Gaji Content Creator TikTok 1K, 10K & 1 Juta Follower

Giring Baskoro

Gaji Content Creator TikTok

Gaji Content Creator TikTok – Adanya perubahan zaman seperti sekarang ini, membuat munculnya berbagai macam jenis pekerjaan baru di dunia teknologi dan media sosial. Hal tersebut tentu membuka lapangan pekerjaan baru khususnya di Indonesia sehingga dapat mengurangi jumlah angka pengangguran. Salah satu pekerjaan berasal dari media sosial yaitu content creator.

Conten creator pada dasarnya terbagi pada beberapa media sosial seperti YouTube, Instagram dan TikTok. Menjadi pekerja di media sosial seperti itu merupakan impian bagi orang yang menyukai pekerjaan dengan ide berbasis langsung dari teknologi. Hingga saat ini telah muncul content creator dan host live baru khususnya di aplikasi seperti TikTok karena memperoleh gaji cukup menggiurkan.

Mungkin kalian sudah mengetahui bahwa adanya profesi pekerjaan content creator di TikTok dapat mengubah hidup sebagian besar dari orang di Indonesia. Tak sedikit orang yang sukses hingga bisa membeli kendaraan mewah dan membangun rumah hasil dari gaji di TikTok. Namun, apakah kalian tahu berapa gaji seorang content creator TikTok? Umumnya pekerjaan ini akan mendapatkan gaji berdasarkan dari follower dan jumlah penayangan.

Besaran nominal gaji content creator TikTok memang cukup bervariasi sehingga penghasilannya tak menentu. Terkadang bayarannya bisa saja menurun atau mengalami kenaikan, semua itu tergantung dari content yang dibuatnya. Berikut ini penjelasan dari gaji seorang content creator TikTok.

Gaji Content Creator TikTok

TikTok merupakan platform media sosial yang membagikan video pendek biasanya berisikan informasi, dance atau promosi produk untuk jualan. Adanya aplikasi tersebut memberikan dampak positif terhadap perekonomian di Indonesia karena telah membuat lapangan kerja baru. Hingga saat ini, pengguna aplikasi TikTok telah mencapai puluhan hingga ratusan juta pengunduh baik di Android atau iOS.

Pengguna TikTok hampir tidak mengenal batasan usia, mulai dari anak kecil, dewasa, sampai orang lanjut usia. Oleh sebab itu, saat seseorang membuat video berdurasi pendek akan lebih cepat mendapatkan penonton dengan jumlah banyak. Seorang pembuat video di media sosial seperti di TikTok ini sering disebut sebagai content creator.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa seorang content creator sebenarnya tidak hanya berada di platform TikTok saja tetapi juga terdapat di media sosial lainnya juga. Namun, sama seperti media sosial lainnya conten creator di TikTok juga memperoleh gaji apabila sudah mencapai target yang telah ditentukan oleh pihak aplikasi. Umumnya, pekerjaan ini mendapatkan gaji berdasarkan dari performa jumlah penonton videonya.

Selain faktor penonton, gaji content creator juga ditentukan pada jumlah pengikut atau follower. Sebagai contoh, profesi tersebut di TikTok dengan jumlah follower mencapai 1K biasanya akan memperoleh gaji lebih sedikit. Beda halnya bila jumlah pengikutnya sudah mencapai jutaan maka nominal bayarannya sangat menggiurkan. Berikut ini adalah gaji content creator TikTok berdasarkan follower.

1K Follower

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa gaji content creator TikTok dengan jumlah follower 1K ini akan mendapatkan besaran nominal lebih kecil. Namun, jumlah bayarannya bisa saja meningkat bila membuat video yang kemudian ditonton oleh banyak orang. Untuk meningkatkannya maka dibutuhkan video terbaik agar dapat menarik penonton lebih banyak.

Kualitas video yang dibuat ini tentu akan mempengaruhi jumlah penonton lebih banyak lagi. Namun, pada umumnya gaji conten creator di platform tersebut dengan 1K follower berkisar Rp 100.000 – Rp 300.000 per postingan. Itu baru dari pengikut sebesar 1K, bagaimana dengan 10K atau 1 juta follower? Pastinya akan jauh lebih besar.

10K Follower

Menjadi content creator memiliki jumlah follower mencapai ribuan hingga jutaan merupakan keinginan dari banyak orang. Karena hal itu akan mempengaruhi nominal gaji dari jenis pekerjaan tersebut. Namun, agar bisa mendapatkan follower lebih banyak dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk membangun popularitas pada media sosial TikTok.

Memangnya berapa ya gaji content creater dengan 10K follower? Kisarannya ini mulai dari USD 50 – USD 150 atau bila dirupiahkan totalnya Rp 300.000 hingga Rp 550.000 per postingan. Namun, nominalnya bisa saja berubah mengalami kenaikan jika salah satu video yang dibuat kalian memiliki penonton yang melebihi ketentuan dari TikTok. Karena hal tersebut pastinya membuat orang semakin tertarik menjadi seorang content creator di TikTok.

1 Juta Follower

Memang membutuhkan waktu tak sedikit bagi seorang content creator untuk mencapai follower 1 juta. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan supaya dapat mewujudkan hal tersebut. Salah satu cara mewujudkannya yaitu dengan membuat konten-konten menarik berisikan video yang dibalut dengan ide kreatif.

Memang benar bila membuat konten di TikTok dengan cara ide kreatif memang tak membuatnya cepat memiliki follower 1 juta. Namun, hal ini dirasa lebih efektif dan akan mendapatkan kebanggaan tersendiri bila idenya di puji atau dihargai oleh orang lain. Selain itu, gaji content creator di TikTok dengan jumlah follower 1 juta tergolong cukup besar.

Memang nominal besarannya berapa ya? Apabila dibandingkan dengan gaji pegawai Bank Mandiri, maka content creator TikTok memiliki pendapatan jauh lebih banyak. Oleh sebab itu, banyak orang tertarik menjadi content creator di aplikasi tersebut karena jumlah bayarannya sangat menggiurkan.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, bahwa adanya media sosial seperti TikTok dapat mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia karena banyak orang berhasil memperoleh kesuksesan melalui aplikasi ini. Demikian pembahasan dari investasiin.com terkait gaji content creator TikTok berdasarkan jumlah follower. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin menjadi content creator.

Bagikan: