Contoh Laporan Keuangan Masjid Bulanan PDF & Fungsinya

Basyar

contoh laporan keuangan masjid

Contoh Laporan Keuangan Masjid – Seperti yang telah kita ketahui Masjid merupakan tempat beribadah untuk umat muslim. Didalam suatu masjid tentu akan ada sebuah organisasi kepengurusan masjid yang berfungsi sebagai panitia pelaksana kegiatan di masjid seperti halnya pengajian, shalat jum’at serta berbagi macam kegiatan yang berkaitan dengan masjid tersebut.

Maka dari itulah setiap masjid pasti memiliki laporan keuangan yang digunakan untuk menghitung pengeluaran serta pemasukan dari masjid tersebut. Namun contoh laporan keuangan masjid yang sering kami jumpai ialah contoh laporan terkait dengan sumber dana pemasukan masjid entah itu dari infaq di hari jum’at atau pun sumbangan dari beberapa donatur.

Berbeda dengan contoh proposal usaha makan, contoh laporan keuangan masjid biasanya berisikan tentang rincian anggaran pengeluaran masjid baik itu untuk perbaikan masjid, sumbangan untuk anak-anak yatim dan beberapa hal lain yang menyangkut keperluan masjid itu sendiri. Maka dari itu penting sekali bagi pengurus masjid untuk membuat laporan keuangan masjid agar setiap pengeluaran dan juga pemasukan bisa terhitung dengan baik dan benar.

Nah, bagi kalian yang ingin mencari tahu informasi terkait dengan laporan keuangan masjid baik itu format, rincian serta hal-hal lain yang menyangkut dengan laporan keuangan, berikut adalah contoh laporan keuangan masjid yang bisa kalian pahami dan pelajari. Namun sebelum itu, mari kita simak fungsi dari laporan keuangan masjid terlebih dahulu.

Apakah Masjid Perlu Membuat Laporan Keuangan?

Perlu kalian ketahui setiap organisasi kepengurusan tentu saja harus memiliki laporan keuangan, tidak terkecuali untuk organisasi kepengurusan masjid. Dimana masjid juga harus memiliki serta membuat laporan keuangan baru setiap bulannya guna merinci berapa pemasukan dan juga pengeluaran dari masjid tersebut.

Dimana laporan keuangan yang dibuat harus akurat dan dapat memberikan informasi kepada para pengguna laporan keuangan terutama kepada donatur masjid. Hal ini dikarenakan masjid juga memiliki beberapa kegiatan yang berfokus bukan hanya pada kepentingan masjid saja, akan tetapi juga memiliki kegiatan sosial kepada masyarakat.

Sehingga dana pengeluaran masjid ini akan lebih terinci dan lebih mudah dipahami. Jadi masjid memang perlu membuat laporan keuangan untuk data-data laporan setiap bulan kepada para anggota terkait dengan pengeluaran serta pemasukan dari masjid itu sendiri. Hal ini bertujuan agar setiap anggota masjid tersebut mengetahui berapa jumlah khas yang ada serta apa saja pengeluaran setiap bulannya.

Fungsi Laporan Keuangan Masjid

Seperti yang telah diketahui jika laporan keuangan merupakan laporan yang menyajikan informasi keuangan suatu jenis organisasi selama periode tertentu. Dan laporan keuangan umumnya disusun oleh organisasi tersebut untuk memberikan gambaran terkait dengan kinerja keuangan mereka kepada pemangku kepentingan seperti donatur atau pun investor.

Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja fungsi dari laporan keuangan masjid kalian bisa simak informasinya berikut ini:

1. Menyajikan Informasi Keuangan

Fungsi pertama laporan keuangan masjid adalah sebagai penyaji informasi keuangan secara sistematis dan terstruktur terkait dengan kinerja dari keuangan masjid itu sendiri. Sementara itu dengan adanya contoh laporan keuangan masjid juga akan memberikan gambaran mengenai pendapatan, biaya, aset, ekuitas serta arus kas yang terjadi selama periode tertentu.

2. Pengambilan Keputusan

Sementara itu, dengan adanya contoh laporan keuangan masjid juga akan membantu para donatur untuk mengambil keputusan terkait dengan organisasi tersebut. Selanjutnya para donatur juga bisa menggunakan laporan keuangan tersebut untuk mengevaluasi kelayakan dalam investasi.

3. Transparasi dan Akuntabilitas

Tidak hanya untuk mengevaluasi investasi saja, contoh laporan keuangan masjid juga berguna untuk mencerminkan transparasi dan akuntabilitas organisasi masjid terhadap pada donatur masjid. Dengan menggunakan laporan keuangan organisasi harus mengungkapkan informasi keuangan yang relevan dan bida dipercaya untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kinerja dan juga kondisi keuangan dalam organisasi masjid tersebut.

4. Evaluasi Kerja

Berikutnya contoh laporan keuangan masjid berfungsi sebagai sarana untuk mengevaluasi kinerja keuangan dalam masjid tersebut. Dengan membandingkan laporan keuangan dari periode sebelumnya tentu saja kita akan lebih mudah dalam melihat perubahan yang terjadi dalam kinerja keuangan tersebut.

5. Perencanaan Keuangan

Selanjutnya contoh laporan keuangan juga bisa digunakan untuk perencanaan keuangan pada masjid tersebut. Dengan melihat proyeksi pendapat, tentu saja masjid dapat merencanakan kegiatan yang lebih efisien.

6. Evaluasi Efisien Operasional

Selanjutnya contoh laporan keuangan juga dapat membantu kalian dalam mengevaluasi efisiensi operasional dan mengidentifikasi area yang memerlukan bantuan. Dengan menganalisis rasio keuangan tentu saja kegiatan masjid akan efektif.

7. Pematuhan Aturan Akuntansi

Dengan menggunakan contoh laporan keuangan tentu akan membantu sebuah organisasi dalam mematuhi standar akuntansi yang ditetapkan serta menjaga kredibilitas dalam pelaporan keuangan.

Contoh Laporan Keuangan Masjid

Setelah mengetahui apa fungsi dari laporan keuangan kini saatnya mencari tahu contoh dari laporan keuangan tersebut. Sehingga kita bisa mengetahui format sera rincian dalam membuat laporan keuangan masjid tersebut. Dan bagi kalian yang berencana ingin membuat laporan keuangan kalian bisa download contoh laporan keuangan masjid yang ada dibawah ini.

Kesimpulan

Dari informasi diatas dapat invertasiin simpulkan jika contoh laporan masjid berisikan data-data terkait keuangan masjid tersebut, mulai dari informasi kas, pengeluaran serta sumber dana masuk ke masjid tersebut. Dengan adanya laporan keuangan tentu saja kita dapat melihat rincian-rincian aset yang ada di masjid tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang telah kami bagikan diatas bisa menjadi gambaran serta referensi kalian dalam membuat laporan keuangan masjid secara baik dan benar.

Bagikan:

Basyar

Mengerti soal dunia investasi menjadikan seseorang punya pandangan di masa depan dan masa tuanya.