6 Contoh Koperasi Serba Usaha 2024: Pengertian, Ciri & Kelebihan

Anang Karsono

Contoh Koperasi Serba Usaha

Contoh Koperasi Serba Usaha – Sebagaimana diketahui, koperasi merupakan salah satu jenis badan usaha yang bertujuan untuk menyejahterakan para anggotanya. Di Indonesia sendiri, saat ini koperasi bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya yaitu koperasi serba usaha.

Secara garis besarnya, koperasi serba usaha (KSU) merupakan jenis koperasi yang melakukan lebih daru satu unit kegiatannya. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang awam di luar sana mengeluhkan bahwa mereka masih merasa bingung apa saja contoh koperasi serba usaha.

Berbicara mengenai koperasi serba usaha, sebenarnya lembaga tersebut sangat penting, sebab bisa membantu masyarakat pedesaan dalam menggerakkan roda perekonomian. Dimana salah satu contoh koperasi serba usaha tersebut yaitu seperti usaha simpan pinjam serta unit usaha waserda.

Nah, apabila diantara kalian berencana ingin bergabung ke dalam koperasi serba usaha, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa contohnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai contoh koperasi serba usaha beserta ciri-cirinya.

Apa Itu Koperasi Serba Usaha?

Apa Itu Koperasi Serba Usaha

Sebelum pembahasan poin utama mengenai contoh koperasi serba usaha lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, koperasi di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya yaitu koperasi serba usaha.

Secara sederhananya, koperasi serba usaha merupakan koperasi yang bidang usahanya dapat dilakukan secara gabungan. Sebagai contoh seperti menggabungkan koperasi produksi dengan koperasi konsumsi ataupun menggabungkan koperasi produksi dengan koperasi simpan pinjam.

Dengan mempunyai berbagai macam jenis usaha di dalamnya, tak heran apabila koperasi jenis tersebut bisa lebih maksimal dalam meningkatkan kesejahteraan para anggotanya. Pasalnya, jumlah pendapatan usaha yang bisa diperoleh dari penggabungan jenis usaha tersebut dapat lebih besar.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa pengelolaan koperasi serba usaha akan lebih sulit dibandingkan dengan jenis koperasi lainnya. Maka dari itu, nantinya akan dibutuhkan adanya sistem maupun manajemen yang teratur serta terampil dalam mengelola koperasi serba usaha.

Fungsi Koperasi Serba Usaha

Ketika hendak mencari tahu apa saja contoh koperasi serba usaha, maka tentunya kalian juga harus memahami beberapa fungsinya. Perlu diketahui, hadirnya koperasi di lingkungan masyarakat pastinya memberikan manfaat sangat banyak, terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, koperasi serba usaha juga nantinya mempunyai peran sangat penting dalam memberikan kesejahteraan pada setiap anggotanya maupun masyarakat umum. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah fungsi koperasi serba usaha.

  • Membantu meningkatkan kualitas dan taraf hidup anggota hingga masyarakat sekitar.
  • Membangun dan meningkatkan potensi hingga kemampuan ekonomi anggota maupun masyarakat sekitar.
  • Berperan sebagai soko guru atau tiang penyangga utama ekonomi di Indonesia.
  • Mengusahakan perannya untuk meningkatkan ekonomi di Indonesia berlandaskan asas kekeluargaan serta asas demokrasi.

Ciri Khas Koperasi Serba Usaha

Ciri Khas Koperasi Serba Usaha

Selain harus memahami apa saja contoh koperasi serba usaha, sebenarnya kalian juga harus mencari tahu beberapa ciri-ciri lembaga tersebut. Perlu diketahui, sebenarnya koperasi serba usaha mempunyai ciri khas tersendiri yang nantinya bisa dijadikan sebagai pembeda dari koperasi jenis lainnya.

Pertama, anggota koperasi serba usaha bisa terlibat di dalam berbagai macam lini bisnis yang berbeda sesuai kebutuhan serta minat masing-masing. Seperti misalnya sebuah koperasi serba usaha mampu mengelola beberapa unit usaha di bidang pertanian, perdagangan, jasa, industri maupun sektor lainnya.

