15 Saham yang Bagi Dividen 4 Kali Setahun 2024, Rutin!

Rizal Nasmoko

SAHAM YANG BAGI DIVIDEN 4 KALI SETAHUN

Saham yang Bagi Dividen 4 Kali Setahun – Kegiatan investasi sebenarnya dapat dilakukan secara nyaman apabila instrumennya dianalisa secara mendalam. Salah satu contohnya adalah saham yang rutin membagi dividen.

Sebagai investor, tentu Anda mengharapkan keuntungan saham, baik berupa Capital Gain maupun Dividen sesuai kebutuhan. Apabila belum menentukan pilihan, maka saham yang bagi Dividen 4 kali setahun bisa menjadi opsi terbaiknya.

Kendati demikian, sebagian besar ticker saham yang bagi Dividen 4 kali setahun ini jarang terdengar oleh banyak pihak. Pasalnya kebanyakan perusahaan cenderung membagikan keuntungan tersebut hanya 1 sampai 2 kali saja tiap tahunnya.

Lantas, apa saja Saham yang bagi Dividen 4 kali setahun? Kemudian, Dividen terbesar ada di Saham apa? Semua rasa penasaran tersebut bisa terjawab setelah Anda simak pembahasan maupun referensi saham di bawah ini.

Frekuensi Pembagian Dividen Saham

Frekuensi Pembagian Dividen Saham

Ketika terjun ke dunia saham, Anda akan sangat familiar dengan keuntungan berupa dividen. Menariknya, proses bagi dividen ini dapat dilakukan beberapa kali tiap tahun. Banyaknya intensitas pembagian dividen oleh suatu perusahaan biasa disebut sebagai Payout Frequency (Frekuensi Pembayaran).

Adapun Payout Frequency ini terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain.

1. Monthly (Bulanan)

Monthly merupakan suatu frekuensi bagi dividen yang dilakukan oleh perusahaan dengan interval bulanan. Biasanya intensitas pembagian laba seperti ini jarang bahkan tidak dilakukan sebagian besar saham di IHSG.

2. Annual (Tahunan)

Annual merupakan suatu frekuensi bagi dividen yang dilakukan oleh perusahaan dengan interval tahunan. Artinya ketika berinvestasi saham selama setahun, Anda hanya mendapatkan jatah pembagian dividen 1 kali saja.

3. Semi Annual (Tengah Tahunan)

Semi Annual merupakan suatu frekuensi bagi dividen yang dilakukan oleh perusahaan dengan interval tengah tahunan. Artinya ketika berinvestasi saham selama setahun, Anda berkesempatan mendapatkan jatah pembagian dividen sebanyak 2 bahkan 3 kali.

4. Quarterly (Per Kuartal)

Quarterly merupakan suatu frekuensi bagi dividen yang dilakukan oleh perusahaan dengan interval Kuartalan (3 bulanan). Artinya ketika berinvestasi saham selama setahun, Anda berkesempatan mendapatkan jatah pembagian dividen sebanyak 4 kali.

Informasi mengenai frekuensi bagi dividen di atas juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika memilih saham. Alhasil, kegiatan investasi bisa dijadikan sarana menjaga maupun meningkatkan nilai kekayaan.

Faktor Bagi Dividen Saham

Faktor Bagi Dividen Saham

Ketika hendak membagikan suatu dividen, biasanya perusahaan akan mempertimbangkan banyak hal. Pasalnya proses pembagian laba bagi para investor tersebut akan sangat berpengaruh pada kinerja operasional kedepannya.

Itulah mengapa terkadang Kita sering mendengar kebijakan perusahaan yang bagi dividen 1 sampai 2 kali setahun, bahkan tidak sama sekali. Lantas, bagaimana dengan saham yang bagi dividen 4 kali setahun?

Apabila suatu perusahaan membagikan dividen hingga 4 kali setahun, biasanya terjadi keyakinan bahwa pihak pengelola berada dalam kinerja keuangan baik. Selain itu, ada juga anggapan bahwa perusahaan sangat berorientasi pada investor.

Namun dibalik semua hal tersebut, terdapat beberapa faktor penentu bagi dividen saham, antara lain.

1. Kinerja Keuangan Perusahaan

Kinerja keuangan merupakan salah satu faktor penting ketika suatu saham bagi dividen. Pasalnya perusahaan dengan kinerja keuangan baik bisa membantu kelancaran kegiatan operasional sehingga laba lebih stabil.

Alhasil, kestabilan laba mampu membantu perusahaan bagi dividen rutin selama setahun maupun beberapa tahun kedepan.

2. Ketersediaan Kas

Kinerja keuangan mungkin hanya sebatas data di atas kertas. Namun dividen baru bisa dibagikan apabila kas tersedia nyata serta memadai. Itulah mengapa sebuah perusahaan berani membagikan laba bahkan sampai 4 kali setahun.

3. Perkembangan Perusahaan

Perusahaan yang sedang berkembang biasanya lebih memperhitungkan bagi dividen pada para investor. Pasalnya proses perkembangan tersebut harus ditunjang oleh sumber daya memadai. Alhasil, saham-saham yang bagi dividen 4 kali biasanya merupakan perusahaan matang.

4. Komposisi Stockholder

Selain beberapa poin di atas, aksi bagi dividen saham ini juga dipengaruhi oleh keputusan dari para Stokcholder (Pemegang Saham). Itulah mengapa beberapa perusahaan kadang bisa bagi dividen atau tidak sama sekali.

Jadi itulah beberapa hal yang menyebabkan suatu saham bagi dividen bahkan sampai 4 kali setahun. Lantas, apa saja referensi saham dividen kuartalan tersebut?

Daftar Saham yang Bagi Dividen 4 Kali Setahun Rutin

Daftar Saham yang Bagi Dividen 4 Kali Setahun Rutin

Setelah memahami tentang beberapa hal penting di atas, maka Kita akan membahas tentang saham-saham yang bagi dividen 4 kali. Seluruh opsi pada pembahasan kali ini diambil dari data selama setahun bahkan beberapa tahun kebelakang.

Selain mencantumkan saham di dalam negeri, kami juga sudah mencantumkan beberapa ticker saham dari NYSE (New York Stock Exchange) sehingga bisa dijadikan pilihan apabila berminat mencoba berinvestasi.

Daripada penasaran dengan beberapa opsinya, berikut merupakan daftar saham yang bagi dividen 4 kali setahun.

1. BSSR – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

1. BSSR Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

PT Baramulti Sauksessarana Tbk (BBSR) adalah opsi pertama saham yang bagi dividen 4 kali. Hal tersebut terhitung sudah dilakukan setahun bahkan beberapa tahun ke belakang. BSSR sendiri merupakan saham yang bergerak di sektor pertambangan.

Pembagian dividen saham 4 kali tadi sempat dilakukan pada tahun 2022 silam dimana BSSR berhasil mengumpulkan laba bersih sebesar Rp 3,7 Triliun dari keseluruhan total pendapatan Rp 16 Triliun di Tahun tersebut.

Adapun rincian bagi dividen setahun BSSR pada periode tersebut adalah sebagai berikut.

  • Dividen Kuartal 1: USD 0,02446
  • Dividen Kuartal 2: Rp 411,044534
  • Dividen Kuartal 3: USD 0,03822
  • Dividen Kuartal 4: USD 0,03707

Mengingat performa batu bara yang sedang meningkat, maka besar kemungkinan dividen saham BSSR bisa kembali dibagikan sebanyak 4 kali. Namun segala keputusan tersebut tergantung dari kebijakan bagi dividen setahun.

2. GEMS – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

2. GEMS Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) adalah opsi selanjutnya untuk saham yang bagi dividen 4 kali. Lantas, mengapa pihak perusahaan begitu agresif ketika membagikan dividen selama setahun? Hal tersebut terjadi lantaran saham GEMS kerap memiliki laba stabil.

PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) sendiri bergerak di sektor pertambangan. Adapun komoditas yang dihasilkan oleh saham ini merupakan batubara dengan kualitas ICI 1 – ICI 4. Karena adanya kenaikan harga komoditas, maka PT Golden Enery Mines Tbk berhasil meraup laba cukup besar belakangan ini.

Salah satu contoh perusahaan yang bagi saham dividen 4 kali tersebut dilakukan oleh GEMS pada tahun 2022. Kinerja luar biasa dari pihak PT Golden Energy Mines Tbk berhasil mengantarkan perusahaan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 10,8 Triliun dari total pendapatan Rp 45,5 Triliun.

Adapun rincian bagi dividen saham GEMS pada periode tersebut adalah sebagai berikut.

  • Dividen Kuartal 1: USD 0,0187
  • Dividen Kuartal 2: USD 0,00425
  • Dividen Kuartal 2: USD 0,0204
  • Dividen Kuartal 3: USD 0,034
  • Dividen Kuartal 4: USD 0,017

Setelah mengetahui data di atas, dapat diketahui bahwa GEMS tidak hanya bagi dividen 4 kali saja, bahkan sampai 5 kali. Alhasil, selama setahun GEMS cukup memprioritaskan Investor.

3. SMSM – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun Rutin

3. SMSM Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun Rutin

PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) adalah sebuah saham yang rutin membagikan dividen, bahkan sampai 4 kali. Perusahaan tadi bergerak di sektor otomotif. Adapun produk milik SMSM berfokus pada penjualan komponen seperti filter, radiator, oil cooler, condenser, dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun salah satu contoh bagi dividen saham dari PT Selamat Sempurna Tbk sendiri terjadi di tahun 2022. Pasalnya pada periode terkait saham SMSM berhasil meraup pendapatan total sebesar Rp 4,8 Triliun dengan rincian laba bersih Rp 936 Juta.

Adapun rincian bagi dividen saham SMSM pada periode tersebut adalah sebagai berikut.

  • Dividen Kuartal 1: Rp 15
  • Dividen Kuartal 2: Rp 20
  • Dividen Kuartal 3: Rp 25
  • Dividen Kuartal 4: Rp 25

Ternyata benar saham SMSM sudah membagikan dividen sebanyak 4 kali setahun. Menariknya, aktivitas pembagian laba perusahaan ini sudah sering dilakukan setahun belakangan bahkan sejak tahun 2016 silam.

4. SQM – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

4. SQM Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

Sociedad Quimica y Miner de Chile SA (SQM) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Industri Bahan Kimia khusus tanaman. Saham ini terdaftar di NYSE sehingga pembelian harus dilakukan melalui sekuritas khusus.

Adapun contoh bagi dividen saham 4 kali dari SQM terjadi di tahun 2022 dengan rincian sebagai berikut.

  • Dividen Kuartal 1: USD 0,09743
  • Dividen Kuartal 2: USD 2,787
  • Dividen Kuartal 3: USD 1,85246
  • Dividen Kuartal 4: USD 3,081

Sekiranya itulah aktivitas bagi dividen setahun oleh saham Sociedad Quimica y Miner de Chile SA. Bahkan pembagian dividen sudah dilakukan rutin sejak tahun 2013 silam.

5. DAC – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

5. DAC Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

Danaos Corporation (DAC) merupakan salah satu saham NYSE yang bagi dividen 4 kali setahun. Perusahaan ini bergerak di sektor transportasi khusus pengeoperasian kapal peti kemas.

Tingginya tingkat permintaan logistik pasca pandemi serta beberapa kerusuhuan dunia membuat kinerja keuangan melambung tinggi selama setahun. Keberhasilan tadi membuat saham DAC berani mengambil kebijakan bagi dividen sebanyak 4 kali.

Adapun aktivitas pembagian dividen sebanyak 4 kali sempat dilakukan oleh DAC di tahun 2022 dengan rincian sebagai berikut.

