17 Cara Gadai Emas Di BSI Terbaru 2024: Via Langsung & Aplikasi

Adit Belawan

Cara Gadai Emas Di BSI

Cara Gadai Emas Di BSI – Berbicara tentang emas, keistimewaan emas sudah ada sejak zaman kerajaan. Di mana, barang berkilau itu dijadikan sebagai simbol kekayaan seseorang. Hal tersebut didasari karena emas menjadi benda indah dipandang dan memiliki ketahanan tinggi.

Dari asal-usul itulah, membuat keberadaan emas masih dicari banyak orang dan memiliki harga yang tinggi. Dikarenakan jadi barang istimewa, emas dipakai sebagai barang jaminan untuk mendapatkan uang. Salah datunya dengan Cara Gadai Emas Di BSI.

Adapun Cara Gadai Emas Di BSI merupakan bentuk dari aktivitas jual beli modern saat ini. Pasalnya BSI atau Bank Syariah Indonesia merupakan lembaga perbankan yang menerima segala pelayanan, mulai dari pinjaman, simpanan, dan jual beli. Untuk sistemnya yakni memakai prinsip Islam.

Apabila di waktu dekat ini kamu berniat menggadai emas, Investasiin.com akan tujukan bagaimana Cara Gadai Emas Di BSI dengan mudah dan cepat. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti ulasan berikut ini sampai selesai.

Keuntungan Gadai Emas Di BSI

Keuntungan Gadai Emas Di BSI

Gadai menjadi suatu kegiatan transaksi keuangan, di mana seseorang memberikan barang berharga kepada pihak lain sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman uang. Kegiatan inipun melibatkan pemilik barang dan lembaga gadai atau pemberi pinjaman.

Karena banyaknya kebutuhan tiap orang saat ini, membuat lembaga gadai banyak berdiri di Indonesia. Salah satunya yakni Bank Syariah Indonesia. Lembaga tersebut merupakan perbankan milik negara atau BUMN.

Awalnya, BSI hanya menyediakan layanan simpanan, pinjaman, dan pembayaran. Akan tetapi, guna memenuhi kebutuhan orang, lembaga perbankan tersebut menyediakan layanan gadai emas.

Semenjak dibukanya layanan tersebut, banyak nasabah memanfaatkannya untuk kebutuhan jangka pendek seperti bayar sekolah, pengobatan, tambahan renovasi rumah, modal kerja, dan kebutuhan lain-lain.

Nah, saat kamu menggadai emas di BSI, ada beberapa manfaat atau keuntungannya. Seperti penjelasan berikut ini.

  • Akses lebih mudah karena bisa pakai BSI Mobile.
  • Praktis dilakukan kapan dan dimanapun.
  • Proses pengajuan dan pencairan bisa kapanpun dan cepat.
  • Perjanjian bunga dilakukan dengan Akad Qardh.

Nah, itulah beberapa manfaat dan keuntungan jika memilih untuk gadai di Bank Syariah Indonesia. Tentunya pihak bank tidak membebani nasabah, tidak seperti lembaga gadai lainnya.

Jangka Waktu Gadai Emas Di BSI

Jika kamu memiliki pertanyaan masalah jangka waktu gadai emas di BSI, maka bisa dipilih kapanpun. Hal itu sudah dijelaskan di atas tadi. Bahwasanya semua proses pengajuan dan pencairan tergantung dengan perjanjian secara syariah yakni Akad Qardh. Nasabah bisa memilih 1, 2, 3 bulan, bahkan bisa sampai tahunan.

Bunga Gadai Emas Di BSI

Secara umum, proses gadaian atau perpindahan barang terdapat bunga atau biaya jasa. Akan tetapi, gadai emas di BSI hal itu tidak berlaku. Sebab, Bank Syariah Indonesia menerapkan prinsip syariah agama Islam. Di mana dijelaskan tidak boleh ada hasil riba dalam proses pinjaman.

