Gaji PLN Lulusan SMA 2024: Bonus & Tunjangannya

Giring Baskoro

Gaji PLN Lulusan SMA

Gaji PLN Lulusan SMA – Perusahaan Listrik Negara atau biasa dikenal dengan singkatan PLN adalah salah satu perusahaan milik pemerintah yang menyediakan kebutuhan listrik untuk masyarakat Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan PLN? Tentunya semua orang di Tanah Air mengenali perusahaan tersebut. Karena memang penyedia layanan listrik tersebut sudah berdiri sudah selama puluhan tahun lebih.

Selain menyediakan layanan listrik, PLN juga memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk bergabung dan berkontribusi di perusahaan ini. Setiap tahunnya penyedia layanan listrik ini membuka rekrutmen yang dapat didaftar secara gratis. Semua tingkat pendidikan mulai dari lulusan SMA sampai dengan S1 tersedia lowongannya.

Bagi sebagian orang tentunya ingin bergabung dengan PLN karena perusahaan ini memberikan gaji dan tunjangan menarik. Bagi seorang lulusan SMA juga diberikan upah cukup tinggi tetapi terdapat beberapa syarat mengharuskan memiliki pengalaman jika ingin mendaftar di PLN. Gaji PLN lulusan SMA memang tidak setinggi dari orang yang menempati jabatan atau posisi tertentu, tetapi nominalnya dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Apabila dibandingkan dengan gaji pegawai Bank Mandiri, upah seorang karyawan lulusan SMA di PLN memang lebih rendah. Meski begitu, bagi pegawai dengan tingkat pendidikan tersebut tetap mendapat tunjangan sehingga dapat sedikit menambah nominal gaji yang diterima. Memangnya berapa gaji PLN lulusan SMA? Pastinya kalian penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut, untuk itu kami akan memberikan informasinya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Gaji PLN Lulusan SMA

Sebagai salah satu perusahaan dari BUMN, Perusahaan Listrik Negara memang selalu menjadi incaran favorit bagi para pencari kerja. Bagaimana tidak, gaji pegawai PLN dapat melebihi UMR kota penempatan. Hal itu juga berlaku bagi seorang karyawan lulusan tingkat pendidikan SMA.

Meski tidak setinggi gaji pelayaran Luar Negeri, upah pegawai PLN lulusan SMA dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli makanan dan minuman. Namun, bagi lulusan tingkat pendidikan tersebut juga terdapat beberapa posisi dengan gaji cukup tinggi. Salah satunya adalah sebagai teknisi, posisi itu memperoleh upah lebih tinggi dari lulusan SMA lainnya karena memang memiliki risiko kerja besar. Meski terdapat risiko besar, banyak orang masih berminat untuk menempati posisi tersebut.

Selain itu, sebagai lulusan SMA kalian juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan. Hal itu dapat terjadi apabila kinerja kalian dinilai konsisten dan memberikan efek positif untuk perusahaan. Namun, berapa ya gaji PLN lulusan SMA? Mulai dari terendah gajinya berkisar Rp 2.250.000 – 2.500.000. Untuk karyawan lulusan SMA di PLN gaji tertingginya yakni Rp 3.100.000 – Rp 3.400.000.

Bonus & Tunjangan Pegawai PLN

Selain mendapat gaji, sebagai seorang karyawan lulusan SMA di PLN juga akan tetap diberikan fasilitas seperti tunjangan. Untuk tunjangannya ini bermacam-macam dan dibedakan sesuai dengan tingkat jabatan atau posisi pegawai. Adaanya tunjangan ini bertujuan demi pegawai dapat terus meningkatkan kinerjanya.

Sistem Kenaikan Gaji

Dalam PLN, sistem kenaikan gajinya setiap tahunnya dapat meningkat berdasarkan merit system. Karir kalian bisa terus meningkat dan dibarengi dengan gaji terus naik sesuai jabatan. Adanya sistem tersebut, membuat pegawai PLN terus mengoptimalkan kinerja supaya lebih cepat dan mendapatkan penghasilan atau benefit lainnya.

Mendapat Beberapa Bonus

Pegawai PLN juga memiliki kesempatan mendapatkan bonus setiap bulan, setiap tahun atau setiap 8 bulan sekali. Bonus dari PLN juga bermacam-macam bentunya dan besarannya. Bonus paling umum yakni P3 atau Pay for Performance. Bonus ini diberikan oleh PLN apabila dalam jangka waktu tertentu kinerja sebagai pegawai memuaskan sesuai dengan posisi atau jabatan.

Dana Pensiun

Sama seperti perusahaan besar BUMN lainnya, PLN juga memiliki dana pensiun bagi pegawainya. Setelah memasuki usia sudah tak muda lagi, tentu fisik sudah mulai tidak bugar lagi sehingga dalam umur tertentu akan diwajibkan untuk pensiun. Maka dari itu, PLN memberikan dana pensiun bagi pegawainya untuk dinikmati setelah tidak bekerja lagi. Dana pensiun ini disebut DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang sudah diatur secara otomatis oleh perusahaan.

Tunjangan BPJS

Sama seperti perusahaan BUMN atau swasta lainnya, pegawai PLN lulusan SMA juga akan memperoleh tunjangan seperti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. BPJS akan dibayarkan perusahaan dan dapat digunakan oleh pegawai apabila mengalami kecelakaan kerja atau masalah kesehatan.

Diberikan Akses Kesehatan

PLN menyediakan kelengkapan serta kemudahan akses kesehatan bagi pegawainya, lulusan SMA juga dapat mengaksesnya. Bahkan keluarga karyawan pun termasuk dalam prioritas untuk mendapat kemudahan akses fasilitas kesehatan yang dibutuhkan. Sebagai anggota keluarga pegawai yang bekerja di PLN tentu tak akan merasa kesulitan dalam mencari akses kesehatan untuk berobat.

Mendapatkan Kesempatan Belajar

Sebagai pegawai PLN, kalian bisa mendapatkan kesempatan bersekolah atau melanjutkan pendidikan di berbagai universitas. Selain itu, pegawai perusahaan tersebut juga memiliki peluang mengikuti berbagai macam pelatihan khusus demi mengembangkan skill dalam bekerja.

Cuti Tahunan

Apabila dibandingkan dengan karyawan perusahaan swasta lainnya, cuti tahunan pegawai PLN tergolong lebih banyak. Jatah cuti ini dapat digunakan untuk pergi berlibur bersama keluarga atau sekadar beristirahat melepas penat. Biasanya kalian akan mendapatkan cuti tahunan pada hari-hari tertentu seperti pada hari raya lebaran dan natal. Namun, kalian dapat mengajukan cuti apabila memang mendesak.

Kesimpulan

Bekerja di salah satu perusahaan Negara memang menjadi dambaan bagi banyak orang karena mendapat gaji tinggi dan tunjangan menarik. Namun, apabila ingin bergabung maka harus melewati beberapa tahapan tes terlebih dahulu. Demikian pembahasan dari Investasiin.com terkait gaji PLN lulusan SMA. Terima kasih telah membaca informasi di atas, semoga dapat bermanfaat untuk kalian.

Bagikan:

Ads - After Post Image