Ciri khas selanjutnya yaitu koperasi tersebut menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dalam pengambilan keputusan. Artinya, nantinya setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam menentukan kebijakan serta arah usaha koperasi. Tentunya hal ini sangat berhubungan dengan keputusan secara musyawarah.

Kelebihan dan Kekurangan Koperasi Serba Usaha

Seperti sudah disinggung sebelumnya, koperasi serba usaha mempunyai beberapa keunggulan, sebagai contoh yaitu mengutamakan kepentingan para anggotanya. Meskipun demikian, koperasi serba usah juga sebenarnya mempunyai beberapa kelemahan ataupun kekurangan yang perlu diperhatikan.

Oleh sebab itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum terjun di usaha atau bisnis tersebut, di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh kelebihan serta kekurangan koperasi serba usaha.

1. Kelebihan

  • Terbuka bagi siapa saja.
  • Tidak ada diskriminasi di dalam koperasi serba usaha.
  • Simpan pinjam tidak memberatkan anggotanya.
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota.
  • Mengutamakan kepentingan para anggotanya.
  • Setiap anggota mempunyai hak suara yang sama.

2. Kekurangan

  • Rendahnya kesadaran terhadap berkoperasi pada anggota.
  • Mempunyai daya saing cukup lemah.
  • Terbatasnya modal serta sulit untuk mendapatkan modal.
  • Adanya konflik kepentingan.

Contoh Koperasi Serba Usaha

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sekilas pengertian, fungsi, ciri khas hingga kelebihan dan kekurangan koperasi serba usaha. Nah, selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai beberapa contoh koperasi jenis tersebut.

Secara garis besarnya, saat ini terdapat berbagai macam contoh koperasi serba usaha yang bisa kalian temukan di lingkungan sekitar. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah contoh koperasi serba usaha.

1. Koperasi Sekolah

Contoh koperasi serba usaha pertama yaitu koperasi yang didirikan oleh unit sekolah. Nantinya, para pelajar di sekolah bisa mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi, salah satu contohnya yaitu mengikuti kegiatan menabung. Akan tetapi, perlu diingat bahwa menabung di koperasi sekolah mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.

2. Koperasi Karyawan

Sesuai prinsipnya, biasanya koperasi serba usaha ini berada di dalam lingkungan perusahaan dengan karyawan sebagai anggotanya. Nantinya koperasi serba usaha ini menyediakan kebutuhan untuk para karyawan dalam bentuk barang sehari-hari maupun menawarkan layanan simpan pinjam.

3. Koperasi Unit Pertokoan

Contoh koperasi serba usaha lainnya yang terdapat di lingkungan sekitar yaitu ada pada unit pertokoan. Salah satu contoh koperasi unit pertokoan yaitu seperti toko kelontong yang menjual barang-barang konsumsi ataupun kebutuhan sehari-hari masyarakat umum.

4. Koperasi Simpan Pinjam

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah sering mendengar nama koperasi simpan pinjam. Sesuai namanya, sebenarnya contoh KSU yang satu ini merupakan sebuah lembaga keuangan bukan bank. Adapun jenis kegiatannya yaitu seperti penerimaan simpanan serta menawarkan pinjaman kepada para anggota.

5. Koperasi PNS

Kemudian ada juga koperasi PNS sebagai salah satu contoh koperasi serba usaha. Nantinya koperasi tersebut berfokus melayani para PNS dalam satu kantor, seperti di kantor Kabupaten, Dinas Agraria, Dinas Pembangunan Daerah dan lain sebagainya. Tentunya koperasi ini nantinya akan menyediakan berbagai macam kebutuhan pegawai.

6. Koperasi Bhayangkari

Contoh koperasi serba usaha terakhir yaitu berfokus untuk menyediakan berbagai macam kebutuhan ibu-ibu Bhayangkari sebagai istri polisi. Koperasi ini dibentuk menjadi lebih spesifik dalam menyediakan layanan kepada anggotanya, seperti pengadaan seragam, kebutuhan konsumsi, pinjaman kredit dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari https://www.investasiin.com/ seputar beberapa contoh koperasi serba usaha dilengkapi dengan pengertian, fungsi, ciri khas hingga kelebihan beserta kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin bergabung ke dalam salah satu jenis koperasi serba usaha.

Sumber gambar:

  • tirto.id
  • diadona.id

Bagikan:

Ads - After Post Image