Nah, saat kamu menggadai emas di BSI, maka pihak bank tidak akan meminta bunga atau biaya jasa, melainkan mengajak perjanjian dengan sistem Akad Qardh. Sistem tersebut merupakan akad pinjaman yang sudah dimusyarahkan. Berapapun hasil musyarahnya, itu menjadi kewajiban dari nasabah.

Cara Gadai Emas Di BSI dengan Mudah

Setelah mengetahui beberapa informasi penting di atas, selanjutnya kita kembali ke pembahasan utama yakni bagaimanakah cara untuk gadai emas di Bank Syariah Indonesia saat ini. Berdasarkan informasi, proses gadai bisa dilakukan dengan 2 cara yakni langsung datangi kantor BSI terdekat atau melalui BSI Mobile.

Kedua cara tersebut sama-sama mudah dilakukan. Apabila di waktu dekat ini kamu berniat gadai emasi di BSI, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Gadai Emas dengan Datang Langsung Ke Kantor

  1. Pastikan sebelum ke kantor, semua persyaratan sebagai pendukung pengajuan.
  2. Setelah sampai di kantor, ambilah nomor antrian Custumer Service atau Konter layanan gadai emas.
  3. Jika dipanggil, sampaikan maksud tujuan datang ke kantor BSI.
  4. Selanjutnya, kamu diminta petugas mengisi formulir pengajuan.
  5. Lalu, berikan emas yang akan digadai kepada petugas.
  6. Tunggu sampai petugas mengecek harga emas.
  7. Selesainya mengecek, maka akan diadakan musyarah atau perjanjian terkait nominal pinjaman dan Akad Qardh.
  8. Setelah dirasa disetujui, maka proses pencairan bisa dilakukan.

Cara Gadai Emas Melalui BSI Mobile

  1. Silakan download lebih dulu aplikasi BSI Mobil di smartphone kamu.
  2. Setelah berhasil, bukalah aplikasi dengan memasukkan username dan password.
  3. Kemudian, di halaman utama, pilih layanan Gadai Emas.
  4. Di menu layanan tersebut, kamu akan diminta membaca dan menyanggungi beberapa informasi persetujuan dan pengajuan.
  5. Apabila dirasa yakin, maka bisa langsung diklik Selanjutnya.
  6. Sistem BSI Mobile akan menuntunmu untuk mendata emas. Masukkan jenis emas, jumlah karat, dan berat emas.
  7. Setelah sistem memproses dan menghitung kisaran pinjamannya, akan tampil jumlah uang yang bisa diambil.
  8. Apabila kamu sudah yakin, maka bisa klik Selanjutnya.
  9. Kemudian, ada dua pilihan untuk mengantarkan emas yang ada dijadikan sebagai barang jaminan. Kamu bisa memilih datang langsung ke kantor atau melalu jasa pengiriman.

Syarat Pengajuan Gadai Emas Di BSI

Nah, itulah dua cara untuk mengajukan pinjaman uang dengan sistem gadai emas. Apabila kamu berniat menggadaikan emas di BSI, penulis akan berikan beberapa syarat pengajuannya. Berikut adalah syarat pengajuan gadai emas di Bank Syariah Indonesia.

  • Nasabah tidak memiliki pinjaman belum lunas di BSI.
  • Nasabah sudah terdaftar sebagai pemilik fasilitas Gadai Emas Aktif.
  • Tidak memiliki tunggakan pinjaman di BSI.
  • Melampirkan salinan KTP.
  • Melampirkan salinan Kartu Keluarga.

Akhir Kata

Dari semua pembahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa untuk melakukan gadai emas di Bank Syariah Indonesia sangatlah mudah. Ada dua cara yang bisa dilakukan yakni langsung ke kantor dan lewat aplikasi BSI Mobile. Bagi penulis cara mudahnya langsung datang ke kantor.

Kiranya itu ulasan kali ini dari Investasiin.com mengenai Cara Gadai Emas Di BSI. Semoga dengan adanya tutorial seperti di atas bisa membantu teman-teman saat membutuhkan dana.

Sumber Gambar: Admin Investasiin.com

Bagikan:

Ads - After Post Image

Tags