamin reputasinya. Usahakan cari informasinya lebih dulu sebelum ke tempat.
  3. Hindari pembelian emas lewat online.
  4. Belilah di toko emas secara langsung.
  5. Cek kembali keaslian emas.

Apabila kamu melakukan kelima tips di atas, maka dipastikan tidak mengalami penipuan. Selain itu, investasi emas antam kamu juga bisa berjalan lancar tanpa kerugian.

Akhir Kata

Dalam era modern ini, nyatanya kejahatan penipuan tidak bisa dihindari. Semakin adanya kecanggihan teknologi, semakin juga orang-orang kreatif melakukan penipuan. Meski demikian, kita bisa mencegah hal itu. Salah satunya dengan tips-tips dari ulasan di atas.

Demikian pembahasan dari Investasiin.com mengenai Sertifikat Emas Antam Palsu. Kiranya dari semua ulasan di atas bisa membantu para pelaku investasi emas atau pembeli secara umum bisa terhindar dari penipuan kepemiliki emas antam.

Sumber Gambar: Admin Investasiin.com

Bagikan:

Tags

, ,
Avatar for Adit Belawan

Adit Belawan

Halo, nama saya Adit Belawan. Saya adalah lulusan Ekonomi dari Universitas Indonesia dengan spesialisasi di keuangan dan investasi. Dengan pengalaman lebih dari 5 tahun, saya telah menjadi ahli dalam menulis artikel yang memberikan tips investasi yang praktis dan informatif.

Baca Juga