Gaji Pramugari Lion Air di Indonesia 2024: Biaya & Proses

Sheva Santoso

gaji pramugari lion air

Gaji Pramugari Lion Air – Pramugari adalah pekerja wanita yang mempunyai tugas untuk memberikan sebuah pelayanan kepada penumpang di dalam pesawat. Tidak hanya itu, Pramugari juga harus memberikan arahan keamanan maupun keselamatan. Sehingga pekerjaan ini sangat diperlukan di sebuah maskapai penerbangan, salah satunya yaitu Lion Air.

Lion Air adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar seperti Garuda Indonesia. Karena hal tersebut, banyak para wanita memiliki keinginan bekerja sebagai Pramugari di maskapai penerbangan ini. Selain itu, keinginan memiliki pekerjaan tersebut juga karena gaji Pramugari Lion Air bisa dibilang tinggi.

Gaji Pramugari Lion Air disertai dengan beberapa pemberian tunjangan dari pihak Lion Air. Dengan itu, pendapatan akan lebih besar sehingga cukup mirip seperti gaji Pramugari Garuda Indonesia. Tentunya hal tersebut sangat berarti bagi para Pramugari, sebab adanya tambahan penghasilan berupa tunjangan.

Jika kamu ingin mengetahui penghasilan yang didapat oleh Pramugari, pahami penjelasan berikut. Artikel ini akan membahas mengenai gaji Pramugari Lion Air baik senior ataupun junior. Tidak hanya itu, pembahasan tunjangan akan dijelaskan juga karena cukup penting untuk diketahui.

Biaya Pendidikan Pramugari Lion Air

Sebelum membahas gaji, kamu perlu mengetahui biaya pendidikan sebagai Pramugari Lion Air. Sekarang, Lion Air sudah memiliki program pendidikan Pramugari sendiri bagi lulusan SMA/SMK. Program pendidikan dibuka ketika adanya lowongan sebagai Pramugari Lion Air di berbagai daerah.

Pendidikannya berupa pelatihan agar para pelajar mendapatkan peluang untuk menjadi Pramugari di maskapai penerbangan ini. Jika menyelesaikan program pendidikan tersebut, para pelajar akan mendapatkan sertifikat berupa Flight Attendant Certificate (FAC). Sertifikat itu berfungsi agar diakui oleh maskapai penerbangan lokal maupun internasional.

Hal paling penting pada program Pendidikan Lion Air adalah biaya keseluruhannya gratis, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang berapa pun. Namun meski tidak dipungut biaya, program pendidikannya membutuhkan beberapa persyaratan untuk dipenuhi oleh kamu. Persyaratannya cukup beragam, ada yang mudah bahkan sulit.

Gaji Pramugari Lion Air

Pramugari Lion Air memiliki dua golongan meliputi senior serta junior, hal tersebut pastinya sama seperti maskapai penerbangan lainnya. Kedua golongan tersebut memiliki pendapatan berasal dari gaji pokok dan tunjangan. Namun, jumlah gaji dari Pramugari senior maupun junior di Lion Air berbeda-beda.

Penghasilan Pramugari pada maskapai penerbangan Lion Air tergolong cukup tinggi. Namun belum bisa dikategorikan sebagai pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia. Gaji pokok seorang Pramugari senior pada maskapai penerbangan ini mencapai kisaran Rp5.000.000 sampai Rp7.000.000 per bulan.

Sedangkan gaji pokok Pramugari junior Lion Air hanya sebesar Rp3.000.000 hingga Rp4.000.000 setiap bulan. Tetapi jumlah tersebut belum termasuk tunjangan maupun bonus. Pramugari Lion Air bisa mendapatkan tambahan penghasilan berupa uang penerbangan dengan nominal sekitar Rp50.000 setiap satu jam.

Sehingga, jika ditambahkan seluruhnya bisa mencapai antara Rp15.000.000 sampai Rp20.000.000 per bulan. Nominal tersebut bisa dibilang sangat tinggi, tetapi sesuai dengan tugas serta resiko sebagai Pramugari. Resiko paling mengerikan bagi seorang Pramugari yaitu kehilangan nyawa.

Proses Seleksi Pramugari Lion Air

Selain biaya pendidikan serta gaji, kalian perlu mengetahui proses seleksi menjadi Pramugari Lion Air. Prosesnya melalui beberapa tahapan yang harus dilakukan, sehingga hal tersebut cukup penting dipelajari. Berikut penjelasan daftar tahapan seleksi sebagai seorang Pramugari di maskapai penerbangan Lion Air.

1. Registrasi dan Pengecekan Dokumen

Tahap pertama dalam seleksi yaitu melakukan registrasi disertai penyerahan dokumen. Proses pengecekan dokumen akan dilakukan oleh panitia atau petugas. Setelah itu akan diberikan nomor urut untuk para peserta seleksi.

2. Cek Berat Badan dan Tinggi Badan

Setelah melakukan tahap pertama, selanjutnya akan mengikuti proses pengukuran berat dan tinggi badan. Berat badan harus proporsional serta ideal mengikuti tingginya. Tinggi badan minimal yang dibutuhkan sebagai persyaratan adalah 158 cm.

3. Tes Performa Pramugari

Tahap ketiga yaitu mengetes performa atau kemampuan sebagai Pramugari. Pengetesan pada tahap performa ada tiga jenis seperti kemampuan berkomunikasi, penampilan serta gaya jalan. Penampilan harus sempurna, baik dari postur tubuh maupun kesehatan kulit wajah. Sedangkan tes gaya jalan perlu sesuai dengan ketentuan sebagai Pramugari.

4. Wawancara

Selanjutnya akan ada proses wawancara atau biasa disebut tanya jawab antara panitia dengan kalian. Hal yang ditanyakan biasanya seputar dunia penerbangan, Pramugari, pengetahuan umum, maupun pariwisata. Namun, pertanyaan latar belakang kalian juga sering terjadi agar petugas bisa memastikan kesesuaian dokumen.

5. Pantauan Direksi

Pada tahap pantauan direksi para peserta dilarang menggunakan make up. Para peserta juga akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melanjutkan seleksi. Tes yang sering dilakukan pada tahapan ini adalah membaca sebauh banner agar bisa dinilai oleh direksi. Perlu diperhatikan juga, ketika mengikutinya harus menjaga sikap sehingga memberikan daya tarik kepada direksi supaya meloloskan.

6. Psikotes Pramugari Lion Air

Sebelum melakukan tahap terakhir, peserta akan melakukan psikotes. Ketika tahap ini berlangsung setiap peserta perlu menyelesaikan soal secara tertulis mengenai psikotes dan bahasa Inggris. Proses ini dilakukan selama sehari penuh, dengan itu kalian perlu cukup istirahat sebelum melakukannya.

7. Medical Check Up

Tahapan terakhir proses seleksi adalah medical check up alias tes medis. Medical check up biasanya berupa pengetesan darah, urine, tensi darah, mata, detak jantung, pendengaran, gigi, keseimbangan tangan serta pernapasan. Apabila lolos maka kalian hanya perlu melanjutkan kegiatan training selama beberapa bulan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan artikel Investasiin.com tentang gaji Pramugari Lion Air baik senior maupun junior. Pembahasan tidak hanya gaji saja, melainkan adapun seperti biaya pendidikan serta proses seleksi Pramugari. Terkait penjelasan di atas apakah ada sesuatu membuat kalian bingung? Jika ada tanyakanlah.

Bagikan: