Update Harga 1 Lot Saham Pertamina 2024: Kode & Daftar!

Rizal Nasmoko

HARGA 1 LOT SAHAM PERTAMINA

Harga 1 Lot Saham Pertamina – Sebagai seorang investor, tentu Anda memiliki banyak pertimbangan ketika ingin memilih sebuah emiten. Salah satu contohnya adalah harga saham tiap lot.

Dari sekian banyaknya saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), salah satu perusahaan yang cukup menarik adalah PT Pertamina (Persero). Tentu banyak orang penasaran tentang harga 1 lot saham Pertamina mengingat emiten tersebut merupakan BUMN.

Sayangnya, belum banyak orang tahu tentang informasi mengenai beberapa saham Pertamina yang sudah melantai di BEI. Hal tersebut tentunya juga berdampak pada ketidaktahuan banyak pihak mengenai harga 1 lot saham Pertamina.

Lantas, apakah Pertamina ada saham? Kemudian, dimana bisa beli saham Pertamina? Ketika baru pertama kali terjun ke dunia pasar modal, tentu pertanyaan tersebut sempat terlintas di benak Anda. Namun semuanya bisa terjawab setelah Anda menyimak pembahasan harga 1 lot saham Pertamina di bawah ini.

Profil PT Pertamina Persero

Profil PT Pertamina Persero

PT Pertamina Persero adalah sebuah perusahaan yang bergerak di sektor energi baru terbarukan. Sejak tanggal 12 Juni 2020, pemerintah sudah menetapkan perseroan tersebut sebagai salah satu BUMN di Indonesia.

Memegang peran penting di sektor industri energi, PT Pertamina memiliki beberapa anak perusahaan guna mengoptimalkan kinerjanya. Alhasil, pihak perusahaan mampu menuai hasil positif di setiap tahunnya.

Daftar Anak Perusahaan Pertamina

Sebelumnya sudah dijelaskan apabila Pertamina memiliki sejumlah anak perusahaan (Subholding Company) guna mengoptimalkan kinerjanya sebagai BUMN. Masing-masing Subholding Company tentu memiliki perannya tersendiri.

Supaya dapat dijadikan sebagai gambaran, berikut merupakan daftar beberapa anak perusahaan PT Pertamina Persero berdasarkan tugas dan peran kelompok.

1. Subholding Upstream

Subholding Upstream merupakan kelompok anak perusahaan Pertamina yang berperan sebagai perencana, validator, dan pembuat aturan. Selain itu, beberapa company di dalamnya juga berperan penting bagi kenaikan kinerja dan produksi baik minyak maupun gas.

Adapun beberapa anak perusahaan tergabung di Subholding Upstream Pertamina, antara lain.

  • PT Badak NGL
  • PT Elnusa Tbk
  • PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI)
  • PT Pertamina EP
  • PT Pertamina EP Cepu
  • PT Pertamina EP Cepu ADK
  • PT Pertamina Hulu Energi
  • PT Pertamina Hulu Indonesia
  • PT Pertamina Internasional EP

2. Subholding Gas

Subholding Gas merupakan salah satu kelompok anak perusahaan Pertamina berperan sebagai pengelola energi transisi dari fosil fuel gas sebagai energi baru terbarukan. Adapun beberapa anak perusahaan tergabung di Subholding Gas Pertamina, antara lain.

  • PT Perusahaan Gas Negara Tbk
  • PT Perta Arun Gas
  • PT Nusantara Regas
  • PT Pertamina Gas

3. Subholding Commercial and Trading

Subholding Commercial and Trading merupakan kelompok anak perusahaan Pertamina yang berperan sebagai pengelola bisnis bahan bakar baik berupa minyak, LPG, Avtur, dan Petrokimia. Terdapat beberapa company di dalam kelompok ini, antara lain.

  • PT Patra Niaga
  • PT Pertamina Lubricants
  • PT Pertamina Retail

4. Subholding Power and NRE

Subholding Power and NRE merupakan kelompok anak perusahaan Pertamina yang berperan sebagai pihak pengembangan energi baru terbarukan. Berikut merupakan daftar company di dalam kelompok satu ini.

  • PT Pertamina Geothermal Energy
  • PT Pertamina Power Indonesia

5. Subholding Refining and Petrochemical

Subholding Refining and Petrochemical merupakan kelompok anak perusahaan Pertamina yang berperan sebagai pengolah minyak menjadi serangkaian produk Petrokimia. Berikut merupakan daftar company pada kelompok.

  • PT Kilang Pertamina Internasional
  • PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama
  • PT Tuban Petrochemical Industries

6. Subholding Intergrated Marine Logistics

Subholding Integrated Marine Logistics merupakan salah satu kelompok anak perusahaan Pertamina yang berfokus pada pelayanan pengangkutan (logistik). Berikut merupakan daftar company pada kelompok tersebut.

  • PT Pertamina Internasional Shipping
  • PT Pertamina Trans Kontinental

Pastinya nama-nama perusahaan di atas bisa dijadikan sebagai wawasan apabila baru pertama kali mengenal Pertamina. Menariknya, beberapa Subholding Company tadi juga sudah melantai di BEI sehingga sahamnya bisa dibeli masyarakat sesuai harga per lot.

Daftar Kode Saham Pertamina

Setelah mengetahui banyaknya anak perusahaan dari PT Pertamina Persero, tentu Anda penasaran dengan kode sahamnya di pasar modal. Perlu menjadi catatan apabila tidak semua company melantai di BEI sehingga hanya ada sebagian saja.

