Gaji Lulusan Teknik Sipil Tertinggi di Indonesia 2024

Giring Baskoro

Gaji Lulusan Teknik Sipil

Gaji Lulusan Teknik Sipil – Teknik sipil merupakan cabang ilmu berfokus khususnya pada perencanaan, perancangan, konstruksi serta pemeliharaan infrastruktur secara fisik. Infrastruktur yang dimaksud yakni seperti bangunan, jembatan, jalan, sistem air sanitasi, bendungan dan berbagai struktur lainnya. Tujuan utama dari teknik sipil menciptakan infrastruktur aman, berfungsi dengan biak, efisien dan tahan lama.

Teknik sipil menjadi salah satu dari sekian banyak bidang yang memiliki banyak peminat. Jurusan perkuliahan tersebut memang prospeknya cerah dan tersedia lowongan pekerjaannya selalu tersedia. Selain alasan itu, teknik sipil disukai bagi beberapa orang karena setelah bekerja biasanya akan memperoleh gaji tergolong cukup tinggi.

Dapat dikatakan gaji pegawai Bank Mandiri hampir sama seperti seseorang dari lulusan teknik sipil. Besaran nominalnya pun dapat terus mengalami kenaikan apabila lulusan tersebut sudah berpengalaman dan memiliki ilmu cukup banyak. Memangnya berapa ya gaji lulusan teknik sipil? Pastinya kalian penasaran bukan, pada dasarnya besaran nominalnya tergantung dari perusahaan yang mempekerjakannya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai gaji lulusan teknik sipil berdasarkan pada posisi di sebuah perusahaan. Teknik tersebut sering kali dibutuhkan dalam perusahaan, mengingat perannya cukup penting. Berikut ini adalah gaji lulusan teknik sipil.

Gaji Lulusan Teknik Sipil

Teknik sipil merupakan jurusan dengan peminat cukup banyak. Karena jurusan tersebut memang memiliki peluang kerja lebih tinggi dan mendapatkan gaji besar. Mungkin kalian seorang lulusan teknik sipil sedang mencari referensi besaran gaji yang akan di dapat. Maka kami akan memberikan penjelasannya, berikut ini adalah gaji lulusan teknik sipil berdasarkan pada profesinya.

1. Kontraktor

Salah satu peluang lowongan kerja bagi lulusan teknik sipil yang pertama adalah menjadi kontraktor. Mayoritas sarjana teknik sipil memilih melamar di perusahaan kontraktor baik itu di kota kecil atau besar.

Setiap tahunnya perusahaan kontraktor selalu memberikan kesempatan bagi fresh graduate atau berpengalaman sehingga lulusan teknik sipil tak terlalu sulit mendapat pekerjaan. Gaji lulusan teknik sipil profesi tersebut ini dimulai dari UMR derah. Apabila kalian berhasil di kota besar seperti Jakarta maka dapat memperoleh gaji berkisar mulai dari Rp 4.900.000 hingga Rp 5.500.000.

2. Konsultan Pembangunan

Selanjutnya ada konsultan pembangunan, posisi ini cocok dipilih jika ingin membuka usaha sendiri. Sebagai konsultan pembangunan memang sangat dibutuhkan, apalagi untuk kebutuhan pribadi seperti pembuatan hunian baru.

Namun, tak sedikit juga ada perusahaan konsultan pembangunan besar dapat kalian daftar. Apabila berhasil bergabung dengan perusahaan tersebut, kalian akan mendapat besaran gaji Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000. Selain itu, jenjang karir di perusahaan konsultan pembangunan termasuk lebih jelas.

3. Developer

Bisnis perumahan saat ini memiliki prospek kerja, utamanya bagi lulusan teknik sipil. Kalian dapat bekerja sebagai developer lalu menangani berbagai macam jenis proyek perumahan baik itu kecil atau besar. Profesi kerja tersebut memiliki rata-rata gaji mulai dari Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000 tergantung dari kota tempat bekerja.

