Gaji Pramugari Qatar Airways 2024: Benefit & Syarat

Giring Baskoro

Gaji Pramugari Qatar Airways

Gaji Pramugari Qatar Airways – Qatar Airways merupakan maskapai penerbangan yang berasal dari negara Timur Tengah tepatnya yakni Qatar. Maskapai tersebut sudah cukup lama malang melintang di dunia angkutan udara. Qatar Airways saat ini memang menjadi salah satu maskapai paling terkenal karena memberikan fasilitas pelayanan terbaik demi kenyamanan penumpangnya.

Hal yang menunjang pelayanan terbaik di Qatar Airways yaitu karena adanya pramugari dalam melayani dengan penuh keramahan. Profesi tersebut berperan penting di sebuah pesawat terbang mulai dari menyampaikan pengumuman, mengantar makanan hingga memprioritaskan keselamatan penumpang apabila situasi darurat terjadi. Karena peranannya, banyak orang menjadi pramugari di maskapai penerbangan Qatar Airways.

Selain perannya, gaji pramugari Qatar Airways menjadi alasan lain seseorang ingin bergabung dengan maskapai ini karena nominalnya dinilai cukup besar. Jumlahnya memang bisa melebihi dari gaji pelayaran Luar Negeri, sehingga menjadi bagian dari Qatar Airways tentunya membuat hidup lebih sejahtera dan masa depan terjamin. Apakah kalian berminat untuk bergabung dengan maskapai penerbangan tersebut? Jika iya, akan kami jelaskan gaji khususnya pramugari Qatar Airways.

Memang berapa ya gaji pramugari Qatar Airways? Mungkin sebagian dari kalian penasaran mengenai jawaban dari pertanyaan ini. Maka dari itu, Investasiin.com ingin memberikan informasi terkait hal tersebut bagi orang tidak mengetahuinya. Berikut ini adalah gaji pramugari Qatar Airways.

Syarat Menjadi Pramugari Qatar Airways

Sebelum membahas gaji, kami ingin membagikan persyaratan menjadi seorang pramugari Qatar Airways terlebih dahulu. Barangkali kalian berminat untuk mendaftarkan diri di maskapai penerbangan tersebut, maka penting untuk mengetahui apa saja syarat-syaratnya.

1. Lancar Menggunakan Bahasa Inggris

Sebagai maskapai penerbangan internasional, pastinya membutuhkan calon pramugari fasih dalam menggunakan bahasa Inggris. Pramugari merupakan seorang kru paling dekat dengan penumpang sehingga mengharuskannya untuk berinteraksi serta komunikasi secara langsung. Maka dari itu, kemampuan berbahasa Inggris harus dimiliki baik secara lisan atau tertulis.

2. 212 Arc Reach Test

Untuk menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan Qatar Airways, maka diharuskan memiliki jangkauan tangan sepanjang 212 cm. Pihak rekrutmen akan melihat sejauh mana tangan kalian dalam meraih overhead cabin (tempat penyimpanan barang untuk penumpang) dan emergency box. Persyaratan arc reach test ini sangat menentukan keberhasilan kalian dalam mengikuti tes.

Arm reach memiliki kegunaan untuk standar prosedur keselamatan dari penumpang. Karena penggunaan pesawat kebanyakan Airbus lebih tinggi dan besar bila dibandingkan dengan pesawat domestik di Indonesia.

3. Usia, Tingkat Pendidikan dan Status Pernikahan

Standar minimal pendidikan pramugari Qatar Airways yaitu lulusan dari SMA/SMK sederajat. Kemudian telah berusia 21 tahun ketika mendaftar serta belum pernah menikah. Apabila ingin menikah, kalian dapat melakukannya setelah menjadi seorang karyawan tetap.

4. Berpenampilan Menarik

Good loking atau berpenampilan menarik dan memiliki tubuh proporsional merupakan syarat utama menjadi pramugari di Qatar Airways. Hal tersebut mempresentasikan citra dari sebuah perusahaan, seorang pramugari harus memiliki penampilan menarik, ramah serta menyenangkan.