Daripada penasaran tentang daftarnya, berikut merupakan kode saham Pertamina.

1. Kode Saham Pertamina (ELSA)

Saham Pertamina pertama adalah PT Elnusa Tbk dengan kode ELSA. Emiten ini bergerak di sektor energi bidang jasa, distribusi, hingga logistik pengangkutan berbagai hal penunjang migas.

Saham ELSA melakukan IPO pada tanggal 6 Februari 2008 melalui harga penawaran Rp 400 per lembar (Rp 40.000 per lot). Memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 2,93 Triliun, komposisi Shareholder saham ELSA terdiri dari PT Pertamina Hulu Energi (51,1%) dan Publik (48,89%).

2. Kode Saham Pertamina (PGAS)

Saham Pertamina selanjutnya adalah PT Perusahaan Gas Negara Tbk dengan kode PGAS. Emiten ini bergerak di sektor Energi dan Transportasi. Adapun fokus utama emiten PGAS adalah pengangkutan maupun perdagangan gas alam.

Saham PGAS melakukan IPO pada tanggal 15 Desember 2003 melalui harga penawaran Rp 500 per lembar (Rp 50.000 per lot). Memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 35,39 Triliun, komposisi Shareholder saham PGAS terdiri dari PT Pertamina Persero (56,96%) dan Publik (43,03%).

3. Kode Saham Pertamina (PGEO)

Saham berikutnya adalah PT Pertamina Geothermal Energy Tbk dengan kode PGEO. Emiten satu ini bergerak di sektor energi serta memiliki peran sebagai pengolah panas bumi menjadi salah satu sumber energi baru terbarukan.

Saham PGEO melakukan IPO pada tanggal 24 Februari 2003 melalui harga penawaran Rp 875 per lembar (Rp 87.500 per lot). Memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 41,40 Triliun, komposisi Shareholder saham PGAS terdiri dari PT Pertamina Power Indonesia (69,01%), PT Pertamina Pedeve Indonesia (5,99%), Masdar Indonesia Solar Holdings RSC Limited (15%), dan Publik (43,03%).

4. Kode Saham Pertamina (TUGU)

Saham Pertamina terakhir adalah PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia dengan kode TUGU. Berbeda dengan beberapa jenis emiten sebelumnya, TUGU lebih bergerak di bidang keuangan sektor asuransi.

Saham TUGU melakukan IPO pada tanggal 28 Mei 2018 melalui harga penawaran Rp 3.850 per lembar (Rp 385.000 per lot). Memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 4,52 Triliun, kepemilikan PT Pertamina Persero sendiri mencapai 58,5% di TUGU.

Dari beberapa daftar kode saham Pertamina di atas, adakah yang cukup menarik minat Anda? Tentu hal tersebut bisa ditentukan secara mantap setelah Anda tahu harga 1 lot tiap saham.

Update Harga 1 Lot Saham Pertamina

Berhubung informasi mengenai emiten Pertamina di BEI sudah Anda ketahui, maka tibalah saatnya mengetahui update harga 1 lot ketika dibeli. Tentu nominal harga tiap 1 lot sendiri sangat bervariasi sehingga perlu dipantau perkembangannya ketika jam bursa dibuka.

Supaya bisa mengetahui perkembangan terkini terkait nominalnya, berikut merupakan update harga 1 lot saham Pertamina.

1. Harga 1 Lot Saham Pertamina (ELSA)

Ketika artikel dibuat, saham ELSA berada di harga Rp 402 per lembar atau Rp 40.200 tiap 1 lot.

Adapun harga 1 lot saham Pertamina ini bisa dipantau secara langsung melalui situs resmi IDX Channel melalui (https://www.idx.co.id/id/data-pasar/ringkasan-perdagangan/ringkasan-saham/) tanpa tanda kurung.

2. Harga 1 Lot Saham Pertamina (PGAS)

Ketika artikel dibuat, saham PGAS berada di harga Rp 1.460 per lembar atau Rp 146.000 tiap 1 lot.

Adapun harga 1 lot saham Pertamina ini bisa dipantau secara langsung melalui situs resmi IDX Channel melalui (https://www.idx.co.id/id/data-pasar/ringkasan-perdagangan/ringkasan-saham/) tanpa tanda kurung.

3. Harga 1 Lot Saham Pertamina (PGEO)

Ketika artikel dibuat, saham PGEO berada di harga Rp 1.000 per lembar atau Rp 100.000 tiap 1 lot.

Adapun harga 1 lot saham Pertamina ini bisa dipantau secara langsung melalui situs resmi IDX Channel melalui (https://www.idx.co.id/id/data-pasar/ringkasan-perdagangan/ringkasan-saham/) tanpa tanda kurung.

4. Harga 1 Lot Saham Pertamina (TUGU)

Ketika artikel dibuat, saham TUGU berada di harga Rp 1.270 per lembar atau Rp 127.000 tiap 1 lot.

Adapun harga 1 lot saham Pertamina ini bisa dipantau secara langsung melalui situs resmi IDX Channel melalui (https://www.idx.co.id/id/data-pasar/ringkasan-perdagangan/ringkasan-saham/) tanpa tanda kurung.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa informasi mengenai harga 1 lot saham Pertamina yang mungkin bisa dipertimbangkan kembali sebagai sarana investasi. Apabila Anda masih membutuhkan kabar terbaru seputar dunia saham atau instrumen investasi lain, segera cek update terbaru dari https://www.investasiin.com/.

Sumber Gambar: Admin Investasiin, Pinterest.com

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tags