  • Dividen Kuartal 1: USD 0,750
  • Dividen Kuartal 2: USD 0,750
  • Dividen Kuartal 3: USD 0,750
  • Dividen Kuartal 4: USD 0,750

Bahkan setahun ke belakang, Danaos Corporation rutin membagikan dividen sehingga dapat diandalkan ketika digunakan sebagai instrumen investasi saham.

6. SOI – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

6. SOI Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

Solaris Oilfield Infrastructure, Inc (SOI) adalah saham terdaftar di NYSE, yang bergerak di sektor industri khusus peralatan dan layanan minyak serta gas Amerika. Perusahaan tadi memiliki kebijakan bagi dividen 4 kali setahun.

Aktivitas pembagian dividen saham tersebut sudah rutin dilakukan sejak lama. Apalagi setelah terjadi permasalahan kelangkaan komoditas di Eropa, kinerja keuangan SOI surplus cukup tinggi sehingga mampu membagikan dividen 4 kali setahun.

Adapun aktivitas bagi dividen 4 kali setahun dari SOI sempat terjadi di tahun 2022 dengan rincian sebagai berikut.

  • Dividen Kuartal 1: USD 0,105
  • Dividen Kuartal 2: USD 0,105
  • Dividen Kuartal 3: USD 0,105
  • Dividen Kuartal 4: USD 0,105

Menariknya, saham SOI ternyata rutin membagikan dividen sehingga bisa diandalkan sebagai sarana investasi setahun.

7. SWKS – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

7. SWKS Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

Skyworks Solutions, Inc (SWKS) merupakan saham terdaftar di NYSE yang bergerak di sektor teknologi khususnya industri Semikonduktor. Tingkat konsistensi SWKS dalam meraup laba membuat emiten ini rutin membagikan dividen sampai 4 kali setahun.

Adapun contoh bagi dividen SWKS terjadi di tahun 2022, dengan rincian sebagai berikut.

  • Dividen Q1: USD 0,560
  • Dividen Q2: USD 0,560
  • Dividen Q3: USD 0,620
  • Dividen Q4: USD 0,620

8. LKQ – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

8. LKQ Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

LKQ Corporation adalah saham terdaftar di NYSE yang bergerak di bidang industri khusus pendistribusian suku cadang serta komponen mobil. Seiring berjalannya waktu, kinerja keuangan LKQ cukup membaik sehingga cukup membuat perusahaan bagi dividen sampai 4 kali setahun.

Adapun contoh bagi dividen 4 kali setahun dilakukan LKQ pada tahun 2022 silam dengan rincian sebagai berikut.

  • Dividen Q1: USD 0,250
  • Dividen Q2: USD 0,250
  • Dividen Q3: USD 0,250
  • Dividen Q4: USD 0,275

9. CF – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

9. CF Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

CF Industries Holdings, Inc (CF) adalah saham terdaftar di NYSE yang bergerak di sektor pertanian. Menariknya, pihak perusahaan membagikan dividen sebanyak 4 kali setahun. Pasalnya aktivitas ini didukung oleh kestabilan keuangan konsisten tiap tahunnya.

Aktivitas bagi dividen 4 kali setahun dilakukan oleh CF di tahun 2022, dengan rincian sebagai berikut.

  • Dividen Q1: USD 0,300
  • Dividen Q2: USD 0,400
  • Dividen Q3: USD 0,400
  • Dividen Q4: USD 0,400

10. CRC – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

10. CRC Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

California Resources Corporation (CRC) adalah suatu saham terdaftar NYSE yang bergerak di sektor komoditas terutama eksplorasi serta produksi oli dan gas. Terjadinya krisis komoditas membuat kinerja keuangan CRC meningkat drastis bahkan bisa membagikan dividen 4 kali setahun.

Kebijakan bagi dividen 4 kali setahun ini sempat dilakukan oleh CRC di tahun 2022 dengan rincian berikut.