Tak hanya D3 tetapi juga lulusan dari S1 teknik sipil banyak yang memilih bekerja sebagai developer. Apalagi saat ini di setiap kota atau daerah ada perusahaan developer. Tugas dan tanggung jawab profesi ini memang cukup banyak mulai dari observasi tanah, perencanaan pengembangan konsep hingga menganalisis kebutuhan pasar.

4. Surveyor Tanah

Peluang kerja dengan gaji cukup tinggi lulusan teknik sipil yakni sebagai surveyor tanah. Profesi kerja tersebut bekerja mengukur tanah yang direncanakan akan dibangun sebuah bangunan. Ilmu ukur tanah, menggambar bangunan sampai menggunakan alat ukur tanah sangat dibutuhkan.

Perkiraan gaji seorang surveyor tanah besarannya mencapai Rp 4.500.00 – Rp 6.000.000. Jumlah nominal itu berbeda-beda karena tergantung dari penempatan kota kalian bekerja. Mayoritas surveyor tanah memilih bekerja dengan Badan Pertanahan Negara (BPN).

5. Structural Engineer

Posisi selanjutnya yaitu structural engineer. Profesi tersebut membutuhkan keterampilan dan ketelitian tingkat tinggi karena tugas utamanya memastikan bahwa struktur bangunan sudah tepat. Apabila ada salah menghitung, maka risikonya adalah bangunan bisa ambruk yang kemudian membahayakan banyak nyawa.

Seorang structural engineer dapat bekerja di sebuah perusahaan developer dan kontraktor. Menyangkut masalah gaji tentu nominalnya cukup besar, entry level saja bisa mendapatkan Rp 5.500.000. Apabila sudah mencapai level senior jumlah gaji pun meningkat menjadi Rp 8.000.000.

6. Staff Research & Development

Pada bidang teknik sipil terdapat peluang kerja di Research & Development (R&D). Profesi itu memiliki tugas utama untuk meneliti serta mengembangkan bidang pembangunan. Entah itu perusahaan swasta atau milik pemerintah sangat membutuhkan pekerja di bidang ini.

Besaran gaji untuk entry level akan memperoleh Rp 4.500.00 hingga Rp 6.000.00. Sedangkan levelnya lebih tinggi maka akan mendapat penghasilan Rp 8.000.000, jumlah tersebut melebihi gaji kerja di BUMN.

7. Water Engineer

Sebuah proyek air minum juga tentunya membutuhkan teknisi pengairan termasuk dalam proyek pembuangan limbah serta mencegah terjadinya banjir. Profesi tersebut dibutuhkan pada berbagai jenis perusahaan dan penghasilannya terbilang cukup tinggi. Besaran nominalnya mencapai Rp 8.000.000 – Rp 15.000.000.

8. Site Manager

Kemudian ada posisi site manager. Profesi ini sangat dibutuhkan pada bidang pertambangan, kontraktro dan developer. Site manager memiliki tugas utama dalam merinci pekerjaan di lapangan dan melakukan pengecekan secara berkala. Karena tugas serta tanggung jawabnya besar, gaji lulusan teknik sipil di bidang pertambangan tersebut dapat mencapai Rp 7.000.000 – Rp 10.000.000. Sedangkan bagi site manager di luar pertambangan nominalnya Rp 8.000.000.

9. Geotechnical Engineer

Termasuk ke dalam salah satu bidang pekerjaan yang berhubungan secara langsung dengan pertambangan. Seorang geotechnical engineer memiliki tugas untuk menyelidiki, melakukan pengujian contoh hingga mengolah data geoteknik. Operasi tambang terbuka dapat berjalan dengan baik apabila infrastruktur yang telah direncanakan oleh seorang geotechnical ini berhasil.

Rata-rata lulusan S2 dan S3 teknik sipil lebih banyak yang bekerja pada bidang ini. Besaran nominal gaji profesi tersebut mencapai Rp 10.000.000 dan akan mengalami peningkatan sesuai dengan pengalaman dan waktu kerja.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari Investasiin.com mengenai gaji lulusan teknik sipil. Bagi kalian yang merupakan lulusan jurusan tersebut terdapat begitu banyak peluang kerja, sehingga tak perlu bingung-bingung mencari lowongan kerja. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kalian.

Bagikan:

Ads - After Post Image