5. Bersedia Ditempatkan di Doha

Jika ingin menjadi pramugari Qatar Airways maka kalian harus siap dan bersedia pindah keluar negeri yang akan ditempatkan di Doha. Selain itu, bisa saja penempatannnya ada di basecamp yang disediakan dari pihak maskapai.

Gaji Pramugari Qatar Airways

Sistem gaji internasional untuk pramugari di Qatar Airways ini besaran nominalnya tidak tetap tetapi berdasarkan dari jumlah jam terbang yang ditentukan oleh maskapai. Gaji pramugari maskapai tersebut dimana merupakan penerbangan internasional dibagi menjadi beberapa golongan. Yakni mendapatkan gaji pokok sesuai pada level, jam terbang dan biaya tunjangan singgah.

  • Gaji pokok dibayarkan setiap bulannya dengan jumlah tetap.
  • Jam terbang, dihitung saat setiap kali pesawat lepas landas terbang ke tujuan sampai kembali take off gate. Waktu briefing dan persiapan boarding tidak akan dihitung melainkan hanya jam penerbangan saja masuk dalam perhitungan. Apabila di rata-ratakan, jam terbang pramugari Qatar Airways total 90 jam hingga 120 jam per bulan yang memiliki tarif per jam sekitar 50 QAR.
  • Biaya tunjangan singgah ini akan dihitung termasuk dalam uang makan harian serta biaya penginapan hotel saat pramugari tinggal di suatu kota setelah melakukan penerbangan.

Karena jam terbang dan biaya transfer ada variabel tambahan nya maka gaji pramugari maskapai penerbangan Qatar Airways besaran nominalnya tak menentu. Apabila dijumlahkan nominalnya sebesar 10.000 QAR bila dirupiahkan Rp 40.000.000. Semakin tinggi level seorang pramugari, maka semakin tinggi juga gaji yang di dapatkan. Terdapat 4 jenis pembagian level atau jenjang karir di maskapai penerbangan tersebut.

  1. Awak kabin F2 kelas ekonomi, apabila berpengalaman kerja selama kurang lebih 1,5 tahun atau 2 tahun.
  2. Awak kabin F1 kelas bisnis, jika memiliki pengalaman kerja selama 1 hingga 2 tahun.
  3. Awak kabin F1 kelas satu,bila sudah memiliki pengalaman kerja selama 1 tahun sampai 2 tahun.
  4. Cabin Senior (CS), sudah berpengalaman kurang lebih 2 tahun hingga 3 tahun, baru nanti bisa melakukan pendaftaran. Kemudian memiliki tugas untuk mengawasi awak kabin kelas ekonomi atau bisnis.
  5. CSD atau Purser Senior Cabin level tertinggi. Bertanggung jawab atas seluruh pesawat.

Agar dapat mencapai level tinggi, pastinya tidak terdapat jalan pintas. Kalian harus melalui proses secara bertahap dari satu level ke level lainnya. Setelah itu, maka akan memperoleh gaji lebih besar. Dimana besarannya dapat melampaui dari bayaran seorang pegawai Bank Mandiri.

Benefit yang Diperoleh Menjadi Pramugari Qatar Airways

Meski mendapat gaji cukup besar, kalian juga memperoleh beberapa benefit menarik lainnya. Adanya benefit tentu akan menunjang kinerja pramugari menjadi lebih baik lagi. Berikut ini adalah benefit menjadi pramugari Qatar Airways.

  • Akomodasi ruang apartemen.
  • Tunjangan Transportasi.
  • Diskon di toko bandara dan hotel di seluruh Doha.
  • Diskon tiket penerbangan khusus untuk pramugari dan keluarganya.
  • Bebas laundry (seragam)
  • 30 hari cuti setiap tahun.
  • Mendapat kartu asuransi di seluruh dunia.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari Investasiin.com mengenai gaji pramugari Qatar Airways. Semoga dengan adanya informasi di atas, dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin mendaftar profesi tersebut di maskapai penerbangan asal Qatar itu.

Bagikan:

Ads - After Post Image