  • Dividen Q1: USD 0,170
  • Dividen Q2: USD 0,170
  • Dividen Q3: USD 0,170
  • Dividen Q4: USD 0,2825

11. NATI – Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

11. NATI Saham Bagi Dividen 4 Kali Setahun

National Instruments Corporation (NATI) merupakan saham terdaftar di NYSE yang bergerak di sektor teknologi khusus industri software dan aplikasi. Perkembangan teknologi yang terus meningkat membuat kinerja keuangan perusahaan membaik sehingga bisa bagi dividen 4 kali setahun.

Kebijakan bagi dividen 4 kali setahun ini sempat dilakukan oleh NATI di tahun 2022 dengan rincian berikut.

  • Dividen Q1: $0,280
  • Dividen Q2: $0,280
  • Dividen Q3: $0,280
  • Dividen Q4: $0,280

12. Saham HCKT

12. Saham HCKT

The Hackett Group, Inc (HCKT) adalah suatu saham terdaftar NYSE yang bergerak di sektor teknologi tepatnya industri informasi teknologi servis sekala Eropa, Amerika, bahkan global. Perkembangan kinerja keuangan stabil dari perusahaan ini membuatnya bisa berfokus untuk bagi dividen 4 kali setahun.

Salah satu contoh aktivitas bagi dividen 4 kali setahun tersebut dilakukan oleh HCKT di tahun 2022 dengan rincian sebagai berikut.

  • Dividen Q1: $0,110
  • Dividen Q2: $0,110
  • Dividen Q3: $0,110
  • Dividen Q4: $0,110

13. Saham COP

13. Saham COP

ConocoPhilips (COP) merupakan salah satu saham yang terdaftar di NYSE serta bergerak di sektor energi khusus industri eksplorasi serta produksi oli dan gas. Sama halnya seperti perusahaan sektor energi lainnya, kinerja keuangan COP ketiban durian runtuh sehingga mampu bagi dividen 4 kali setahun.

Salah satu aktivitas bagi dividen 4 kali setahun oleh CO dilakukan pada tahun 2022 dengan rincian berikut.

  • Dividen Q1: $0,760
  • Dividen Q2: $1,160
  • Dividen Q3: $1,8345
  • Dividen Q4: $1,1922

14. Saham TKR

14. Saham TKR

The Timken Company (TKR) adalah salah satu saham terdaftar di NYSE yang bergerak di sektor otomotif khusus pejualan alat dan aksesoris kendaraan. Tingginya permintaan perbaikan kendaraan pasca pandemi membuat TKR mampu bagi dividen 4 kali setahun.

Salah satu contoh pembagian dividen 4 kali setahun dari TKR ini terjadi pada tahun 2022, dengan rincian di bawah ini.

  • Dividen Q1: $0,300
  • Dividen Q2: $0,310
  • Dividen Q3: $0,310
  • Dividen Q4: $0,310

15. Saham EA

15. Saham EA

Electronics Art Inc (EA) merupakan salah satu saham terdaftar NYSE yang bergerak di sektor teknologi khusus pengembangan video game elektronik. Perusahaan game kian bertumbuh belakangan ini sehingga berimbas pada kenaikan laba serta kemampuan untuk bagi dividen 4 kali setahun.

Di bawah ini merupakan aktivitas bagi dividen 4 kali setahun dari EA Sports di tahun 2022 silam.

  • Dividen Q1: $0,170
  • Dividen Q2: $0,190
  • Dividen Q3: $0,190
  • Dividen Q4: $0,190

Setelah mengetahui daftar saham yang bagi dividen 4 kali setahun, maka silahkan lakukan analisa lagi secara mendalam. Dengan demikian, kegiatan investasi jadi lebih nyaman serta dapat dijadikan sebagai sumber utama Passive Income kuartalan.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa referensi saham yang bagi Dividen 4 kali setahun baik dari dalam maupun luar negeri. Apabila masih penasaran dengan berapa informasi saham menarik lainnya, cek seluruh update terbaru dari Investasiin.com.

Sumber Gambar: Admin Investasiin

Bagikan:

Ads - After Post Image