Update Gaji Perawat Rumah Sakit 2024: PNS, Non-PNS & Honorer

Sheva Santoso

gaji perawat rumah sakit

Gaji Perawat Rumah Sakit – Perawat adalah seseorang yang memiliki pendidikan pada bidang perawatan di Indonesia maupun luar negeri. Perawatan merupakan sebuah bentuk pelayanan kesehatan secara profesional untuk pasien. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan keberadaannya oleh setiap Rumah Sakit.

Saat ini, banyak sekali orang dengan memiliki minat sebagai Perawat, namun belum mengetahui mengenai penghasilannya. Penghasilan yang didapat berupa gaji pokok, tunjangan, serta bonus. Gaji Perawat Rumah Sakit sendiri bisa dibilang cukup tinggi, tapi masih lebih rendah dari gaji Pramugari Garuda Indonesia.

Meskipun penghasilannya cukup tinggi, tentunya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Gaji Perawat Rumah Sakit cukup berbagai macam, karena memiliki beberapa jenisnya seperti PNS, Non-PNS, serta Honorer. Ketiga jenis perawat tersebut memiliki jumlah gajinya masing-masing.

Apabila kalian ingin mengetahui penghasilan seorang perawat, pelajari pembahasan berikut. Artikel ini akan menjelaskan tentang gaji Perawat Rumah Sakit baik PNS, Non-PNS maupun Honorer. Tidak hanya gaji saja, melainkan ada beberapa penjelasan lainnya seperti tugas ataupun tanggung jawabnya.

Tugas Perawat Rumah Sakit

Sebelum masuk ke pembahasan gaji, kalian perlu mengerti mengenai tugas seorang Perawat Rumah Sakit. Tugas yang dimiliki cukup banyak dan juga harus bertanggung jawab besar terhadap pasien. Berikut daftar tugas utama beserta tanggung jawab sebagai Perawat di Rumah Sakit:

  • Mencatat riwayat kesehatan para pasien
  • Bekerja sama dalam perencanaan merawat dan menjaga pasien
  • Memberikan pelayanan kesehatan serta kesejahteraan sesuai ketentuan
  • Memperhatikan kesehatan serta gejala pasien
  • Melaksanakan kegiatan berupa tes diagnostik
  • Memberikan obat sesuai penyakit
  • Mengoperasikan alat-alat medis Rumah Sakit
  • Memberikan pendidikan, nasihat, dan dukungan terhadap pasien

Itulah beberapa tugas utama sebagai seorang Perawat. Tentunya daftar di atas cukup banyak, namun tidak perlu khawatir karena perolehan gaji cukup sesuai dengan pemberian tugasnya.

Gaji Perawat Rumah Sakit

Setelah mengetahui tugas, kalian pasti memiliki keinginan untuk mengetahui pendapatannya. Pendapatan seorang Perawat berbeda-beda tergantung jenisnya seperti PNS, Non-PNS, dan Honorer. Pendapatan perawat tidak hanya gaji saja, tetapi ada juga tunjangan. Sehingga cukup penting diketahui oleh kalian, berikut penjelasannya.

Gaji Perawat PNS

Nominal gaji Perawat PNS diatur sesuai dengan undang-undang pemerintahan. Selain itu, gaji Perawat PNS di Rumah Sakit juga ditentukan tergantung golongannya masing-masing. Sehingga wajar, jika memiliki besaran gaji berbeda-beda meskipun sama pekerjaannya. Penghasilannya didapat dari gaji pokok serta tunjangan, tentunya sesuai ketentuan.

Perawat PNS terbagi menjadi empat dari golongan I (satu) sampai IV (empat). Golongan satu merupakan paling rendah, dengan itu penghasilannya juga masih sedikit. Tentunya perlu menambah pengalaman lebih luas lagi agar mendapatkan peningkatan golongan serta penghasilan. Inilah daftar gaji perawat PNS sesuai dengan golongannya:

  • Golongan I memiliki besaran gaji pokok sekitar 1,4 juta hingga 2,5 juta rupiah per bulan
  • Golongan II memperoleh gaji pokok sebesar 2 juta sampai 3,6 juta rupiah setiap bulan
  • Golongan III menerima gaji pokok di kisaran 2,5 juta hingga 4,5 juta rupiah per bulan
  • Golongan IV mendapatkan gaji pokok bulanan sebesar 3 juta sampai 5 juta rupiah

Gaji Perawat Non-PNS

Selain PNS, ada juga perawat non-PNS yang terdapat di berbagai Rumah Sakit Indonesia. Penghasilan perawat non-PNS sama seperti perawat PNS berupa gaji pokok serta tunjangan. Namun, tunjangan yang didapatkan lebih sedikit sehingga penghasilannya tidak sebesar perawat PNS.

Gaji pokok perawat non-PNS cukup berbeda tergantung daerahnya. Rata-rata gaji perawat di berbagai daerah Indonesia berada di kisaran 2,7 juta rupiah setiap bulannya. Angka tersebut belum termasuk tunjangan yang didapatkan, sehingga jika ditambahkan mungkin bisa mencapai lebih dari 3 juta rupiah.

Gaji pokok Perawat non-PNS terendah berada di provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan kurang lebih di angka 1,8 juta rupiah. Sedangkan gaji pokok tertinggi terdapat pada kota Jakarta di kisaran 4 juta sampai 4,4 juta rupiah setiap bulannya. Gajinya sangat berbeda jauh perbandingannya, hal tersebut disebabkan sebuah faktor tertentu.

Gaji Perawat Honorer

Tidak hanya PNS serta non-PNS saja, melainkan Perawat honorer juga sudah ada di Indonesia. Perawat honorer merupakan seorang pekerja di Rumah Sakit, tetapi belum diangkat sebagai pekerja tetap. Penghasilannya tergolong sangat rendah, padahal tugas dan tanggung jawabnya sama seperti Perawat lainnya.

Gaji bulanan Perawat honorer Rumah Sakit hanya sekitar 1 juta sampai 1,2 juta rupiah. Angka tersebut belum termasuk tunjangannya, tetapi tetap saja tergolong rendah. Meski begitu, para Perawat honorer menjaga kinerjanya agar tetap baik dan stabil. Sehingga dapat menjadi perawat tetap di Rumah Sakit.

Tunjangan Perawat Rumah Sakit

Setiap Perawat Rumah sakit tidak mendapatkan gaji saja, tetapi ada beberapa pemberian tunjangan dari pihak Rumah Sakit. Tunjangan ini cukup berguna bagi Perawat, karena dapat untuk menambah penghasilan agar lebih besar. Berikut daftar tunjangan yang bisa didapatkan oleh Perawat Rumah Sakit:

  • Tunjangan daerah
  • Insentif khusus nakes (tenaga kesehatan)
  • Dana Kapitasi oleh BPJS
  • Biaya operasional kesehatan
  • Perjalanan dinas atau transportasi lokal
  • Biaya transport
  • Uang makan
  • Tunjangan PNS (khusus Perawat PNS)

Itulah beberapa pemberian tunjangan dari Rumah Sakit kepada seorang Perawat. Dari daftar tunjangan di atas pastinya tidak hanya menambah penghasilan, tapi juga untuk menghargai pekerjaan para Perawat.

Akhir Kata

Sekian penjelasan artikel Investasiin.com tentang gaji perawat rumah sakit baik PNS, non-PNS, dan honorer. Pembahasan tidak hanya gaji, tetapi adapun penjelasan tugas serta tunjangannya. Setelah mempelajari beberapa pembahasan di atas, tentunya kalian dapat menambah informasi seorang Perawat.

Bagikan:

Ads - After Post Image