Gaji Kurir Shopee Express 2024: Tugas, Cara Daftar & Syarat

Sheva Santoso

gaji kurir shopee express

Gaji Kurir Shopee Express – Shopee merupakan salah satu situs perdagangan online yang sudah populer di Indonesia. Banyak sekali ketersediaan fasilitas dari Shopee untuk para penggunanya. Salah satu fasilitas yang sering digunakan adalah jasa pengirimannya dengan nama Shopee Express.

Shopee Express merupakan ekspedisi buatan resmi Shopee agar tidak memerlukan jasa pengiriman lainnya. Shopee Express membutuhkan seorang kurir dalam menjalankan sistemnya. Menjadi kurir pada ekspedisi ini tentunya cukup menarik, karena gaji kurir Shopee Express tergolong cukup tinggi.

Kurir Shopee Express memiliki tugas cukup mudah dan bertanggung jawab penuh terhadap barang yang akan dikirimkan. Meskipun mudah, dapat memperoleh penghasilan cukup besar. Namun, gaji kurir Shopee Express belum termasuk ke dalam kategori pekerjaan dengan gaji tinggi di Indonesia.

Apabila kalian ingin mengetahui penghasilan keseluruhannya, simak penjelasan berikut. Artikel ini akan membahas tentang gaji kurir Shopee Express disertai penjelasan mengenai tugas, cara daftar, dan syaratnya. Sehingga kalian mendapatkan pengetahuan secara mendalam ketika mempelajarinya.

Tugas Kurir Shopee Express

Sebelum masuk ke pembahasan utama, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tugas dari kurir Shopee Express. Sebagai kurir tentunya memiliki tugas tersendiri, seperti diketahui kebanyakan orang. Seorang kurir bertugas melakukan pengiriman paket/barang. Berikut cara menjalankan tugas sebagai kurir Shopee Express:

  • Datangilah cabang Shopee Express (tempat kerja) untuk melakukan absensi
  • Mengambil dokumen berupa daftar pengiriman paket/barang
  • Atur dan susun paket pada kendaraan
  • Berangkatlah secara hati-hati ke alamat tujuan
  • Jika akan memberikan paket, pastikan data paket tidak ada kesalahan
  • Foto sebagai bukti bahwa paket sudah diterima
  • Sertakan proses pengiriman sebagai laporan

Tugas kurir tentunya mudah ketika dilakukan, tetapi memiliki tanggung jawab cukup besar. Sehingga perlu memperhatikan lingkungan serta berhati-hati agar barang terjaga keamanannya. Perlu diketahui ketika barang sampai di gudang paket sebelum jam 13.00 akan dikirimkan dengan hari yang sama. Namun, jika setelah jam 13.00 maka akan dikirim pada hari berikutnya.

Gaji Kurir Shopee Express

Penghasilan kurir Shopee Express didapat melalui gaji pokok dan bisa ditambah dengan pemberian tunjangan dari Shopee. Pemberian tunjangan biasanya berupa uang bensin serta uang makan. Dengan itu, para kurir bisa memperoleh gaji pokok secara penuh tanpa harus mengeluarkan biaya untuk bensin maupun makan.

Pendapatan kurir Shopee Express tergantung pada jumlah pengiriman paket. Semakin banyak paket yang dikirim, maka pendapatan akan lebih besar lagi. Saat ini pengiriman dihargai sekitar Rp2.200 untuk setiap paketnya. Tentunya angka tersebut bisa dibilang sangat kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Jika dalam satu hari bisa mengirim sekitar 70 paket, jadi penghasilan harian sekitar Rp154.000. Dalam sebulan para kurir mendapatkan waktu kerja selama 24 hari, maka gaji yang didapat sekitar Rp3.696.000 setiap bulannya. Angka tersebut tergolong cukup tinggi, tapi perlu diingat jika mampu mengirimkan 70 paket.

Setiap kurir memiliki jam kerja selama kurang lebih 8 jam dengan waktu libur selama 1 hari setiap seminggu, tetapi libur tidak semestinya hari minggu. Karena Shopee Express memiliki sistem kerja bergantian atau shift, sehingga hari libur akan didapat ketika waktu kerja digantikan oleh kurir Shopee Express lainnya.

Syarat dan Cara Daftar Kurir Shopee Express

Selain gaji, persyaratan dan cara mendaftar sebagai kurir Shopee Express juga perlu diketahui. Karena tidak menutup kemungkinan kalian memiliki minat bekerja sebagai kurir Shopee Express setelah mengetahui pendapatannya. Berikut penjelasan syarat dan cara daftar menjadi kurir di ekspedisi tersebut.

Syarat

Sebelum melakukan langkah-langkah pendaftarannya, pastinya dibutuhkan beberapa persyaratan untuk dipenuhi. Sebab, pekerjaan ini memerlukan beberapa informasi tentang data diri kamu maupun lainnya. Berikut syarat-syarat dibutuhkan dalam proses pendaftaran:

  • Laki-laki
  • Berusia sekitar 18 tahun sampai 35 tahun
  • Pendidikan terakhir SMA/SMK
  • Memiliki kendaraan berupa motor
  • Adanya Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Memiliki handphone agar dapat berkomunikasi
  • Mempunyai kemampuan berkomunikasi baik dan jelas
  • Memahami rute perjalanan
  • Kesehatan tubuh terjaga
  • Adanya sifat bertanggungjawab agar dapat dipercaya

Itulah beberapa syarat yang perlu disiapkan sebelum melakukan proses pendaftaran. Daftar persyaratan di atas sangat mudah ketika dipenuhi, sehingga banyak orang dapat melakukan proses pendaftaran sebagai kurir Shopee Express.

Cara Daftar

Setelah menyiapkan persyaratan, selanjutnya kamu harus mengetahui langkah-langkah dalam proses pendaftarannya. Langkah-langkahnya tidak sulit ketika dilakukan, namun kamu perlu memahami serta mempelajarinya agar terhindar dari sebuah kesalahan. Berikut penjelasan proses pendaftaran menjadi kurir Shopee Express:

  • Carilah informasi mengenai lowongan pekerjaan sebagai kurir Shopee Express
  • Apabila sudah menemukan, ajukanlah surat lamaran kerja disertai persyaratan yang diperlukan
  • Tunggulah beberapa hari sampai ada panggilan dari petugas
  • Setelah mendapatkan panggilan, datangilah petugas sesuai dengan ketentuan waktu
  • Kamu akan melakukan proses interview
  • Selanjutnya tunggulah sampai ada pengumuman lolos atau tidaknya kalian pada proses interview
  • Jika lolos maka kamu akan dipanggil untuk melakukan penandatanganan kerja sebagai seorang kurir Shopee Express

Langkah-langkah tersebut cukup mudah dilakukan, namun tidak semuanya lolos. Karena pelamar tidak hanya kamu saja, melainkan banyak pesaing lain. Hal ini disebabkan gaji yang didapat cukup besar, sehingga banyak orang memiliki minat sebagai kurir Shopee Express.

Akhir Kata

Sekian penjelasan artikel Investasiin.com tentang gaji kurir Shopee Express terbaru di tahun 2023. Pembahasan tidak mengenai pendapatan saja, melainkan disertai dengan penjelasan tugas, langkah-langkah pendaftarannya, bahkan persyaratan yang dibutuhkan sebagai seorang kurir Shopee Express. Sehingga kalian dapat menambah pengetahuan dan informasi kurir Shopee Express secara menyeluruh.

Bagikan: