Gaji Data Analyst Pemula 2024: Tugas & Kemampuan

Giring Baskoro

Gaji Data Analyst Pemula

Gaji Data Analyst Pemula – Pada zaman serba digital ini telah muncul berbagai macam jenis pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi. Tentunya hal tersebut juga membuka kesempatan dan lowongan kerja semakin banyak untuk orang-orang. Salah satu jenis pekerjaan berhubungan langsung dengan teknologi adalah data analyst.

Mungkin bagi orang yang masih awam dengan teknologi, mungkin akan terdengar asing jika mendengar pekerjaan data analyst. Wajar saja, karena jenis pekerjaan tersebut memang belum lama ini muncul di dunia kerja. Mungkin kalian berminat untuk melamar pekerjaan sebagai data analyst tetapi ingin mengetahui besaran gaji yang diterima terlebih dahulu.

Gaji data analyst ini dibedakan berdasarkan dari tingkat pengalamannya, apabila seorang pemula maka akan mendapatkan upah sedikit lebih rendah dari yang berpengalaman. Namun, apabila bersabar dan terus meningkatkan kinerjanya maka dapat dipastikan upahnya pun akan mengalami kenaikan. Sebagai perbandingan saja, bahwa seorang data analyst pemula memiliki upah lebih tinggi dari gaji pegawai Bank Mandiri.

Memangnya berapa ya gaji data analyst pemula? Tentunya kalian penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut. Maka dari itu kami ingin membagikan informasi terkait hal itu untuk kalian yang tidak mengetahuinya. Berikut ini adalah gaji data analyst pemula.

Apa Itu Data Analyst?

Sebelum membahas dari sisi gaji, kami ingin memberikan pengetahuan mengenai apa itu data analyst untuk kalian. Data analyst adalah profesi pekerjaan yang bertanggung jawab melakukan analisis dan riset data menggunakan tools tertentu. Dalam dunia bisnis, data analyst melakukan riset demi kepentingan marketing atau pengembang produk untuk melihat aktivitas dari target pasar di internet. Dapat berupa dari apa yang sering target pasar cari pada mesin pencarian dan media sosial.

Seorang data analyst zaman sekarang sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis karena aktivitas, selera dan tren di pasar bisa sangat cepat mengalami perubahan. Jika dibandingkan riset manual membutuhkan waktu terlalu lama karena harus membuat dan mengumpulkan kuesioner ke responden. Proses data analytics ini dapat mengehemat banyak waktu dan terdapat data lebih akurat.

Tidak hanya dalam dunia bisnis, seorang data analyst baik berpengalaman atau pemula yang memiliki minat di dunia akademis atau penelitian. Kemampuan analisis data akan mempermudah melakukan riset menggunakan data padat, akurat, waktu efisien. Apalagi, peneliti dengan skill tersebut memiliki peluang besar untuk mendapatkan proyek riset lain.

Gaji Data Analyst Pemula

Data analyst menjadi salah satu profesi paling banyak diminati di era serba digital seperti sekarang ini. Hal itu karena gaji dari pekerjaan tersebut dapat dikatakan cukup besar, bahkan untuk level seorang pemula. Ketika ingin mendaftar di posisi data analyst, pastinya kalian akan mencari tahu mengenai gaji yang akan diterima.

Bagi seorang pemula dengan pengalaman kurang lebih selama 4 tahun akan memperoleh gaji berkisar Rp 3.500.000 hingga Rp 7.000.000. Nominal tersebut dibeda-bedakan berdasarkan dari kota penempatan kerja. Namun, besaran upah data analys pemula hampir sama seperti gaji pelayaran Luar Negeri.

Selain itu, sebagai data analyst pemula kalian juga pastinya akan mendapatkan beberapa fasilitas pendukung dari perusahaan seperti tunjangan. Tunjangan tersebut juga berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan tempat kalian bekerja. Jika telah menjadi seorang data analyst maka jaminan hidupnya akan jauh lebih sejahtera.

Tugas Data Analyst

Setelah mengetahui besaran gaji, maka sebagai pemula penting untuk mengerti detail tugas dari seorang data analyst. Jika sudah mengetahui tugasnya maka ketika diberikan tanggung jawab akan dapat langsung melaksanakannya dan tidak terjadi kendala. Berikut ini adalah tugas dari seorang data analyst baik itu senior atau pemula.

  • Memahami dengan baik sistem dari database produk milik perusahaan.
  • Maintenance atau memelihara sistem database perusahaan secara rutin.
  • Berkolaborasi dengan pihak data researcher agar memperoleh data yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Setelah memperoleh data langsung mengaturnya untuk dikelola sesuai dengan jenisnya.
  • Melakukan analisis data setelah dikelompokkan menggunakan alat statistik.
  • Mempresentasikan data yang sudah diolah dalam meeting atau rapat agar dapat dijelaskan kepada semua tim terkait data sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • Berkolaborasi dengan tim engineerm programmer hingga manajemen tim lainnya agar dapat melakukan pengolahan serta penggunaan data.

Skill Seorang Data Analyst

Agar dapat melaksanakan tugas di atas, maka seorang data analyst pemula juga harus menguasai beberapa kemampuan lain. Penting mengetahui kemampuan dari profesi tersebut. Berikut ini adalah skill atau kemampuan harus dimiliki oleh data analyst pemula.

1. Pengetahuan Mengenai Bisnis

Hanya bisa menganalisa sebuah data saja tidak akan cukup untuk membuat data analyst berhasil membuat performa lebih baik. Diperlukan adanya pengetahuan serta kemampuan dalam menilai perkembangan apa yang telah diraih oleh perusahaan, sehingga insight untuk perusahaan bisa memajukan bisnis tersebut.

2. Kemampuan Analisa

Adanya kemampuan analisa dengan baik, semua kendala dalam perusahaan terutama berhubunan dengan data-data penting dan keuangan. Maka dapat terselesaikan menggunakan kerangka kerja serta teknik sistematis.

3. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi

Setelah berhasil menyelesaikan semua proses analisa data, seorang data analys disarankan untuk memiliki kemampuan komunikasi secara lancar. Mengapa bisa begitu? Melalui kemampuan komunikasi lancar, data analyst dapat menjelaskan semua hal teknis secara lugas dan cepat tanpa mengurangi beberapa informasi utama yang ingin disampaikan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari Investasiin.com terkait gaji data analyst pemula. Adanya informasi di atas, semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin bekerja sebagai data analyst. Terima kasih telah membaca artikel ini, nantikan informasi terbaru lainnya.

Bagikan: